Home / Wisata

Rabu, 7 September 2022 - 14:05 WIB

Tradisi Sebar Apem Yaa Qowiyyu Jatinom Digelar, Ini Hari dan Tanggalnya Lur

Tradisi sebar apem Ya Qowiyyu di Kelurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom bakal kembali digelar, pekan depan. Foto: Diskominfo Klaten

Tradisi sebar apem Ya Qowiyyu di Kelurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom bakal kembali digelar, pekan depan. Foto: Diskominfo Klaten

NYATANYA.COM, Klaten – Tradisi sebar apem Ya Qowiyyu di Kelurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom bakal kembali digelar, pekan depan. Tepatnya Jumat (16/9/2022) siang, bertepatan dengan kalender Jawa, Jumat Kliwon 19 Sapar 1956 Ehe dala perhitungan kalender Jawa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi tersebut akan dipusatkan di Klampeyan Amphiteater, Jatinom selepas Salat Jumat atau sekitar pukul 12.00 WIB.

Wakil Ketua Pelaksana Tradisi Sebaran Apem Yaa Qowiyyu, Eko Susanto mengatakan pelaksanaan tradisi sebar apem Yaa Qowiyyu akan digelar secara normal seperti halnya sebelum pandemi Covid-19.

Kendati demikian, masyarakat yang hadir tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan khususnya memakai masker.

“Hasil koordinasi lintas sektoral disepakati kegiatan Yaa Qowiyyu tetap dilaksanakan secara normal. Namun karena saat ini seluruh wilayah masih berstatus PPKM level 1, maka masyarakat yang hadir diimbau untuk tetap memakai masker,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari portal Pemkab Klaten, Rabu (7/9/2022).

Baca juga   Senangnya Warga Segaran Didatangi Jokowi dan Ganjar

Adapun rangkaian kegiatan tradisi yang juga disebut tradisi saparan ini dimulai dengan semakan dan khataman Al Quran pada Kamis (8/9/2022), dilanjutkan pembukaan ziarah dan doa bersama di Makam Kyai Ageng Gribig pada Kamis sore, dan haul dzikir tahlil Kyai Ageng Gribig pada Kamis malam.

Sementara pada pekan depan tepatnya Kamis (15/9/2022) siang akan digelar kirab seni budaya sekaligus serah terima gunung apem dari halaman Kantor Camat Jatinom ke makam Kyai Ageng Gribig.

Baca juga   Bangkitkan Wisata Bahari, Pelra, Pemprov Jatim, Pelindo Telusuri Pulau Kecil dengan Phinisi

Malam harinya akan digelar shalawat dan doa bersama untuk NKRI bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf dan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto di Oro-oro Yaa Qowiyyu.

Dan puncak acara tradisi Yaa Qowiyyu berupa andum apem atau sebaran apem di Klampeyan Amphiteater Jumat siang selepas salat Jumat.

Tradisi Yaa Qowiyyu telah berlangsung sejak abad ke-16 diprakarsai oleh ulama besar Kyai Ageng Gribig yang menyebarkan agama islam di wilayah Jatinom.

Tradisi Ya Qowiyyu ini juga sering disebut Saparan karena dilaksanakan setiap bulan safar. Kyai Ageng Gribig disebut juga merupakan keturunan Raja Bhrawijaya V dari Kerajaan Majapahit.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wisatawan yang akan masuk tempat wisata harus mengikuti screening dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. (Foto:istimewa/Diskominfo Klaten)

Wisata

Masuk Lokasi Wisata di Klaten Harus Pakai Aplikasi PeduliLindungi
Wajah Teras Malioboro 1 yang menempati bekas gedung Bioskop Indra. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Teras Malioboro, Harapan Baru PKL Mendongrak Cuan
Setelah melalui evaluasi terhadap keamanan Wahana Ngopi In The Sky Teras Kaca, Pantai Nguluran, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, Pemda DIY memutuskan penghentian alat operasional wahana tersebut. (Foto: tangkapan layar YouTube Update Disini)

Wisata

Pemda DIY Hentikan Mobile Crane Wahana Ngopi In The Sky Teras Kaca, Ini Alasannya
Foto: lionair.co.id

Wisata

Lion Air Buka Rute Medan – Yogyakarta Non-Stop, Simak Jadwal dan Tarifnya
Lurah Suryatmajan, Weda Satiya Negara mengatakan konsep pembangunan di Kelurahan Suryatmajan adalah mengintegrasikan potensi-potensi seluruh kampung menjadi satu jalur pariwisata dengan keunggulan masing-masing. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Suryatmajan Bakal Bangun Tempat Wisata dengan Konsep Seni dan Budaya
(Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Mengenal Tembok Baluwarti Penjaga Keraton Ngayogyakarta
Selama pandemi pengunjung di GLZoo, hanya dibawah 50 orang. Dengan jumlah ini tentu cukup berat bagi GLZoo. (Foto: Dokumentasi GLZoo)

Wisata

Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup
Ketep Pass dipadati wisatawan, saat libur Nataru. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Libur Nataru, Ketep Pass Dibanjiri Wisatawan