Home / News

Minggu, 7 November 2021 - 12:12 WIB

Update! Banjir Bandang Kota Batu, Tujuh Warga Meninggal Dunia

Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

NYATANYA.COM, Kota Batu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur melaporkan hasil giat pencarian dan pertolongan korban banjir bandang Kota Batu hingga Sabtu (6/11/2021) pukul 13.00 WIB, yang mana satu warga kembali ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Dari penemuan tersebut, maka korban yang dinyatakan meninggal dunia menjadi tujuh orang. Atas penemuan itu pula, maka seluruh korban sudah ditemukan, baik yang ditemukan dalam keadaan selamat maupun meninggal dunia. Adapun dua orang yang sebelumnya dilaporkan hilang ternyata terdata dua kali.

BPBD Kota Batu juga mendata bahwa banjir bandang telah berdampak pada 89 KK dan 5 jiwa masih mengungsi di Gedung Kesenian Bulukerto. Sementara itu, kerugian materil yang ditimbulkan atas kejadian bencana banjir bandang itu meliputi 35 unit rumah rusak, 33 unit rumah terendam lumpur, 73 unit sepeda motor rusak, 7 unit mobil rusak, 107 hewan ternak hanyut dan 10 kandang ternak rusak berat.

Baca juga   DIY Targetkan Minimal 70% Perempuan Divaksinasi

Guna percepatan penanganan banjir bandang Kota Batu, jajaran pemangku kebijakan Kota Batu meliputi Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Kasrem, Kapolres Kota Batu, Dandim Kota Batu, Sekda Kota Batu dan OPD terkait telah menggelar rapat pembentukan posko darurat di Kantor Wali Kota.

Baca juga   38 Proyek Irigasi Selesai, Wonogiri Siap Sambut Swasembada Pangan

Hasil rapat tersebut ditetapkan bahwa periode tanggap darurat direncanakan selama 14 hari terhitung tanggal 4-17 November 2021. Selain itu, Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) juga segera disusun dan Wakil Wali Kota Batu ditunjuk untuk memimpin penanganan darurat bencana banjir bandang Kota Batu.

Guna meringankan beban para penyintas, bantuan berupa logistik dan peralatan tela didistribusikan dan terus berdatangan dari BNPB, BPBD setempat, instansi terkait dan unsur-unsur dunia usaha lain yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Kota Batu. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

News

Sudah Makin Terkendali, Daerah PPKM Level 1 dan 2 Meningkat
Puan Maharani mengajak seluruh kader PDIP untuk tetap solid dan tetap bekerja untuk rakyat. (Foto : Istimewa)

News

Hadapi Pemilu 2024, Puan Ajak Kader PDIP Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh Survei
Tak lagi PCR, test Antigen kini menjadi syarat yang berlaku bagi perjalanan udara. (Foto: ANTARA/Feny Selly)

News

Aturan Baru Perjalanan Udara Cukup Antigen, Ini Penjelasan Lengkapnya
Kapolda NTB, Irjen Pol. Djoko Poerwanto. (Foto: Taofiq Rauf/InfoPublik)

News

Hari Ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Cek Langsung Persiapan MotoGP Mandalika 2022
Foto: istimewa/infopublik

News

Ini Ketentuan Terbaru Perjalanan Transportasi Darat, Bebas Bepergian Jika Vaksinasi Lengkap
Banjir yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Jember, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (9/1) mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

News

Update! Korban Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang Jember Menjadi 3 Orang
Sekitar 1.056 orang warga Jawa Tengah mengikuti program Balik Gratis Pemprov Jateng, di Terminal Bulupitu Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (7/5/2022). Foto: Humas Jateng

News

Balik Gratis Pemprov Jateng, 21 Bus Angkut 1.056 Penumpang dari Banyumas
Mobil ambulans milik Pemerintah Desa Menoreh berwarna pink yang imut dan centil. (Foto: Humas Magelang)

News

Gimana Perasaanmu Lur, Kalau Mobil Ambulans Warnanya Pink