Home / Militer

Kamis, 14 Juli 2022 - 12:54 WIB

Upaya Penyelundupan Miras dan Rokok Ilegal dari Singapura Berhasil Digagalkan TNI AL, Jumlahnya Segini

Danlantamal XII dengan Tim Kanwil Dirjen Bea Cukai (KDBC) Kalimantan Barat memberikan keterangan pers terkait penyeludupan barang ilegal yang masuk melalui jalur laut ke wilayah Kalimantan Barat. Foto: Dispenal

Danlantamal XII dengan Tim Kanwil Dirjen Bea Cukai (KDBC) Kalimantan Barat memberikan keterangan pers terkait penyeludupan barang ilegal yang masuk melalui jalur laut ke wilayah Kalimantan Barat. Foto: Dispenal

NYATANYA.COM, Pontianak – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak menggagalkan penyelundupan Minuman Keras (Miras) berjenis etanol serta rokok illegal tanpa cukai asal Singapura, di pesisir pantai kawasan Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Rabu(13/7/2022) menjelaskan, sebanyak 12.563 botol barang bukti Miras Minuman Mengandung Etanol (MME) dari berbagai merk yang termasuk minuman yang mengandung alkohol golongan C diatas 20 persen dan 49.960 rokok ilegal tanpa cukai diamankan oleh Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lantamal XII dengan Tim Kanwil Dirjen Bea Cukai (KDBC) Kalimantan Barat hasil dari pemberantasan penyeludupan barang ilegal yang masuk melalui jalur laut ke wilayah Kalimantan Barat.

Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto mengatakan bahwa keberhasilan pihaknya beserta Bea Cukai berawal dari informasi yang masuk ke pihak TNI AL tentang adanya penyelundupan barang-barang dari luar negeri di perairan Kalbar.

Baca juga   Babinsa Beri Motifasi Warga di Lokasi TMMD Reguler Kodim Sleman

“Informasi yang masuk itu, kemudian kita perketat pengawasan bersama Bea Cukai, hingga akhirnya berhasil menemukan adanya kapal berbendera Indonesia yang berangkat dari Singapura, kapal ini terdeteksi melalui tracking kami maupun Bea Cukai pada 29 Juni 2022,” jelas Danlantamal XII.

Menurutnya, sejak 1 Juli 2022 lalu kapal yang membawa barang-barang dari Singapura itu sudah tidak terdeteksi dari tracking yang dilakukan pihaknya maupun bea cukai.

Kemudian pihak TNI AL langsung melakukan antisipasi perketat di empat titik perairan Kalbar yang memungkinkan kapal tersebut berlabuh, sampai akhirnya penyelidikan dilakukan menuju ke perairan kabupaten mempawah dan berhasil diamankan barang tersebut di pesisir pantai daerah Mempawah, namun tidak ditemukan kapal yang membawa muatan tersebut serta tidak ada saksi satu pun alias tak bertuan.

Baca juga   Cegah Penularan Virus Covid-19, Korem 072/Pamungkas Dukung BNPB Bagikan Masker

“Dugaan sementara modus ini, setelah ditumpuk di pesisir pantai kawasan Kabupaten Mempawah barang tersebut selanjutnya akan diangkut menggunakan truk atau kendaraan sejenisnya,” terang Danlantamal XII.

Hingga saat ini TNI AL bersama Bea Cukai masih terus melakukan penyelidikan terkait kapal serta pemilik barang tersebut.

Keberhasilan penggagalan penyelundupan miras ini merupakan tindak lanjut dari Penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada jajaran TNI AL untuk terus berkomitmen menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional termasuk terhadap segala bentuk penyelundupan.

Selain itu, tindakan-tindakan illegal serta bentuk pelaksanaan dari Perintah Harian Kasal agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dan kesemestaan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo melantik 754 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Foto: BPMI Setpres

Militer

Presiden Jokowi Lantik 754 Capaja TNI dan Polri
Foto: Penrem 174/ATW Merauke

Militer

Danrem 174/ATW Sambangi Satgas Yonif 725/Woroagi, Ini yang Dilakukan
Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI. (Foto: Humas Bakamla RI)

Militer

Enam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Bakamla RI Diserahterimakan
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bantu Laksanakan Pengawasan Ujian di SD Inpres Jila
Foto: Pendim0707

Militer

Gowes dan Jalan Santai Tutup Rangkaian HUT TNI Kodim Wonosobo
Warga perbatasan mendapat vaksin dari Satgas Yon 403/WP. (Foto: Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Satgas Yonmek 403/WP Dukung Program Serbuan Vaksinasi di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Prajurit Yonmek 512/QY melaksanakan karya bakti. (Foto: Penenrangan Yonmek 512/QY)

Militer

Ciptakan Lingkungan Bersih, Yonif Mekanis 512/QY Karya Bhakti di Perbatasan RI-PNG
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Babinsa Koramil 1710-02/Timika Beri Bantuan Kepada Tomas Koperapoka