Home / News

Minggu, 2 Oktober 2022 - 16:50 WIB

Update! Korban Meninggal Dunia Rusuh Suporter di Stadion Kanjuruhan Menjadi 174 Orang

Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA/ Ari Bowo Sucipto

Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA/ Ari Bowo Sucipto

NYATANYA.COM, Malang – Korban meninggal dunia akibat peristiwa kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang kini menjadi 174 jiwa per pukul 10.30 WIB.

Hal ini diungkap Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Budi Santosa, Minggu (2/10/2022).

“Sementara itu, korban yang mengalami luka berat ada 11 jiwa dan luka ringan yaitu 298 jiwa,” ujar Budi.

Budi mengatakan, data ini bersifat dinamis dan dapat berubah sesuai assesment Tim Dinkes Provinsi Jatim.

“Selain itu, ada delapan unit kendaraan polisi yang rusak berat akibat insiden itu. Dan fasilitas Stadion Kanjuruhan Malang rusak berat,” ucap dia.

Dia menjelaskan, ada delapan rumah sakit rujukan yang dipersiapkan untuk korban peristiwa tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan Malang.

Baca juga   Tracing Rendah Jadi Alasan Pemerintah Naikkan Status PPKM ke Level 3

“RSUD Kanjuruhan, RS Wafa Husada, RSB Hasta Husada, Klinik Teja Husada, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Gondang Legi, RSUD Mitra Delima, dan RSU Wajak Husada,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyesalkan terjadinya insiden dalam laga Derby Jatim antara Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Peristiwa ini harus menjadi pembelajaran dan pendewasaan kita bersama, seluruh insan olahraga dan pecinta sepakbola Indonesia agar menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan,” ungkap Khofifah .

Khofifah menyebut insiden Kanjuruhan, tidak hanya menjadi duka Jawa Timur, namun juga duka Indonesia dan duka dunia olah raga. Khofifah pun berharap kejadian ini tidak terulang di masa yang akan datang. “Jangan sampai kejadian ini terulang dikemudian hari,” tegasnya.

Baca juga   Angin Kencang Sapu Mojokerto, 3 Warga Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Saat ini, kata Khofifah, Pemprov Jawa Timur bersama Pemkab dan Pemkot Malang tengah fokus menangani korban baik wafat maupun yang membutuhkan pertolongan penanganan tindakan kesehatan.

Penanganan di RS Saiful Anwar akan ditanggung oleh Pemprov Jawa Timur. Sedangkan bagi korban yang meninggal dunia dan luka berat akan mendapatkan santunan dari Pemprov Jatim.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menyampaikan belasungkawa kepada seluruh keluarga korban dan keluarga. (*)

Share :

Baca Juga

PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan avtur ke Nusa Tenggara Barat (NTB) aman saat perhelatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit Pujut, Lombok Tengah, NTB, pada 18-20 Maret 2022. (Foto: ANTARA)

News

Pertamina Jamin Pasokan Avtur Aman Saat MotoGP Mandalika
Planetarium UIN Walisongo Semarang akan menjadi salah satu lokasi melihat hilal atau rukyatul hilal di wilayah Jawa Tengah, untuk menentukan 1 Ramadan 1443 H. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Planetarium UIN Walisongo, Salah Satu Lokasi Rukyatul Hilal Awal Ramadan di Jateng
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

90 Siswa SMP Terpapar Covid-19, Ganjar Minta Sekolah yang Belum Siap PTM untuk Jujur
Menko PMK Muhadjir Effendy saat kunjungannya ke Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Menko PMK Apresiasi Pemkot Yogya Tekan Kasus TB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut ribuan peserta mudik gratis menggunakan KM Ciremai yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (30/4/2022). Foto: Humas Jateng

News

Sambut Pemudik Pakai Kapal, Ganjar: Ini Cara Bagus untuk Mudik
Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq. (Foto: MC.TMG)

News

Omicron Meningkat, Pemkab Temanggung Siapkan Sejumlah Langkah Penanganan
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin penguat Covid-19 dalam Vaksinasi Booster Polsek Cilandak di Pasar Mede, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (26/2/2022). Kementerian Kesehatan mempercepat interval penyuntikan dosis penguat atau booster vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dari enam bulan menjadi minimal tiga bulan usai suntikan vaksin kedua. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom)

News

Waktu Dipersingkat, Vaksinasi Primer Ditarget Selesai Akhir Maret 2022
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 Harian Bertambah 2.576, Sembuh Bertambah 1.973 Orang