Home / Plus

Senin, 14 Februari 2022 - 14:37 WIB

Tradisi Sambatan Bangun Rumah di Desa Nglekir Bogorejo Blora Masih Terpelihara

Sambatan atau gotong royong salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah Kabupaten Blora sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Sambatan atau gotong royong salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah Kabupaten Blora sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

NYATANYA.COM, Blora – Bhabinkamtibmas Desa Nglengkir Polsek Bogorejo Polres Blora Polda Jawa Tengah Aipda Setyo Wahyu Widodo bersama Babinsa Koramil Sertu Imam Maskur dan anggota Satpol PP ikut sambatan (gotong royong) mendirikan rumah warga, Senin (14/2/2022).

Sambatan atau gotong royong salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah Kabupaten Blora sampai saat ini masih terpelihara dengan baik.

Adapun rumah warga yang dibangun adalah milik Mbah Lasmi, seorang nenek tua yang belum mempunyai rumah. Pemerintah Desa Nglengkir, membangunkan rumah untuk Mbah Lasmi di tanah bengkok desa, sedangkan untuk material rumah dari bantuan para dermawan serta iuran sukarela dari warga.

Baca juga   Sowan Gubernur Ganjar, Apa yang Dibicarakan Gibran dan Bima Arya?

Bhabinkamtibmas Aipda Setyo Wahyu menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sinergitas bersama antara Polri, TNI, Satpol PP dengan warga desa untuk saling bantu membantu warga yang membutuhkan.

“Alhamdulilah, kegiatan sambatan ini sudah membudaya di sini. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjaga silaturahmi dan kerukunan antar warga,” ucap Bhabinkamtibmas.

Kepala Desa Nglengkir Suparman membeberkan bahwa pembangunan rumah untuk Mbah Lasmi ini adalah hasil diskusi bersama pihak desa dengan BPD serta warga masyarakat setempat, sehingga disetujui untuk membangunkan rumah bagi Mbah Lasmi.

Baca juga   Hari Santri, Ganjar dan ASN Pemprov Jateng Kompak Pakai Sarung

“Berawal dari empati warga, akhirnya kami berdiskusi dan disetujui untuk membangunkan rumah bagi Mbah Lasmi. Wargapun antusias untuk memberikan bantuan seadanya,” ucap Kepala Desa.

Sementara itu, Mbah Lasmi merasa senang dan terharu. Ia tak menyangka akan dibuatkan rumah oleh Pemerintah Desa dan ia pun mengucapkan terima kasihnya.

“Terima kasih pak atas bantuan rumahnya. Saya tidak bisa membalas apa apa, Lemah Teles Gusti Allah Sing Mbales,” kata Mbah Lasmi.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.ISI Surakarta

Plus

Mahasiswa DKV ISI Surakarta Dampingi KWT Ngudi Makmur Joglo Berkarya Bikin Poster
Tanaman kemuning mempunyai khasiat obat. (foto:istimewa)

Plus

Kemuning Bikin Tubuh Langsing
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi singgah di Walidi Craft Pujowinatan, Purwokinanti, Pakualaman pada Jumat (18/3/2022) dalam agenda Gowes Dodolan Kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Gowes Dodolan Kampung Kunjungi Perajin Miniatur di Pujowinatan

Plus

Deklarasi di Jogja, Relawan Bocahe Gibran Nusantara Milenial Siap Tangkal Isu Negatif
Febriyanti Nurul Jubaydiah. (Foto: Humas Sleman)

Plus

Cerita Anak Penjual Es di Sleman Raih Beasiswa Kuliah Gratis di ITB
Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menggelar jumpa pers pendampingan IKM alumunium di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (18/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Rekrut Talent Creative, Pemkot Akan Dampingi IKM Aluminium dalam Ciptakan Inovasi Produk
Pengelolaan sampah eco enzy merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan limbah rumah tangga. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Rumah Eco Enzyme Olah Sisa Buah dan Sayur Jadi Aneka Manfaat
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Temanggung mengikuti pelatihan shibori dan pewarnaan kain menggunakan pewarna alam. (Foto: MC.TMG)

Plus

Tingkatkan Keterampilan, Dharma Wanita Persatuan Temanggung Ikuti Pelatihan Shibori