Home / Peristiwa

Rabu, 3 Agustus 2022 - 21:44 WIB

Tri Fajar Firmansyah Meninggal Dunia, Dua Pelaku Pengeroyokan Suporter Jadi Tersangka

Kedua tersangka pengeroyokan dan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya Tri Fajar Firmansyah dihadirkan dalam pers conference. Foto: @polresleman

Kedua tersangka pengeroyokan dan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya Tri Fajar Firmansyah dihadirkan dalam pers conference. Foto: @polresleman

NYATANYA.COM, Sleman – Polisi menetapkan dua orang tersangka dugaan pengeroyokan dan penganiayaan antar suporter yang menyebabkan korban tewas Tri Fajar Firmansyah (23), warga Tambakbayan Kapanewon Depok Kabupaten Sleman pada Senin (25/7/2022).

Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Reskrim Polres Sleman Ipda M Safiudin menjelaskan, para tersangka ditangkap satu hari setelah kejadian. Keduanya laki-laki berinisial FDAP (26) warga Depok, Sleman dan AC (24) warga Piyungan, Bantul.

“Tersangka FDAP yang secara langsung melakukan kekerasan. Sedangkan tersangka AC sebagai joki motor. Pelaku melakukan kekerasan menggunakan tangan kosong,” jelas Safiudin didampingi Kasihumas Polres Sleman AKP Edy Widaryanta kepada awak media di Mapolres Sleman, Rabu (3/8/2022).

Dibeberkannya, semula korban bersama teman-temannya sekitar pukul 20.00 WIB sedang nongkrong di seputar Mirota Babarsari.

Tiba-tiba dari arah barat, datang rombongan pelaku mengendarai sepeda motor dan langsung melakukan penyerangan. Korban mencoba lari mengihindar hingga dilakukan pengejaran oleh tersangka.

Baca juga   Kronologi Kerusuhan Babarsari, 5 Ruko dan 6 Motor Dibakar, Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku

Namun saat lari korban terjatuh dan dikeroyok hingga pingsan di tempat, kemudian ditinggalkan oleh pelaku pengeroyokan.

Sedangkan motifnya, kata dia, tersangka mengaku melihat orang-orang yang berada di tepi jalan mengacungkan senjata tajam atau pentungan, kemudian rombongan mereka berhenti dan mengejar orang-orang yang berada di lokasi kejadian.

“Modus melakukan spontanitas. Korban meninggal dunia kemarin (Selasa, 2/8/2022) sekitar pukul 14.00 WIB dan sudah dimakamkan hari ini,” jelasnya Rabu (3/8/2022).

Polres Sleman tengah mengembangkan kasus dengan berupaya memburu pelaku lain yang diduga turut terlibat dalam insiden tersebut yang teridentifikasi berjumlah sekitar 5 orang.

“Dia (tersangka) bukan pelaku tunggal. Tapi karena para pelaku tidak saling kenal, asal main keroyok melakukan kekerasan. Tersangka dijerat dengan Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHP dan 351 KUHP,” imbuh dia.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Pimpin Ziarah ke TMP Dr Wahidin Soediro Hoesodo

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyatakan bahwa jajaran Polda DIY akan membackup penuh dalam upaya menuntaskan pengungkapan insiden ini dan berharap para pelaku yang lain agar dengan sukarela menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kami tunggu di Polda DIY atau Polres Sleman untuk menyerahkan diri,” kata mantan Kapolres Sleman ini.

Pihaknya, sambung dia, Polda DIY akan terus berkoordinasi dengan penyidik Polres Sleman terkait orang-orang yang sudah teridentifikasi diduga terlibat dalam perkara ini.

“Kemudian akan kami lakukan pencarian. Syukur-syukur kalau ada di antara mereka yang ikut melakukan penganiayaan dengan sadar bertanggungjawab menyerahkan diri,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Serma Acip berikan pendampingan saat pelaksanaan vaksinasi tahap dua di Kelurahan Balecatur. (Foto: dokumentasi Koramil Gamping)

Peristiwa

Serma Acip Dampingi dan Pantau Prokes Vaksinasi di Kelurahan Balecatur
PS diamankan Polsek Mlati lantaran nekat melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan sepeda motor. Foto: @polresleman

Peristiwa

Residivis 4 Kali Kasus Penipuan dan Penggelapan Motor, Warga Seyegan Dicokok Polisi
Pemkab Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Wonosobo)

Peristiwa

Carica dan Mie Ongklok Bawa Wonosobo Raih Penghargaan Kabupaten Kreatif 2021
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi membuka Pasar Ramadan Program Santripreneur di Kampung Malangan Giwangan, Selasa (5/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Pasar Ramadan Momentum Bangkitkan Ekonomi Masyarakat
Pelaku penggelapan mobil rental EH Warga Sagan ditangkap polisi di wilayah Bandungan, Semarang. Foto: Ist

Peristiwa

Gadaikan Mobil Rental Sebesar Rp22,5 Juta, Warga Gondokusuman Diringkus Polisi di Bandungan
Kedatangan vaksin tahap ke-137 merek AstraZeneca di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (28/11/2021), vaksin tersebut tiba pada pukul 22.10 WIB diangkut menggunakan maskapai Emirates dengan nomor penerbangan EK0358. (Foto: Djanes/InfoPublik)

Peristiwa

Sebanyak 705.600 Dosis Vaksin AstraZeneca Sudah Tiba di Indonesia
Bupati Kustini Sri Purnomo meresmikan lima pelayanan kesehatan baru di RSUD Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Peringati HUT ke-44, RSUD Sleman Luncurkan 5 Layanan Kesehatan
Akibat perbuatannya, Y terancam dijerat Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun. Foto:Ist

Peristiwa

Ayu Dibenturkan Tukang Becak ke Dinding hingga Tewas, Gegara Masalah Sepele Ini