Home / Wisata

Minggu, 4 Juli 2021 - 10:28 WIB

Tunda Piknik Dulu Lur, Tempat Wisata di Yogya Tutup

Sejumlah wisatawan masih terlihat di Nol Kilometer kota Yogyakarta, Sabtu (3/7/2021) sore. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Sejumlah wisatawan masih terlihat di Nol Kilometer kota Yogyakarta, Sabtu (3/7/2021) sore. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 3-20 Juli 2021, semua tempat wisata di Yogyakarta juga ditutup. Hal ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 15 Tahun 2021, Instruksi Gubernur DIY, nomor 17/INSTR/2021 dan Instruksi Walikota Yogyakarta nomor 14 tahun 2021 tentang PPKM darurat untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Dalam pantauan nyatanya.com, tempat wisata di Yogyakarta yang ditutup selama PPKM Darurat diantaranya Museum Beteng Vredeburg, Taman Pintar, Keraton Yogyakarta, Kampung Wisata Tamansari, dan sejumlah tempat wisata yang selama ini ramai dikunjungi pelancong.

Ibnu Titiyanto, Ketua Kampung Wisata Tamansari mengatakan di masa PPKM Darurat ini Tamansari tertutup untuk kegiatan pariwisata dan kegiatan umum lainnya. Penutupan Tamansari untuk kegiatan wisata juga untuk merespon surat yang dikeluarkan Pengelola Heritage (Cagar budaya) dan Keraton Yogyakarta. Termasuk hasil koordinasi dari semua stakeholder dan pelaku wisata di Kampung Wisata Tamansari Yogyakarta.

Baca juga   Jembatan Bantar, Saksi Sejarah yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan Manca Negara

“Kegiatan pariwisata di Tamansari diberhentikan secara total. Untuk kampung wisata kami juga mengkondisikan semua pelaku wisata agar menutup semua akses kegiatan di Tamansari,” kata Ibnu, Sabtu (3/7/2021).

Dijelaskan penutupan Tamansari untuk kegiatan wisata akan disesuaikan dengan ketentuan PPKM Darurat yakni dimulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Namun apabila ada aturan lain yang menyusul setelah PPKM Darurat ini, Ibnu dan semua stakeholder yang ada di Kampung Tamansari akan mengikuti sepenuhnya.

Meskipun PPKM Darurat telah diberlakukan masih ada beberapa wisatawan yang nekat datang ke Tamansari. Dari pengamatan Ibnu, ada beberapa wisatawan dari luar Kota Yogyakarta yang menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil dan sepeda masih nekat datang ke Tamansari. Untuk mengantisipasi hal itu, Pengurus Kampung Wisata Tamansari menempuh cara dengan menutup akses jalan masuk ke lokasi wisata Tamansari.

Baca juga   PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik

“Pengamatan kami di lapangan ternyata masih banyak warga di luar kota Yogyakarta. Entah mungkin sengaja atau ketidaktahuan tentang PPKM Darurat, tetap nekat untuk berkunjung ke Tamansari. Kami sepakat untuk melaksanakan ( PPKM Darurat) dengan sukses yakni dengan menutup akses beberapa jalan menuju kampung Tamansari,” jelas Ibnu yang juga Ketua Rukun Warga 08, Kelurahan Patehan itu.

Sementara itu Joko dan Wawan selaku Satgas Covid di RW 08 Kelurahan Patehan mengatakan di masa PPKM Darurat ini akan melakukan penyemprotan disinfektan di area Kampung Wisata Tamansari. Hal itu untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi warga dan pengunjung apabila Tamansari sudah kembali dibuka untuk umum.

Jadi ada baiknya Anda menunda dulu keinginan piknik atau melancong ke Yogyakarta. Sesuai arahan pemerintah, di rumah saja dan batasi mobilitas agar Covid-19 bisa diatasi. (*)

Share :

Baca Juga

Selama ini di Kota Yogya Pokdarwis yang dibentuk berbasis kemantren. Karena itu perlu segera dibentuk Pokdarwis di 45 kelurahan di Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Maksimalkan Potensi Kampung Wisata, Pemkot Yogya Bentuk Pokdarwis Kelurahan
Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menyapa seorang bocah yang ikut tampil pada penampilan tarian perdana Rawa Pening Performing Art 2021. (Foto: MC Kab Semarang)

Wisata

Rawa Pening Performing Art 2021, Momentum Kebangkitan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

Wisata

Menparekraf Ingatkan, Covid-19 Naik Wisata Bakal Ditutup Lagi
Pendataan situs di Candimulyo oleh Disdikbud Kabupaten Magelang. (Foto: HUmas/beritamagelang)

Wisata

Disdikbud Magelang Data Sejumlah Situs Kuno Candimulyo
Indonesian Gastronomy Community (IGC) menyelenggarakan serangkaian acara Gastronosia Borobudur 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 29 – 31 Oktober 2021 di Magelang dan Yogyakarta. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

“Perjamuan Shima” Pungkasi Acara Gastronosia Borobudur 2021
Heroe Poerwadi saat menghadiri sosialisasi gerakan wisata sehat yang diadakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, di kampung Notoprajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Gerakan Wisata Sehat, Upaya Pulihkan Ekonomi Pariwisata Kota Yogya
Selain untuk suplai oksigen dan kebutuhan dekorasi, tanaman hias tersebut juga dijual untuk menambah inkam masyarakat. (Foto: dokumentasi pribadi)

Wisata

Sejuta Bunga Kali Code, Upaya Alternatif saat Pandemi
Pelaksanaan “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng. (Foto:Humas Pemkot Magelang)

Wisata

Pemkot Magelang Gelar “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng