Home / Panggung

Kamis, 15 September 2022 - 16:40 WIB

Tur Pameran FKY Merekah Ruah, Jadi Ruang Belajar dan Apresiasi Karya Seni

Pameran FKY 2022 juga dilengkapi dengan agenda tur. Tur pameran pertama dikuti oleh peserta dari SDN Ngupasan Yogyakarta. Foto: Dok.FKY2022

Pameran FKY 2022 juga dilengkapi dengan agenda tur. Tur pameran pertama dikuti oleh peserta dari SDN Ngupasan Yogyakarta. Foto: Dok.FKY2022

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hari kedua FKY 2022 diisi dengan rangkaian program Pameran Galeri dan Tur Pameran, Pameran Keliling, serta Aktivasi Gumaton.

Pameran FKY 2022 dilaksanakan di Gedung Cendrawasih, Teras Malioboro 1 dengan menampilkan karya dari 20 seniman yang dipamerkan.

Prihatmoko Moki selaku Pemrogram Pameran FKY 2022 mengungkapkan bahwa pameran ini menjadi ruang bagi beberapa karya yang memiliki kaitan dengan air dan tanah, baik secara pengalaman personal/kolektif maupun refleksi mereka terhadapnya.

Pemilihan seniman tidak berlandaskan pada seni sebagai tolak ukur, tetapi laku budaya yang mereka lakukan.

Marno Siman, misalnya, tidak memiliki latar belakang seni, tetapi karya lukis yang dipamerkan erat kaitannya dengan perjalanan Telaga Saga, Gunungkidul.

Pameran FKY 2022 juga dilengkapi dengan agenda tur. Tur pameran pertama dikuti oleh peserta dari SDN Ngupasan Yogyakarta.

Dengan ditemani oleh beberapa guru dan stafnya, 40 siswa kelas 5 ini mengikuti rangkaian pengenalan karya seni yang disampaikan oleh Prihatmoko.

Salah satu staf SDN Ngupasan, Laxmono Habsoro mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini penting sebagai pengenalan pengetahuan di luar pendidikan yang diajarkan di sekolah.

Baca juga   Pameran Seni Rupa Harsa Trisha di Pendhapa Art Space, Unjuk Bukti dan Prestasi Akhiri Pendidikan SMKN 2 Sewon

Tur pameran sesi kedua diikuti oleh peserta umum. Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh peserta, mulai dari turunan tema “Mengelola Air dan Tanah” pada pameran ini serta proses kurasi karya dan seniman yang dilakukan.

Uli, salah satu peserta tur dari Bantul menyampaikan bahwa ia tertarik dengan tema FKY tahun ini.

“Saya takjub dengan lokasi-lokasi yang tersebar tahun ini karena kegiatan seni atau budaya di daerah jarang dan kadang kurang matang. Saya juga penasaran, kan berubah dari kesenian ke kebudayaan, sajian kebudayaan seperti apa yang dihadirkan, ya?” tambahnya.

Sementara itu Pameran Keliling FKY 2022 hari pertama mengambil rute dari Taman Kuliner Condongcatur menuju beberapa ruas jalan kota dan provinsi serta berakhir di Teras Malioboro 2.

Pameran keliling ini menggunakan truk yang telah dimural oleh lima komunitas seni di Yogyakarta, yaitu “Sembur Sembur Adas A Cikal Apupus Limar” oleh ABDW, “Tetap Mengalun Kencang” oleh Mulyakarya, “Nututi Lakune Siung Ireng Dinut Ra Manut Kesandung Ora Glundung Jam 4 Lewat Seprapat Kali Celeng” oleh Wayang Polah, “Lungo Nggolek Upo Kanggo Wong Omah” oleh Media Legal, dan “Lelana Laya” oleh Gegerboyo.

Baca juga   Kundha Kabudayan Sleman Gelar Penganugerahan Kebudayaan 2022, Ini Kategorinya

Dari kelima truk, tiga di antaranya terparkir di Teras Malioboro 2 untuk dipamerkan, yaitu truk mural karya Mulyakarya, Wayang Polah, dan Media Legal.

Tampak beberapa pengunjung Malioboro silih berganti berfoto dengan menggunakan truk sebagai background. Pedagang kios di Teras Malioboro 2 mengaku, “Adanya truk yang dimural dan dipamerkan di di sini menurut saya merupakan inisiatif yang bagus, ya. Selain jadi kesenian, ini bagus juga untuk meningkatkan daya tarik orang-orang ke Teras Malioboro.”

Di Gerbang Barat Kepatihan sendiri disulap menjadi panggung pertunjukan sebagai bagian dari aktivasi Pameran Keliling FKY 2022.

Dua truk mural karya Gegerboyo dan ABDW diparkir dan menjadi latar beragam pertunjukan yang ditampilkan.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

Gus Yasin dan Aldifi Tegarajasa, pemeran utama film Tegar. Foto: Humas Jateng

Panggung

Nonton Film Tegar, Gus Yasin: Setiap Makhluk Punya Kesempatan dan Impian
Forum Perupa Lumajang audiensi dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Jawa Timur, Rabu (16/2/2022). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Panggung

Forum Perupa Lumajang Akan Menggelar Pameran Seni Berkelas Nasional
Instalasi berjudul PT Besok Jaya Taimket WP 01 Karya Nurrachmat Widyasena. (Foto:dokumentasiARTJOG)

Panggung

Ini Dia Pemenang Young Artist Award ARTJOG 2021
Pementasan beragam kesenian memperingati Hari Lahir Pancasila,

Panggung

Beragam Kesenian Tradisional Unjuk Gigi Peringati Hari Lahir Pancasila
Woro Widowati. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Woro Widowati Siapkan Single “Stay at Hatiku”, Syuting di Seputaran Pasar Kembang
Jumpa Pers Gelar Karya Sang Maestro, di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta, Jumat 7 Juni 2024. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

TBY Gelar Karya Maestro Bondan Nusantara, Pentaskan Ketoprak Lakon Rembulan Wungu
Agnes Monica. Foto:nyatanya.com/Instagram agnezmo

Panggung

Agnez Mo Buka Klinik Gratis untuk Vaksinasi Covid-19
Rayakan HUT ke-39 Slank gelar "Slank Beautiful Smile Indonesia Tour" di Candi Prambanan pada Sabtu (17/12/2022). Foto: Ist

Panggung

Slank dan Bank Jateng Akan Kick-off UKM Slankpreneur di Prambanan, Ini Tanggal dan Harga Tiketnya