Home / Peristiwa

Jumat, 8 Oktober 2021 - 17:51 WIB

TP PKK Kapanewon Depok Rutin Sosialisasi Pencegahan Stunting

Tim Penggerak PKK Kapanewon Depok menggelar sosialisasi pencegahan stunting. (Foto:MC Kab Sleman)

Tim Penggerak PKK Kapanewon Depok menggelar sosialisasi pencegahan stunting. (Foto:MC Kab Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Guna memberikan pemahaman dan bentuk penyebarluasan informasi terhadap kebijakan pemerintah di bidang penanganan gizi buruk, Tim Penggerak PKK Kapanewon Depok menggelar pertemuan rutin pada Jumat (8/10/2021).

Pertemuan tersebut mengangkat materi sosialisasi pencegahan stunting yang digelar di Gedung Pertemuan PKK Kompleks Kantor Kapanewon Depok, Sleman.

Sosialisasi ini merupakan upaya penyebarluasan informasi dan mendukung program Pencegahan Rawan Stunting Hilangkan Gizi Buruk Tingkatkan Ekonomi Rakyat (Pecah Ranting Hiburane Rakyat).

“Stunting dapat memberikan dampak bagi kesehatan bayi dan anak, baik jangka pendek, menengah, dan panjang. Dampak jangka pendek, apabila tidak dicegah dan ditangani, bisa memberikan dampak bagi perkembangan akal, tumbuh kembang anak, maupun perkembangan motorik pada bayi,” kata Adi Nugrahwati selaku pemateri dari Puskesmas Depok III.

Lebih lanjut, Adi Nugrahwati menjelaskan bahwa dampak jangka panjang stunting adalah tingkat kecerdasan rendah, prestasi belajar buruk, prestasi kerja juga buruk.

Baca juga   Ngayogjazz 2022 Sukses Obati Rindu Pecinta Musik Jazz, Cibuk Kidul Tambah Maju

“Tentunya nanti bisa kalah saing di dalam mencari kerja, malas gerak karena kurang produktif,” terangnya.

Gejala stunting sendiri bisa diketahui dari tanda lingkar lengan kurang dari 25 cm. Sementara beberapa penyebab stunting antara lain karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya ASI, asupan gizi selama kehamilan kurang, kondisi kemiskinan, dan faktor lingkungan.

“Selama masa kehamilan, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang bergizi, beragam, dan seimbang, hindari makanan yang mengganggu penyerapan zat besi, dan periksa secara rutin,” tandas Adi Nugrahwati.

Upaya yang dilakukan bagi remaja perempuan untuk mencegah kemungkinan tersebut bisa dengan mengkonsumsi tablet tambah darah satu minggu sekali.

“Kita punya program pendukung Getar Thala, yaitu Gerakan Tanggulangi Anemia Remaja dan Thalasemia,” imbuhnya.

Baca juga   CK Pro Ingin Kembali Bangkitkan Kedigdayaan Musik Campursari

Memanfaatkan potensi bahan pangan lokal, menghindari konsumsi teh, kopi, coklat, merupakan upaya untuk mendukung Getar Thala yang muaranya mendukung pencegahan stunting.

Melalui pemanfaatan bahan pangan lokal, tentunya ini berdampak pada peningkatan ekonomi para petani. Sehingga, perekonomian berputar dan meningkatkan pendapatan petani.

Upaya pencegahan dan penanggulangan stunting melalui Program Pecah Ranting Hiburane Rakyat ini harus melibatkan banyak pihak.

Selain dari pemerintah seperti Dinas Kesehatan, Dinas P3AP2KB, Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, dan Dinas Sosial, perlu juga untuk melibatkan elemen kelompok masyarakat seperti petani, pedagang, TP PKK, kader, relawan, dan masyarakat luas.

Kolaborasi yang baik tersebut diharapkan stunting dapat tertanggulangi. Untuk itu dalam acara tersebut, TP PKK Kapanewon Depok menggandeng mitra seperti UPT Pelayanan Pendidikan, KUA, TP PKK Kalurahan, maupun Puskesmas. (*)

Share :

Baca Juga

Disparta bekerja sama dengan FASI Pengcab Kabupaten Semarang menggelar festival paralayang bertema kostum lokal di lokawisata Gunung Gajah, Desa Nogosaren, Getasan, Minggu (20/3/2022) pagi. (Foto:MC Kab.Semarang)

Peristiwa

Festival Paralayang Bertema Kostum Lokal di Gunung Gajah, Meriahkan HUT ke-501 Kabupaten Semarang
Tempat isolasi terpusat ini terwujud berkat gotong-royong para Kades di Kecamatan Karangdowo, Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kades di Karangdowo Patungan Bikin Tempat Isolasi Terpusat

Peristiwa

SK Kepengurusan Pemuda Pancasila PAC Gondomanan Diserahkan
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada Rabu (27/10/2021) ikut memanen anggur hasil budidaya Karang Taruna Gowongan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Manfaatkan Lahan Kosong, Karang Taruna Gowongan Budidaya Tanaman Anggur
Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito sat mengunjungi shelter isolasi di Sleman. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Isoman di Shelter
Bupati Zaenal Arifin mengukuhkan Paskibraka Kabupaten Magelang secara virtual, dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Sabtu (14/8/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Paskibraka Kabupaten Magelang Dikukuhkan Bupati
Heroe Poerwadi memimpin jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gelar Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo
Festival Siji-siji Dadi Nyawiji. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Unjuk Potensi Kemantren Mergangsan Lewat Festival Siji-Siji Dadi Nyawiji