Home / News / Peristiwa

Sabtu, 22 Mei 2021 - 18:21 WIB

Ungkap Rasa Bersyukur, Warga Srandakan Adakan Wiwitan

Bupati Bantul saat hadiri acara wiwitan. Foto: nyatanya.com/Humas Bantul

Bupati Bantul saat hadiri acara wiwitan. Foto: nyatanya.com/Humas Bantul

NYATANYA.COM, Bantul – Warga Trimurti Srandakan Bantul mengadakan upaca tradisi Wiwitan di Bulak Gambrengan Prokerten Tirmurti Srandakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah swt, atas keberhasilan musim tanam.

Prosesi Wiwitan diawali dengan doa-doa yang dipimpin oleh sesepuh/ kaum rois setempat. Usai prosesi doa-doa, dilanjutkan dengan memotong padi sebagai tanda padi sudah siap dipanen. Sebelum sesepuh/ kaum rois datang, para petani sudah menyiapkan peralatan yang dipakai untuk tradisi wiwitan seperti kendil yang berisi air, ani-ani (alat untuk memetik padi), bunga mawar, menyan serta kain jarik untuk membungkus hasil padi yang sudah dipetik mbah kaum.

Setelah ritual selesai dilakukan, biasanya petani membagikan makanan yang sudah disiapkan kepada warga sekitar, setiap warga boleh mengikuti tradisi wiwitan tersebut tanpa terkecuali dan memakan makanan yang sudah disiapkan.

Baca juga   629 Orang Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih yang ikut hadir bersama Forum Komunikasi Kapanewon dan Jajaran Pemerintah Kalurahan Trimurti mengungkapkan dukungannya terhadap sektor pertanian di Kabupaten Bantul.

“Kami selama ini mensuport pembangunan dan program-program di sektor pertanian, karena sektor pertanian ini dihuni oleh mayoritas penduduk Bantul dan kedepan sektor pertanian tetap menjadi prioritas pemerintah,” Ujarnya.

Kedepannya Bupati Bantul berharap petani di Bantul semakin sejahtera karena sektor ekonomi yang tumbuh positif selama pandemi ini adalah sektor pertanian.
Panewu Srandakan, Anton Yulianto mengatakan kegiatan upacara wiwitan ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat kelompok tani atas hasil tanaman padi yang cukup baik.

Baca juga   Status Siaga, Gunung Merapi Mengalami 144 Kali Gempa Guguran

“Kelompok tani di wilayah Pedukuhan Proketen dan Pedukuhan Puron atau Kelompok Pranumanunggal melaksanakan tradisi wiwitan untuk memasuki tahapan pemanenan pada musim kali ini sebagai wujud puji syukur kepada tuhan yang telah memberikan hasil berupa tanaman padi yang cukup baik, dan tentu diiringi doa agar kedepannya kegiatan peranian dapt berjalan lebih baik,” jelas Anton.

Anton juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus dilestarikan dan hasil pertanian bisa bernilai ekonomis yang cukup baik sehingga bisa diandalkan untuk menjadi sumber mata pencaharian masyarakat. (N5)

Share :

Baca Juga

Sedikitnya 1.500 aparat gabungan dari pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkot Surakarta, anggota TNI-Polri, dan komunitas masyarakat bersih-bersih Taman Sriwedari. Foto: Ist

Peristiwa

Resik-Resik Taman Sriwedari, Simbol Handarbeni Ngopeni Warga Solo
Ganjar Pranowo saat ngobrol dengan Karman, petani tembakau asal Wonosobo yang menjemur hasil panennya di wilayah Temanggung. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Asyik Jemur Tembakau, Karman Terkejut Didatangi Ganjar
Ilustrasi: nyatanya.com

News

43 Kabupaten/Kota di Luar Jawa-Bali Ini Juga Lakukan PPKM Darurat
Bantuan paket sembako bagi pelaku wisata di wilayah Magelang sektor selatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Pelaku Wisata Kabupaten Magelang Selatan Terima Bantuan Sembako
Wakil Gubernur Paku Alam X menyematan pin emas kepada anggota Purnapaskibraka DIY Tahun 2021. (Foto: Humas DIY)

Peristiwa

Purnapaskibraka Duta Pancasila DIY Tahun 2021 Dikukuhkan
Gibran Rakabuming Raka. (Foto:Ist)

News

Presiden Jokowi Tidak Mudik ke Solo, Gibran: Bapakku Wis Dadi Wong Jogja
Ace Hasan Syadzily. Foto: Biro Humas DPR RI

News

Agar BLT Tepat Sasaran, DPR Minta Pemerintah Mutakhirkan DTKS
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyaksikan serunya lomba mancing yang digelar warga Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta. Sebelumnya Heroe membuka lomba ini dengan ditandai pelepasan 130 kg ikan lele. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Berebut Hoki, Lomba Mancing Jadi Hiburan Warga di Masa Pandemi