Home / Plus

Jumat, 11 Februari 2022 - 01:19 WIB

UMKM Lokal Diproyeksikan Raup Keuntungan Rp500 Miliar di MotoGP 2022

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Ryadhy/InfoPublik)

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Ryadhy/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Lombok Tengah – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memproyeksikan perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) mampu mengungkit nilai ekonomi tidak kurang dari Rp500 miliar.

Demikian dikatakan Menparekraf Sandiaga ketika memimpin Rapat Sinkronisasi Mingguan MotoGP 2022 di Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Kamis (10/2/2022).

Ia pun mengajak semua pihak untuk dapat memperkuat kolaborasi dalam mempersiapkannya secara baik, dari segi ekonomi maupun nonekonomi.

“Perlunya mengikutsertakan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal dalam event dunia sekelas MotoGP ini,” katanya.

Perhelatan balap motor paling bergengsi di dunia yang akan diadakan di Indonesia harus memberikan dampak bagi masyarakat sekitar dan Indonesia pada umumnya.

Kehadiran lomba yang telah diadakan sejak 1949 silam tersebut diharapkan ikut membangkitkan perekonomian lokal, terutama masyarakat yang berada di sekitar sirkuit lokasi resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia, 18-20 Maret 2022.

Baca juga   Digelar di Pasty, Disdagfest 2022 Gairahkan Geliat Ekonomi Yogya Selatan

Selama persiapan dan digelarnya event MotoGP 2022, beberapa kementerian/lembaga akan menggelar kegiatan penunjang seperti festival kuliner, pameran UMKM, dan bazar. Sebanyak 697 tenda telah disiapkan dan 210 pelaku UMKM sudah terdaftar untuk mengikuti kegiatan penunjang tersebut.

Sandiaga juga berharap dalam 35 hari ke depan menjelang perhelatan MotoGP, tingkat keterisian penginapan di Lombok bisa maksimal dari kondisi saat ini yang mencapai 52 persen.

Dari jumlah 34 ribu lebih kamar penginapan yang ada saat ini, akan ditambah dengan beberapa lainnya seperti glamour camping (glamping) dan sarana hunian pariwisata (Sarhunta).

Ia juga meminta permasalahan yang terjadi dalam hal akomodasi seperti harga penginapan yang melambung hingga Rp8 juta atau sewa kendaraan per hari yang mencapai Rp3 juta bisa dikomunikasikan oleh otoritas di daerah agar tidak berlarut-larut.

Baca juga   Tingkatkan Kreativitas Guru, IGRA Gelar Pelatihan Origami

“Jika ini dibiarkan, maka dapat mencoreng nama Indonesia. Terlebih kegiatan MotoGP ini tidak hanya diadakan pada tahun ini saja, tetapi akan berlangsung pada tahun-tahun selanjutnya,” ujar Menparekraf.

Sementara itu saat rapat juga terungkap pihak Kementerian Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) telah mendata sekitar 1.339 rumah makan yang terlibat mendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022. Mereka akan terhubung dengan platform e-commerce yang bisa menyediakan belanja secara online.

Kementerian KUKM saat ini juga telah mendata dan mengkurasi sekitar 210 UMKM yang akan menjajakan produknya di sekitar sirkuit.

Rapat itu diikuti oleh perwakilan kementerian/lembaga termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diwakili Direktur Infomasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Septriana Tangkary.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Plus

The All-New Citroën C3 Aircross SUV Hadir di Yogyakarta dengan Kenyamanan Eropa
Kricak Bersatu (Kiber), berforo bersama dengan Relawan Kricak dan sejumlah mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Santuni Anak Yatim, Sehari Berbagi di HUT ke-3 Kiber
Ilustrasi: kerajinan berbahan koran bekas pelaku UMKM. (Foto: Antara)

Plus

Kabar Baik, UMKM Dapat Tempat Prioritas di Gelaran MotoGP Mandalika
Batang Coffee bertahan di tengah pandemi dengan produksi camilan. (Foto: MC Batang)

Plus

Penjualan Kopi Lesu, Batang Coffee Kembangkan Produk Camilan
Prosesi ruwatan Popo Sakkelir. (Foto: istimewa)

Plus

Masyarakat Penghayat Kepercayaan Lakukan Ruwatan Popo Sakkalir 
Dinas Perdagangan Festival (Disdagfest) 2022 digelar di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy). Acara yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 29 - 30 Oktober 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Digelar di Pasty, Disdagfest 2022 Gairahkan Geliat Ekonomi Yogya Selatan
Talkshow keamanan siber di SMKN 3 Yogyakarta pada Jumat (22/7/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

BSSN dan Pemkot Yogya Ajak Pelajar Jaga Keamanan Ruang Siber
Jumpa pers Rakernas PPJI di Bale Raos Yogyakarta, Kamis (22/9/2022). Foto: Agoes Jumianto

Plus

Digelar di Yogya 4-7 Oktober 2022, Rakernas PPJI Ajak Industri Kuliner Kembali Bangkit