Home / News

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 12:53 WIB

Transaksi di Pameran UMKM PON Klaster Merauke Capai Rp82 Juta per Hari

Salah satu stand UMKM yang menjual produk kerajinan lokal khas Papua. (Foto Yudi Rahmat/InfoPublik.id)

Salah satu stand UMKM yang menjual produk kerajinan lokal khas Papua. (Foto Yudi Rahmat/InfoPublik.id)

NYATANYA.COM, Merauke – Selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terjadi transaksi jual beli di Pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Merauke mencapai Rp80 juta per hari.

Pameran UMKM dalam rangka turut menyukseskan PON Papua Klaster Merauke ini berlangsung mulai 5 sampai 16 Oktober 2021 di sepanjang jalan kantor Bupati Merauke yang melibatkan 164 UMKM binaan Dinas Perekonomian Kabupaten Merauke.

“Selama berlangsungnya dan berakhir Pameran ini diharapkan transaksi jual beli diperkirakan mencapai kurang lebih Rp1 Miliar,” kata Kepala Dinas Perekonomian Kabupaten Merauke, Muhammad Imam Santoso, usai acara jumpa pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, perkiraan transaksi ini berdasarkan pencatatat tim Dinas yang dilakulan setiap harinya. Mulai jualan produk apa, berapa yang terjual.

Baca juga   BPJS Ketenagakerjaan Jamin Kecelakaan dan Kematian Atlet PON XX

Imam, yang juga Sekretaris Sub Bidang Sosial Ekonomi PB PON XX Papua Klaster Merauke, mengatakan dengan adanya pameran UMKM ini sebagai pembinaan pemberdayaam sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di Kabupaten Merauke.

“Tentunya untuk pemberdayaan UMKM diberikan dana pembinaan yang dilakukan Dinas Perekonomian sebesar Rp10.550.000 setiap kelompok UMKM sehingga dapat meningkatkan ekonomi mereka,” katanya.

Ia menambahkan, upaya pembinaan pemberdayaan UMKM lain seperti bimbingan teknis juga diberikan agar mereka bisa memasarkan produknya melalui offline maupun online.

“Dalam pembinaan pemberdayaan ini kami bekerja sama dengan rumah kreatif dari Telkom, di sana diajarkan bagaimana pergerakan online, bagaimana mereka menyeting produknya, tujuannya untuk berjualan melalui online,” katanya.

Baca juga   Indonesia Tambah Pasokan Vaksin Pfizer 2.000.700 Dosis

Dia menambahkan dari 164 UMKM yang ikut pameran tersebut selain Mama Papua juga banyak anak-anak muda kreatif menjual produknya. Seperti makanan khas Merauke dengan kreasinya, kreasi sepatu, hingga kerajinan tangan lainnya dan kuliner lainnya.

Imam juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Bupati yang memberikan tempat dan ruang untuk pameran UMKM dalam rangka mendukung PON Papua Klaster merauke.

Imam menambahkan setelah usai PON, kelanjutan pembinaan pemberdayaan UMKM Merauke tetap akan dilanjutkan dengan Pameran 100 tahun Kabupaten Merauke dan pameran-pameran lainnya sehingga UMKM Merauke terua dapat berkembang dan maju. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Bertambah 31 Orang
Ibarat pepatah Jawa, ‘diobong ora kobong, disiram ora teles’. Bahwa seberat apapun cobaan hidup, kita harus kuat dan tangguh menghadapinya. Demikian Ganjar Pranowo menyemangati warga Jawa Tengah. (Foto:HumasJateng)

News

Ajak Masyarakat Saling Menguatkan, Ganjar: “Diobong Ora Kobong Disiram Ora Teles”
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun di Atas 10%
Peserta antre meninggalkan area bandara untuk menuju ke hotel karantina saat kegiatan simulasi penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (9/10/2021). Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dan sarana prasarana serta menguji standar operasional prosedur dalam pelayanan penumpang penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai yang rencananya akan mulai dibuka pada 14 Oktober 2021 mendatang. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nz)

News

Ini Penjelasan Kemenhub Terkait Inmendagri Naik Pesawat Wajib PCR
Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi di halaman Mapolres Batang. (Foto: Diskominfo Batang)

News

Operasi Patuh Candi 2021, Humanisme Jadi Fokus Aksi
Buntut dari protes bupati/wali kota di Jateng, Ganjar Pranowo mengecek langsung data vaksinani ke lapangan. (Foto: Humas Jateng)

News

Sejumlah Bupati/Wali Kota di Jateng Protes Ketersediaan Vaksin
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Mendesak, Pemda DIY Segera Realisasikan RS Sementara untuk Pasien Covid-19
PMI Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

PMI Bantah Beri Vaksin ke Pejabat Pemkab Klaten