Home / News

Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:00 WIB

Update! 257 Rumah Rusak Terdampak Gempa Bumi M 6,7 Banten

Kondisi kerusakan rumah warga paska gempabumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Pandeglang)

Kondisi kerusakan rumah warga paska gempabumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Pandeglang)

NYATANYA.COM, Pandeglang – Sebanyak 257 unit rumah mengalami kerusakan pasca gempa bumi M 6,7 di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sebagaimana menurut data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sabtu (15/1/2022) per pukul 00.25 WIB.

Rincian data kerusakan paling banyak adalah di Kabupaten Pandeglang dengan total rumah rusak berat ada sebanyak 26 unit, rusak sedang 33 unit, rusak ringan 131 unit, termasuk 10 unit sekolah, 1 puskesmas, 1 pabrik, 1 kantor pemerintahan, 1 tempat ibadah dan 1 tempat usaha.

Kabupaten Serang melaporkan 16 unit rumah rusak sedang. Kemudian di Kabupaten Lebak ada sebanyak 12 unit rumah rusak berat, 3 unit rusak sedang, 21 rusak ringan dan 3 unit bangunan sekolah. Di samping itu juga dilaporkan satu warga mengalami luka ringan terdampak gempabumi.

Baca juga   Tak Berpotensi Tsunami, Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,1 Bangkalan Dirasakan Warga Surabaya

Selanjutnya di Kabupaten Sukabumi ada 3 unit rumah rusak sedang dan 6 unit rumah rusak ringan serta di Kabupaten Bogor terdapat 8 rumah rusak sedang.

Guncangan Dirasakan di 11 Wilayah

Guncangan gempa bumi yang berpusat di 7.21 LS dan 105.05 BT pada kedalaman 40 kilometer itu dirasakan kuat selama 2-4 detik di 11 lokasi di wilayah barat Pulau Jawa dan Selatan Pulau Sumatera.

Baca juga   Tren Covid-19 Membaik, Ganjar Sampaikan Apresiasi kepada Kabupaten/ Kota

Guncangan itu membuat masyarakat berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri dari hal yang tidak diinginkan.

Adapun rinciannya meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten. Kemudian Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok di Jawa Barat. Selanjutnya adalah Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Lampung Barat.

Sebagai antisipasi, masyarakat diharapkan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

Diimbau juga agar masyarakat tetap tenang dan memastikan informasi resmi bersumber dari pihak yang dapat dipertanggungjawabkan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Satpol PP Kota Yogyakarta menggelar Pelatihan Produksi Audio Visual untuk menunjang kreativitas dalam pengambilan gambar bagi tim media Kampung Panca Tertib. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Asah Kreativitas, Tim Media Kampung Panca Tertib Ikuti Pelatihan Audio Visual
(nyatanya.com/@BethesdaJogja)

News

Ledakan Kasus Corona di Yogya, Rumah Sakit Mulai Tolak Pasien Baru
Ganjar sengaja mengangkat kisah mantan teroris yang kini telah banting setir menjadi pedagang soto untuk menjadi inspirasi pada napi yang peroleh remisi. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Ungkit Cerita Lama Jack Harun, Ada Apa?
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

99 Warga Mertoyudan Sembuh Covid-19
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, didampingi Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji dan Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY Tri Saktiyana melakukan Rapat Koordinasi tentang perencanaan ‘Jogja Planning Gallery’ dengan OPD terkait. (Foto: Humas SIY)

News

Disayembarakan, ‘Jogja Planning Gallery’ Akan Dibangun di Malioboro
Para pelanggar yang terjaring pengawasan protokol kesehatan langsung mendapat peringatan dari petugas Satpol PP Kota Yogyakarta. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Ratusan Pelanggar Prokes Dirazia Satpol PP
Ilustrasi, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di Temanggung disambut baik para orang tua dan pihak sekolah. Sejak dimulai vaksinasi pada tanggal 14 Desember 2021 , tidak ada pihak orang tua, maupun guru yang melakukan penolakan. (Foto: MC.Temanggung)

News

Komnas KIPI: Belum Ada Bukti Vaksinasi Covid-19 Sebabkan 2 Anak Meninggal
Bupati Batang Wihaji menjelaskan, pihaknya bersama Polres Batang, dan Kodim 0736/Batang menyiapkan pasukan khusus penanganan bencana. (Foto: MC Batang)

News

Masuki Musim Hujan, Batang Petakan 9 Titik Rawan Bencana