Home / News

Senin, 10 Januari 2022 - 16:28 WIB

Update! Korban Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang Jember Menjadi 3 Orang

Banjir yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Jember, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (9/1) mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

Banjir yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Jember, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (9/1) mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

NYATANYA.COM, Jember – Banjir bandang akibat hujan lebat yang terjadi di Jember pada Minggu (9/1/2022) pukul 15.00 WIB, mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang dengan ketinggian air kurang lebih satu meter.

Hal itu menyebabkan tiga orang meninggal dunia karena terseret arus Sungai Permisen, di Ds. Kemiri, Kec. Panti.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Jatim, Budi Santosa, dalam siaran persnya, Senin (10/1/2022) mengatakan, dua ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan satu korban atas nama Suliha (47) dalam pencarian sudah ditemukan di Pantai Timur, Puger Jember dengan kondisi meninggal dunia.

Lebih lanjut dikatakannya, sekitar 40 personel (BPBD dan Relawan) tersebar di berbagai lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan rumah dan fasum yang terdampak, dan saat ini kondisi genangan surut total.

Baca juga   Antisipasi Dampak La Nina, BNPB Tekankan Aspek Mitigasi dan Kesiapsiagaan Daerah

Sementara upaya yang dilakukan dari Agen Bencana Prov. Jatim dan TRC PB BPBD Kab. Jember berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. Agen Bencana Prov. Jatim, TRC PB BPBD Kab.

Jember, beserta perangkat desa setempat melakukan asesmen di lokasi kejadian. TRC PB BPBD Kab. Jember beserta perangkat desa setempat melakukan pembersihan material lumpur.

Sedangkan dari BPBD Jember memberikan bantuan logsitik kepada warga terdampak, mendirikan Dapur Umum Mandiri, bersama relawan dan masyarakat setempat melakukan pencarian korban.

“Kami mengimbau kepada masyarakat lebih waspada terhadap cuaca ekstrem, dan mengimbau dinas terkait untuk normalisasi sungai,” ujarnya.

Sebagai informasi, korban meninggal dunia 3 Jiwa: 1. Nama : Sirat (L/50) Alamat : RT12/RW 10, Dsn. Tenggiling, Ds. Kemiri, 2. Nama : Jamaluddin (L/54) Alamat : RT 02 / RW 08, Dsn. Glengseran, Ds. Suci, 3. Nama : Suliha (P/47) Alamat : RT 12 / RW 10, Dsn. Tenggiling, Ds. Kemiri.

Baca juga   Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Kepala BNPB Kunjungi Posko Pengungsi Banjir Kalteng

Laporan BPBD menyebutkan tujuh wilayah terdampak di tiga kecamatan yaitu Kelurahan Kaliwates, Sempusari dan Mangli di Kecamatan Kaliwates, Desa Rambipuji dan Ramigundam di Kecamatan Rambipuji serta Desa Kemiri dan Suci di Kecamatan Panti.

Korban terdampak banjir berjumlah 440 KK atau 1.668 jiwa. Catatan BPBD tidak ada pengungsian akibat peristiwa tersebut. Sedangkan data kerugian masih tetap, yaitu bangunan terdampak 440 unit rumah, tempat ibadah 3 unit dan tempat usaha 2 unit.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kepala Dinkes Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto. (Foto: MC Batang)

News

Musim Hujan Tiba, DBD Masih Jadi Ancaman di Batang
Ilustrasi:nyatanya.com

News

PPKM Minimalisir Paparan Covid-19 di Wilayah Industri di DIY
Ganjar Pranowo menjadi gubernur pertama yang berkunjung ke Pulau Parang. (Foto: Humas Jateng)

News

Senangnya Warga Parang Sambut Ganjar, Gubernur Pertama yang Berkunjung
Sekjen Kemensos, Harry Hikmat. (Foto: kemensos.go.id)

News

Kemensos Percepat Penyerapan APBN 17,50 Persen
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Ditegur Mendagri, Pemda DIY Realisasikan Insentif bagi Nakes
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Pertama Omicron Ditemukan di Indonesia, Ini Identitasnya
(MC Diskominfo Prov Jatim)

News

OJK Luncurkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021 – 2025
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar: Jateng Siap Sesuaikan Kebijakan Pemerintah Terkait Libur Nataru