Home / News

Selasa, 4 Juni 2024 - 21:10 WIB

UAD Beri Pelatihan Optimalisasi Medsos untuk Media Promosi Sekolah Kepada Guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah

Dosen Informatika UAD Beri Pelatihan Pemanfaatan Medsos Untuk Media Promosi Sekolah Bagi Guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah di Bantul.

Dosen Informatika UAD Beri Pelatihan Pemanfaatan Medsos Untuk Media Promosi Sekolah Bagi Guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah di Bantul.

NYATANYA.COM, Bantul – Tim Dosen Program Studi (Prodi) Informatika Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Kerjasama Sekolah (BKS) Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah/Aisyiyah Bantul mengadakan Pelatihan ‘Optimalisasi Media Sosial dan Desain Grafis Untuk Media Promosi Sekolah,’ yang dilaksanakan di Laboratorium Informatika UAD di Kampus 4 UAD Jalan Jenderal TNI Achmad Yani (Ringroad Selatan), Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM/PkM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD, yang dilaksanakan Jumat 2 Maret 2024 oleh Tim Dosen Informatika UAD yang berdiri atas Ketua Dewi Soyusiawaty, S.T, M.T., dengan anggota Lisna Zahrotun, S.T,M.Cs dan Miftahurrahma Rosyda, S.Kom., M.Eng.

Baca juga   Momentum Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Perkuat Persatuan Bangsa

Dewi Soyusiawaty menuturkan, media promosi sekolah yang ada saat ini belum maksimal. Hal ini ditandai dengan minimnya pemanfaatan media sosial (medsos) yang sering digunakan pada saat ini seperti Facebook (FB), Instagram (IG), X (Twitter), TikTok dan juga Youtube (YT).

“Sebetulnya guru dapat memanfaatkan platform ini untuk berbagi ide, strategi pengajaran dan materi pembelajaran yang inovatif,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/6/2024).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Dewi, melalui medsos pendidik dapat membentuk komunitas pengajar yang saling mendukung dan menginspirasi.

“Kemudian dalam proses belajar, siswa dapat memanfaatkan medsos untuk sarana belajar dan mengerjakan tugas tugasnya,” ungkapnya.

“Dengan medsos siswa juga akan dengan mudah berkomunikasi tanpa harus bertatap muka atau bertemu,” imbuh Dewi.

Baca juga   Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng

Menurut Dewi, medsos bagi siswa tidak hanya sebagai tempat memperoleh informasi yang menarik tetapi juga menjadi kebutuhan penting dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, Miftahurrahma Rosyda menyampaikan, pelatihan ini diawali dengan penyampaian materi tentang Canva dan Capcut. Para guru diminta praktek langsung membuat konten promosi SD dengan 2 media tersebut.

Materi kedua tentang IG dan Tiktok. Guru diminta untuk praktek langsung membuat materi pembelajaran dan soal interaktif dengan fitur Question dan Quiz yang ada pada IG.

“Hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru karena dapat memanfaatkan medsos untuk ajang promosi, membuat materi pembelajaran maupun membagi informasi kegiatan sekolah kepada masyarakat,” ucapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki tiga sektor unggulan penggerak ekonomi. Tiga sektor itu menjadi satu mata rantai yang saling menggerakkan sehingga ekonomi di wilayah ini tetap tumbuh di masa pandemi Covid-19. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Ini 3 Sektor Unggulan yang Jadi Penggerak Ekonomi Kabupaten Magelang
Presiden Joko Widodo ketika membuka Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021 yang ditayangkan secara virtual pada Kamis (9/12/2021). (Foto: BPMI/Istimewa)

News

Presiden Dorong Koruptor Dijerat Dua Aturan Ini
Imigrasi Ngurah Rai, Bali, mencatat pada hari pertama penerapan "Visa on Arrival" (VoA) atau Visa Kunjungan Saat Kedatangan khusus wisatawan, terdapat tujuh warga negara asing (WNA) yang menggunakannya. (Foto: ANTARA)

News

Kemenkumham Bali: Tujuh WNA Gunakan VoA di Hari Pertama
Foto: Angkasa Pura II

News

Seluruh Bandara di Indonesia Siap Terapkan Aturan Perjalanan Udara Terbaru, Begini Ketentuannya
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Foto: ist/selalu.id

News

Wali Kota Surabaya Geram Ada Kasus Korupsi di Bawah Kepemimpinannya
Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima anugerah Bintang Tanda Jasa “The Order of Rising Sun, Gold and Silver Star” dari Kaisar Jepang Naruhito. Foto: kratonjogja.id

News

Sri Sultan Menerima Bintang Tanda Jasa “The Order of Rising Sun, Gold and Silver Star” dari Kaisar Jepang
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mendampingi Presiden Jokowi pada groundbreaking Kawasan Industri Hijau di Wilayah Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (21/12/2021). (Foto: InfoPublik)

News

Pertama di Dunia, Pemerintah Kembangkan Kawasan Industri Hijau di Kaltara
Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana menerima audiensi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kulon Progo, berlangsung di ruang rapat kantor Wabup, Selasa (28/12/2021). (Foto: MC.Kab Kulon Progo/humas)

News

Angka Kemiskinan Kulon Progo Naik 0,37%, Presentase Paling Kecil se-DIY