Home / News

Jumat, 8 Oktober 2021 - 22:27 WIB

Top Markotop! Akad Nikah di Klaten, Langsung Dapat KK dan KTP Baru

Lewat inovasi layanan administrasi kependudukan Tanduk Katah (penerbitan dokumen kependudukan setelah akad nikah), pasangan pengantin tak perlu mengurus KK dan KTP, karena langsung diproses petugas KUA. (Foto: Diskominfo Klaten)

Lewat inovasi layanan administrasi kependudukan Tanduk Katah (penerbitan dokumen kependudukan setelah akad nikah), pasangan pengantin tak perlu mengurus KK dan KTP, karena langsung diproses petugas KUA. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Klaten semakin mudah dan cepat. Lewat inovasi layanan administrasi kependudukan Tanduk Katah (penerbitan dokumen kependudukan setelah akad nikah), pasangan pengantin tak perlu mengurus KK dan KTP, karena langsung diproses petugas KUA.

“Lewat inovasi ini, layanan administrasi kependudukan menjadi lebih sederhana. Sekaligus memastikan masyarakat tertib administrasi kependudukan, karena saat ini dokumen kependudukan sangat penting,” ungkap Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten Sri Winoto usai peluncuran inovasi Tanduk Katah di Grha Srikandi, Kecamatan Karanganom, Jumat (8/10/2021).

Peluncuran tersebut bersamaan dengan prosesi akad nikah pasangan pengantin asal Gantiwarno. Sebelum akad nikah berlangsung, penghulu dari KUA Karanganom membaca dan memastikan data yang tertera dalam buku nikah telah sesuai dengan kedua mempelai.

Baca juga   Pemkot Yogya Bakal Fungsikan Rusunawa Tower I di Bener

Usai akad nikah, dokumen kependudukan kemudian diserahkan kepada pasangan pengantin. Selain buku dan kartu nikah elektronik, diserahkan pula dokumen kependudukan perubahan berupa KK baru atas nama kedua mempelai, serta KK perubahan orangtua masing-masing mempelai.

“Layanan ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Pemkab Klaten, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan Kementerian Agama Kabupaten Klaten. Dengan adanya inovasi Tanduk Katah, masyarakat makin dimudahkan dan layanan ini dapat diakses secara gratis,” kata Sri Winoto.

Baca juga   Jumlah Suntikan Vaksinasi Covid-19 Indonesia Lewati Milestone WHO

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Klaten Anif Sholikhin mengatakan inovasi itu untuk menyederhanakan layanan pascanikah. Untuk mendapatkan layanan tersebut, calon pengantin harus mengikuti tahapan dan melengkapi administrasi pranikah.

“Termasuk bimbingan pranikah. Dalam prosesnya, bimbingan pranikah sekaligus untuk verifikasi keabsahan data calon pengantin,” jelasnya.

Anif Solikhin menambahkan, khusus untuk e-KTP perubahan milik pengantin, dapat diambil di kantor kecamatan yang melayani cetak e-KTP, yakni Kecamatan Prambanan, Wedi, Karanganom, Pedan, dan Delanggu atau di kantor pelayanan Disdukcapil Klaten.

“Yang bersangkutan tinggal datang untuk mengambil e-KTP baru dengan perubahan data,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Indonesia – PEA Investment Forum yang berlangsung di Dubai, Kamis (4/11/2021). (Foto: BPMI)

News

Presiden Jokowi: Tiga Sektor Prioritas Kerjasama Indonesia-PEA
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Sembuh di Magelang Tambah 189 Orang
Terkait dengan perkembangan erupsi Gunung Semeru, BNPB mengimbau warga untuk tetap waspada dan siaga dengan memperhatikan rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh PVMBG. (Foto: Istimewa)

News

Status Level II Waspada, Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru
Damkarmat Kota Yogyakarta menyediakan hydrant kering untuk mengatasi kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kampung Notoprajan Kemantren Ngampilan Yogyakarta, Kamis (25/8/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Hydrant Kering di Kampung Padat Penduduk Cegah Kebakaran
Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan ini membuat anak-anak sekolah yang ikut dalam aksi penanam pohon mangrove merasa tidak canggung atau segan maupun takut dengan orang nomor satu di negeri ini. (Foto:Mediacenter Riau)

News

Anak-anak Tak Canggung Menanam Mangrove Bersama Presiden
Foto: BPMI Sekpres

News

Sebanyak 60 Ribu PNS Mulai Pindah ke IKN Awal 2024, Ini Rinciannya
Salah satu warga mengambil motornya yang sebelumnya hilang. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh).

News

Operasi Sikat Jaran Candi 2021, Ungkap 6 Kasus dan Amankan 9 Tersangka
anjir yang melanda Kota Semarang dipicu oleh hujan berintensitas tinggi sehingga debit air Sungai Plumbon meluap dan jebolnya tanggul Parapet di wilayah Mangkang Kulon. (Foto: BPBD Provinsi Jawa Tengah)

News

Banjir Kota Semarang Telah Surut, 15 Kecamatan Masuk Wilayah Bahaya