Home / Peristiwa

Rabu, 21 Juli 2021 - 13:10 WIB

Unik dan Go Green, Daging Kurban Dibagikan dengan Besek

LazisNU MWC Secang membagikan daging kurban menggunakan besek. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

LazisNU MWC Secang membagikan daging kurban menggunakan besek. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – LazisNU MWC Secang Kabupaten Magelang mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat, serta daerah yang tidak mendapatkan daging kurban dengan konsep Go Green dan tetap menerapkan protokol kesehatan, pada Hari Raya Idul Adha 1442 H.

“Selain menerapkan protokol kesehatan, juga konsep Go Green, ramah lingkungan dengan tidak menggunakan kantong plastik, tetapi menggunakan besek dan tali gedebong pisang serta tali dari bambu untuk membungkus daging,” kata Ketua Panitia Kurban LazisNU MWC Secang, M Aulia Husna, Rabu (21/7/2021).

Dengan tujuan ikut berperan menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah plastik, dan pandemic Covid-19 bukan menjadi halangan untuk berbagi kebahagiaan dengan warga masyarakat.

Baca juga   Paskibraka Kabupaten Magelang Dikukuhkan Bupati

Pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, adalah seekor sapi metal dan tiga ekor kambing dari dermawan. Baik sapi maupun kambing disembelih di Dusun Ledok, Desa Pirikan, Kecamatan Secang.

Hanya saja, daging hewan kurban didistribusikan ke desa-desa lain di Kecamatan Secang yang tahun ini tidak ada kurban atau minim kurban.

“Tujuannya, untuk pemerataan dalam distribusi daging kurban, sehingga warga bisa menikmati daging kurban,” ujarnya.

Karena di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada himpitan ekonomi masyarakat yang desanya tidak ada yang berkurban sama sekali menjadi prioritas lazisNU MWC Secang untuk memberi kebahagian bersama masyarakat dengan membagi daging kurban.

Baca juga   243 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Yogyakarta Peroleh Remisi

Menariknya, dari salah satu hewan kurban yang disembelih, merupakan tabungan dari anak kelas 5 SD bernama Arya Adiwangsa Darmawan, warga Kramat Selatan, Kota Magelang. Uang tabungan kurban ini, menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat yang selama ini merasa berat untuk membeli hewan kurban.

“Dia sudah menabung sejak setahun lalu, ketika diajak ayahnya mengantar hewan kurban untuk LazisNU MWC Kecamatan Secang, anak kecil tersebut tergerak dan menabung selama setahun,” tuturnya.(*)

Share :

Baca Juga

Para pelaku UMKM di Kabupaten Batang diberi peluang untuk menjajakan produknya dengan cara berkeliling ke kantor instansi pemerintah. (Foto: Diskominfo Kab Batang)

Peristiwa

“Nglarisi Dodolan”, UMKM Bergiliran Jajakan Produk ke ASN
Tim Gabungan melakukan evakuasi dan patroli ke permukiman terdampak banjir di Desa Petaling, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (17/11/2021). (Foto: BPBD Kabupaten Musi Banyuasin)

Peristiwa

Sungai Batang Hari Leko Meluap, 390 Rumah di Musi Banyuasin Terendam Banjir
Sebanyak 40 orang perajin batik se-Kabupaten Temanggung mengikuti uji kompetensi batik, khususnya batik cap. (Foto: MC Temanggung)

Peristiwa

Puluhan Perajin Batik Temanggung Ikuti Uji Kompetensi
Audiensi KNKT bersama jajaran Dinas Perkimhub Kabupaten Wonosobo, serta pemangku kebijakan di wilayah Kertek tentang pengalihan arus lalu lintas menuju benteng takeshi. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Sempat Pro Kontra, Warga Kertek Akhirnya Menerima Rekomendasi KNKT Perihal “Benteng Takeshi”
Bupati Agus Bastian meresmikan armada baru bagi Damkar Purworejo. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Peristiwa

Tingkatkan Kinerja, Damkar Purworejo Tambah Armada
Ilustrasi penyaluran Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). (Foto: HUmas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Kembali Salurkan BPUM Rp1,2 Juta bagi UMKM
Semua pasar tradisional yang ada di Kabupaten Klaten hanya akan buka sampai pukul 14.00 WIB. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Selama PPKM Darurat, Semua Pasar Tradisional Klaten Tutup Pukul 14.00 WIB
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Semarang Peni Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Ratusan Penyandang Disabilitas Terima Sembako Gotong Royong Covid-19