Home / News

Selasa, 19 Oktober 2021 - 21:27 WIB

Tradisi Grebeg Lenteng Digelar Sederhana di Sumberarum Tempuran

Warga Gunung Bakal membawa

Warga Gunung Bakal membawa "Lenteng" setelah dilakukan doa bersama. (Foto: MC Kab Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Kegiatan tradisi Grebeg Lenteng digelar masyarakat Dusun Gunung Bakal Desa Sumberarum Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, Selasa (19/10/2021).

Acara yang tahun ini masuk dalam kegiatan Fasilitasi Upacara Tradisi Disdikbud Kabupaten Magelang tersebut sebelum tahun 2000 hanya dilaksanakan dan diikuti oleh warga sekitar. Namun, setelah itu pengunjung semakin banyak bahkan sebelum Pandemi mencapai 5.000 orang.

“Tempatnya di depan Masjid Gunung Bakal ini. Namun kali ini karena masih dalam situasi pandemi maka acara Grebeg Gunungan Lenteng hanya diikuti oleh warga dusun saja,” kata Kepala Desa Sumberarum, Muhzen Fanani.

Kegiatan Grebeg Gunung Lenteng tersebut diawali dengan berdoa membaca Al Barjanji di Masjid Gunung Bakal kemudian pembagian ambeng (makanan) dan pembagian Lenteng.

Baca juga   Tingkatkan Kualitas Pertanian Eduwisata, Petani Borobudur Okulasi Tanaman Jeruk Non Biji

“Lenteng ini sudah turun temurun ada. Terbuat dari ketan dan dijemur hingga kering kemudian digoreng. Biasanya warga dusun pada membuat Lenteng hanya di bulan Maulud atau Rabiul Awal saja,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan salah satu tugas dari Disdikbud adalah membina dan melestarikan tradisi bernilai edukasi yang sudah ada, salah satunya Grebeg Gunungan Lenteng.

“Edukasi yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah masyarakat selalu bersyukur atas hasil yang didapat. Bukan hanya bersyukur, namun berdoa dan berbagi. Itu nilai edukasinya,” kata Aziz.

Baca juga   Komoditas Kelengkeng Akan Dikembangkan di Kawasan Borobudur

Aziz menyebutkan Disdikbud memiliki banyak kegiatan masyarakat berupa kegiatan tradisi maupun kesenian yang masuk dalam wilayah pembinaannya. Aziz menyampaikan sudah saatnya semua pihak bangga akan kekayaan tradisi di wilayahnya.

“Anak usia sekolah sangat penting diberikan pengetahuan tentang nilai-nilai karakter kebersamaan, gotong-royong dan masih banyak lagi edukasi yang dapat diambil dari kegiatan ini,” lanjutnya.

Kadisdikbud mengharapkan kegiatan tradisi tidak hanya dilestarikan, namun turut juga diajarkan nilai-nilai filosofi hingga generasi mendatang terutama yang masih duduk di bangku sekolah. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Terus Meningkat, Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 348 Orang
Rakor pembahasan penyusunan konsep penanganan terpadu hulu Sungai Progo, yang diselenggarakan Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Sungai Wilayah (SDA BBSW) Serayu Opak. (Foto: MC Temanggung)

News

Dukung Penataan Hulu Sungai Progo, Temanggung Siap Fasilitasi Lahan
Tim BPBD Grobogan bersama unsur Polri melakukan penanganan papan penunjuk jalan yg tumbang usai diterjang hujan disertai angin kencang di Bundaran Simpang Lima, Kota Purwodadi, Grobogan, Jumat (22/10/2021). (Foto: BPBD Grobogan)

News

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Juga Terjang Grobogan
(Foto: Ilustrasi/ Ryiadhy InfoPublik)

News

Vaksin AstraZeneca Bantuan United Kingdom Tiba di Indonesia
Per Minggu (14/11/2021), 84,1 juta atau 40,4 persen populasi masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ke-2/lengkap. (Foto: Kemenkes)

News

Vaksinasi Covid-19 Indonesia Lampaui Target WHO, 40 Persen pada Akhir Tahun
Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Tekan Angka Penularan Covid-19, DIY Tingkatkan Target Tracing
Presiden Joko Widodo (tengah) disaksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan putra Presiden pertama RI Soekarno, Guntur Soekarnoputra meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). (ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/sgd/hp)

News

Presiden Resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam
Kapolres Magelang AKBP M Sajarod Zakun memeriksa kebdaraan saat apel Gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Polres Magelang Gelar Operasi Patuh Candi 2021