Home / News

Rabu, 1 September 2021 - 00:14 WIB

Untuk Kedua Kalinya, DIY Terima Penghargaan Tepat Waktu TLHP

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai provinsi yang Tepat Waktu dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai provinsi yang Tepat Waktu dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Daerah DIY kembali menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai provinsi yang Tepat Waktu dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri RI.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring menerima penghargaan ini pada Selasa (31/8/2021) dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Penghargaan diberikan dalam acara Launcing Sinergitas Pengelolaan Bersama Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2021.

Kesepuluh provinsi penerima penghargaan ini adalah DIY, DKI Jakarta, Riau, Sulawesi Tengah, Bali, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Banten.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji yang ditemui usai acara mengatakan, penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diterima DIY. DIY menerima penghargaan ini dua tahun berturut-turut.

“DIY dinilai menjadi salah satu daerah yang bisa menindaklanjuti temuan-temuan Inspektorat Jenderal Kemendagri RI secara tepat waktu dan tepat mutu,” imbuhnya.

Baca juga   Antisipasi Libur Panjang, Ganjar: Jangan Sampai Terjadi Gelombang Ketiga

Terkait launching MCP, Aji mengatakan, acara ini digagas bersama oleh Kemendagri RI, BPKP RI dan KPK RI. MCP merupakan gagasan KPK RI untuk bisa mempermudah dalam melakukan pengawasan dan pencegahan korupsi.

“Saya kira MCP ini makin mempermudah pelaporan kita, sehingga kita tidak perlu lagi sering-sering tatap muka. Kita bisa mengisi format-format yang ada di sistem itu, yang kemudian akan ada analisisnya juga, sehingga kita bisa tahu langsung apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk pengambilan keputusan,” papar Aji.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, mengucapkan selamat atas nama pemerintah dalam hal ini Kemendagri RI kepada sepuluh daerah yang telah menyelesaikan tindak lanjut Hasil Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara tepat waktu.

“Saya berharap ke depannya sepuluh daerah yang sudah berhasil ini bisa konsisten tepat waktu dalam menindaklanjuti Hasil Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan dapat jadi contoh serta motivasi bagi daerah lain. Sekali lagi saya mengapresiasi setinggi-tingginya,” imbuhnya.

Baca juga   Gangguan Gagal Ginjal Akut di Indonesia Tercatat Sebanyak 241 Kasus, Terjadi Peningkatan Mulai Agustus

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK RI, Firli Bahuri mengatakan, KPK diberikan mandat untuk melakukan pemberantasan korupsi dengan segala cara, mulai dari pencegahan, melakukan koordinasi dengan instansi yang juga melakukan pemberantasan korupsi dan instansi yang melakukan pelayanan publik, sekaligus melakukan monitoring penyelenggaraan pemerintahan daerah, hingga penyelidikan, penyidikan serta penuntutan kasus korupsi.

“MCP adalah salah satu aspek dalam rangka pemberantasan korupsi dengan cara pencegahan. Dalam hal ini, KPK melakukan segala upaya pemberantasan korupsi. Ada tiga strategi utama, yakni pendidikan kepada masyarakat, pencegahan dengan perbaikan sistem, dan penindakan dengan proporsional serta akuntabel,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Moeke Mashoed, penyiar BBC Indonesia dalam acara Hari Ibu di studio BBC di London, 5 Desember 1958. Foto: Dok.BBC

News

Radio BBC Indonesia Berhenti Siaran, Mulai Hari Ini Setelah 73 Tahun Mengudara
Upaya percepatan vaksinasi booster Covid-19 dilakukan dengan pelayanan di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Tertinggi di DIY, Pemkot Yogya Targetkan Vaksinasi Booster Covid-19 100 Persen
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. Foto: Humas Polda DIY

News

Kapolda DIY Tegas! Larang Anggotanya Terlibat Bisnis Ilegal, Perjudian, dan Narkotika
Pelepasan sebanyak 43 orang Jaksa untuk dikaryakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Puspenkum

News

Sebanyak 43 Jaksa Dikaryakan di KPK
Foto: Agoes Jumianto

News

Menurut Hasil Survei KPK, Nilai Integritas DIY Tertinggi Nasional
Rancangan regulasi hak penerbit (publisher right) diharapkan bisa diterbitkan sebagai regulasi pada tahun ini, baik dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Presiden (Perpres). Foto: Wahyu Sudoyo/InfoPublik

News

Rancangan Hak Penerbit Diharapkan Terbit Tahun Ini
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Dok/InfoPublik

News

Harga BBM Resmi Naik, Pemerintah Alokasikan Bansos Rp24,17 Triliun
Panas sinar matahari tidak mengendurkan semangat para warga, untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM). Foto: Diskominfo Jateng

News

Penyaluran BLT BBM di Kabupaten Semarang dan Rembang Dimulai