Home / Wisata

Minggu, 24 April 2022 - 20:34 WIB

Tradisi Berbuka dengan Kopi Arab di Masjid Assegaf Pasar Kliwon Solo

NYATANYA.COM, Surakarta – Masjid Jami Assegaf (MJA) di Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, memiliki tradisi unik selama Ramadan.

Pengelola masjid ini menghidangkan kopi rempah kepada para jamaah setiap hari untuk berbuka puasa. Kopi rempah tak lepas dari lidah jamaah yang suka makanan kaya rempah-rempah.

Hingga kini Masjid Jami Assegaf masih mempertahankan tradisi menjamu pengunjung berbuka puasa dengan kopi arab selama bulan Ramadan. Tradisi membagikan kopi arab kepada jemaah ini sudah ada sejak tahun 1990-an.

Baca juga   Tarik Kunjungan Wisatawan, Kota Yogya Siap Kembangkan Event Berbasis Budaya

Pelaksana Harian Bidang Dakwah dan Pendidikan Yayasan Masjid Jami Assegaf, Solo, Ridho Wicaksono, menjelaskan awal mula munculnya tradisi unik membagikan kopi rempah kepada jamaah pada 1990-an.

“Awalnya kebiasaan menjamu kopi rempah ini dilakukan selepas salat Subuh, namun berubah menjadi takjil saat berbuka puasa,” ternag Ridho.

Kala itu, Warung Barokah rutin mengirim kopi untuk dihidangkan kepada jemaah setiap subuh. Karena jemaahnya terus bertambah, maka pengurus Masjid Assegaf pun ikut membuat kopi untuk mengatasi kekurangannya.

Kopi Arab yang disajikan merupakan kopi yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, serai, daun jeruk, kapulaga, pandan, kayu manis, pala, dan ditambah gula pasir dan gula jawa.

Baca juga   Tenaga Pendidik FSRD ISI Surakarta Ikuti Workshop Penilaian Kinerja Format Baru

“Penambahan rempah-rempah pada kopi karena dipengaruhi oleh nasi kebuli dan kue kaak yang mengandung banyak rempah sebagai hidangan yang disajikan bersama kopi,” beber Ridho.

Selain kopi, pihak Masjid menyediakan nasi bungkus untuk berbuka puasa setiap hari. Ada juga sarung dan perlengkapan salat yang dibeli dari dana yang berasal dari para donatur.

(N1)

Share :

Baca Juga

(nyatanya.com/Media Center Keraton Yogyakarta)

Wisata

Penutupan Wisata Keraton Yogyakarta Diperpanjang
Ganjar menerbangkan lampion bersama Rehan Si Bocah Gimbal Dieng. Foto: Humas Jateng

Wisata

Di Dieng Culture Festival, Ganjar Terbangkan Lampion Bersama Bocah Rambut Gimbal
Taman Margasatwa Ragunan atau dulunya dikenal dengan nama Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu destinasi wisata favorit pilihan warga Jabodetabek. Foto: InfoPublik.id

Wisata

66 Ribu Orang Padati Kebun Binatang Ragunan pada Libur Nataru
“Menoleh ke Menoreh” menjadi judul yang diangkat dari kegiatan pengembangan kearifan lokal dan potensi daerah untuk mendukung karya ekonomi kreatif di Kulonprogo. (Foto:MC Kab.Kulon Progo)

Wisata

”Menoleh ke Menoreh” Tandai Peringatan Hari Pariwisata Sedunia
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata di Goa Selarong. (Foto: Humas Kab. Bantul)

Wisata

Giliran Pelaku Wisata Goa Selarong Disasar Vaksin Covid-19
Foto: Humas Jateng

Wisata

Ruwatan Bumi di Borobudur, Ganjar: Tunjukkan Komitmen G20 Kembali ke Lingkungan
Gerai baru 'Dagadu Mangkubumi' semakin lengkap karena mengusung konsep terbaru. (Foto: Ist)

Wisata

Gerai Dagadu Mangkubumi Resmi Dibuka, Dilengkapi Kedai Gelato, Coffee Shop dan Roof-top
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meninjau progres proyek revitalisasi koridor Ngarsopuro Solo. Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Ingin Seperti Malioboro, Proyek Revitalisasi Koridor Ngarsopuro Solo Rampung Akhir Tahun Ini