Home / News

Senin, 14 November 2022 - 08:39 WIB

Tol Semarang – Demak Seksi II Diuji Coba, Warga: Lebih Cepat, Pemandangan Bagus

Foto: Diskominfo Jateng

Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Semarang – Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung – Kadilangu) diuji coba sebagai jalur alternatif, untuk mengurai kemacetan di jalur konvensional pantura.

Masyarakat pengguna jalan menyambut gembira. Selain memangkas waktu tempuh, pemandangan dari atas elevated freeway pun memikat mata.

Seperti diketahui, Tol Semarang – Demak seksi II (Sayung – Kadilangu, Demak) mulai dibuka pada Sabtu (12/11/2022).

Foto: Diskominfo Jateng

Pembukaan jalur tersebut dilaksanakan secara terjadwal. Pada pagi pukul 06.00-10.00 WIB, jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang, melalui exit Tol Kadilangu.

Sementara di sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB, jalur dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung.

Adapun, kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan roda empat, microbus, ambulans, dan emergency (kondisi gawat darurat).

Berdasarkan pantauan di lapangan, Minggu (13/11/2022), lalu lalang kendaraan berjalan lancar dan tak ada penumpukan. Sebagian besar kendaraan yang lewat berasal dari eks keresidenan Semarang dan Pati. Hal itu dilihat dari plat nomor H maupun K, yang banyak melintas.

Baca juga   Sejumlah Bupati/Wali Kota di Jateng Protes Ketersediaan Vaksin
Foto: Diskominfo Jateng

Pengguna ruas jalan itu, Masrukin mengatakan, pembukaan tol sebagai jalur alternatif cukup menghemat waktu. Biasanya, ia melewati jalur pantura dan terjebak macet akibat perbaikan jembatan Wonokerto.

“Kalau biasanya di pantura itu macetnya lebih dari satu jam. Tadi dari Kudus jam 06.00 sampai sini (Exit Tol Sayung) sekitar setengah tujuh. Kalau tidak pakai jalur ini, mungkin sampai sini jam delapan pagi. Pemandangannya lumayan bagus, kita bisa lihat pemandangan sawah di kanan kiri,” paparnya, saat ditemui di exit Tol Kadilangu, Minggu (13/11/2022) dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng.

Baca juga   Antisipasi Varian Mu, Ganjar Beli "Whole Genome Sequencing"

Hal serupa disampaikan Widodo. Supir layanan travel Pati-Semarang itu, mengaku menghemat waktu dengan dibukanya tol sebagai jalur alternatif.

Foto: Diskominfo Jateng

“Kalau mau ke Semarang pusing, macet bikin capek. Kalau tadi lewat sini lancar enak dan aman. Biasanya bisa sampai tiga jam lebih. Kalau ini bisa mengurangi satu jam. Rutenya bagus, kualitas jalan aman, terus pemandangannya unik ya, bisa lihat rawa-rawa,” ucapnya.

Arifin seorang pengusaha tas jinjing pasar pun merasakan faedah dibukanya jalur tersebut. Ia menyebut, kelancaran jalan juga menyokong usahanya.

“Biasanya itu kena macet berjam-jam, kadang cari jalan tikus, lewat sini malah lancar. Saya sebagai orang Demak itu ikut seneng, nyaman dan harapannya bisa dibuka semua, biar pengguna jalan tidak kena macet,” pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Ist/tribratanews

News

Cuaca Tak Mendukung, Pencarian Korban Gempa Cianjur Dihentikan Sementara
Andika Pandu Puragabaya Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra sosialisasikan 4 Pilar. FOTO : nyatanya.com/istimewa .

News

Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Ngaglik, Andika Pandu Ajak Warga Menjaga Persatuan dan Kesatuan
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengizinkan 96 kapal pengangkut batu bara berlayar ke luar negeri, di tengah pelarangan ekspor batu bara yang masih diterapkan di Indonesia. (Foto: ANTARA)

News

Pemerintah Izinkan 96 Kapal Ekspor Batu Bara Berlayar
Pemkot Yogyakarta menggandeng pihak terkait untuk mencegah dan menanggulangi AIDS, Tuberkulosis (TB) dan Malaria. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Jalin Kemitraan, Pemkot Yogya Kejar Target Eliminasi AIDS, TB, dan Malaria
Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan (kanan) bersama Kasat Reskrim AKP Rusmono (kiri) memperlihatkan tumpukan kardus berisi minyak goreng kemasan 2 liter yang diamankan polisi dari sebuah gudang di Kampung Kempeng, Desa Cempaka, Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (26/2/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc/InfoPublik.id)

News

Polda Banten Tangkap Penimbun Minyak Goreng di Lebak, Barang Buktinya Banyak Banget
Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (DPN Korpri) Zudan Arif Fakrullah. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Ketua Umum Korpri Imbau ASN Taati Larangan Cuti
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Menkominfo Ajak Delegasi G20 Nikmati Kekhasan Yogyakarta di The 2nd DEWG Meeting
SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menjadi sekolah ke-10 yang dicanangkan gerakan pantib for school sehingga target tahun 2022 sudah terpenuhi. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Tak Hanya Menyasar Kampung, Pemkot Yogya Juga Kembangkan Pantib for School