Home / News

Minggu, 7 November 2021 - 12:12 WIB

Update! Banjir Bandang Kota Batu, Tujuh Warga Meninggal Dunia

Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

NYATANYA.COM, Kota Batu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur melaporkan hasil giat pencarian dan pertolongan korban banjir bandang Kota Batu hingga Sabtu (6/11/2021) pukul 13.00 WIB, yang mana satu warga kembali ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Dari penemuan tersebut, maka korban yang dinyatakan meninggal dunia menjadi tujuh orang. Atas penemuan itu pula, maka seluruh korban sudah ditemukan, baik yang ditemukan dalam keadaan selamat maupun meninggal dunia. Adapun dua orang yang sebelumnya dilaporkan hilang ternyata terdata dua kali.

BPBD Kota Batu juga mendata bahwa banjir bandang telah berdampak pada 89 KK dan 5 jiwa masih mengungsi di Gedung Kesenian Bulukerto. Sementara itu, kerugian materil yang ditimbulkan atas kejadian bencana banjir bandang itu meliputi 35 unit rumah rusak, 33 unit rumah terendam lumpur, 73 unit sepeda motor rusak, 7 unit mobil rusak, 107 hewan ternak hanyut dan 10 kandang ternak rusak berat.

Baca juga   Mitigasi Bencana, BPBD Magelang Periksa Kelayakan Tempat Evakuasi

Guna percepatan penanganan banjir bandang Kota Batu, jajaran pemangku kebijakan Kota Batu meliputi Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Kasrem, Kapolres Kota Batu, Dandim Kota Batu, Sekda Kota Batu dan OPD terkait telah menggelar rapat pembentukan posko darurat di Kantor Wali Kota.

Baca juga   Presiden Mengimbau Seluruh Pejabat Berzakat Melalui BAZNAS

Hasil rapat tersebut ditetapkan bahwa periode tanggap darurat direncanakan selama 14 hari terhitung tanggal 4-17 November 2021. Selain itu, Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) juga segera disusun dan Wakil Wali Kota Batu ditunjuk untuk memimpin penanganan darurat bencana banjir bandang Kota Batu.

Guna meringankan beban para penyintas, bantuan berupa logistik dan peralatan tela didistribusikan dan terus berdatangan dari BNPB, BPBD setempat, instansi terkait dan unsur-unsur dunia usaha lain yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Kota Batu. (*)

Share :

Baca Juga

(Foto: BNPB)

News

Per Minggu 19 Desember 2021, Sebanyak 155 Orang Sembuh Covid-19
Tahapan Pemilihan Lurah di Kalurahan Trihanggo Kapanewon Gamping memasuki tahap kampanye dialogis yang diikuti oleh 5 calon lurah periode 2021 – 2027 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Pemerintah Kalurahan Trihanggo, Selasa (26/10/2021). (Foto:Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

News

Pemilihan Lurah di Kalurahan Trihanggo Masuki Tahap Kampanye Dialogis
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia, pada Jumat (29/10/2021), sekira pukul 17.25 waktu setempat. (Foto: Tankapam Layar Akun Youtube Setpres)

News

Menggunakan Garuda Indonesia GIA-1, Jokowi Tiba di Italia Hadiri KTT G20
Pemkot Yogyakarta terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 hingga di tingkat kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kampung Digencarkan Pemkot Yogya
Foto: Istimewa/Antara

News

Waspada Ancaman Stagflasi! Apa Itu?
Vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di Jawa Tengah sudah mencapai 31,36 persen. (Foto: Humas Jateng)

News

Vaksinasi Booster untuk Nakes Jateng Capai 31,36 Persen
Ganjar Pranowo saat menghadiri CFD Slamet Riyadi, Solo pada 24 Desember 2023. (Foto: Istimewa)

News

Masyarakat Peduli Demokrasi Laporkan Ganjar ke Bawaslu karena Bagi-Bagi Voucher Internet di CFD Solo
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Duka Almarhum Tjahjo Kumolo