Home / Peristiwa

Senin, 1 Agustus 2022 - 09:56 WIB

Usai Pesta Miras, 4 Pemuda Dlingo Ini Curi Ribuan Bungkus Rokok

Para tersangka pencuri ribuan rokok di Dlingo digelandang petugas. Foto: @polresbantuldiy

Para tersangka pencuri ribuan rokok di Dlingo digelandang petugas. Foto: @polresbantuldiy

NYATANYA.COM, Bantul – Kepolisian Sektor (Polsek) Dlingo, Polres Bantul berhasil membekuk empat pemuda yang diduga telah melakukan aksi pencurian rokok di sebuah toko di Desa Terong, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Tak tanggung-tanggung, rokok yang dicuri senilai Rp20 juta. Aksi ini dilakukan mereka usai pesta minuman keras.

Kapolsek Dlingo AKP Basungkowo didampingi Plt. Kasi Humas Polres Bantul Ipda Rita Hidayanto, Sabtu (30/7/2022), dalam keterangan persnya menyebutkan, penangkapan ini berawal dari laporan pemilik toko pada Selasa (26/7/2022) terkait dengan hilangnya ribuan bungkus rokok pada Minggu (24/7/2022).

Baca juga   Mantan Wali Kota Yogya 'Diciduk' KPK, Dodok Ritual Cukur Gundul

“Awalnya pemilik toko berkeinginan mencari sendiri siapa pelaku pencurian di tokonya. Namun karena tidak membuahkan hasil, kemudian melaporkan ke kita,” jelas Basungkowo.

Menindaklanjuti laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya empat pelaku pencurian berhasil ditangkap di rumahnya masing-masing.

“Keempat pelaku diamankan di rumahnya hari Rabu (27/7/2022),” jelasnya.

Adapun keempat pelaku adalah SI (28), AD (23), RK (19), FZ (18). Basungkowo menyebut keempatnya merupakan warga Kapanewon Dlingo. Mereka diamankan beserta barang bukti rokok hasil curian satu slop.

“Pelaku pembobol toko dengan menjebol atap. SI dan AD bertindak sebagai eksekutor. Sedangkan RK dan FZ bertindak sebagai penjual barang curian kepada sales rokok keliling,” paparnya.

Baca juga   Pemprov Jateng Bangun 28 Rumah Tahan Gempa untuk Komunitas Pengrajin Gula di Cilacap

Dari laporan pemilik, akibat aksi empat pemuda itu korban mengalami kerugian hingga Rp20 juta karena ribuan rokok diambil dari tokonya. Saat diperiksa, keempat tersangka mengaku uang hasil penjualan masih tersisa Rp5 juta.

Kapolsek mengatakan aksi nekat yang baru pertama kali dilakukan karena pengaruh minuman keras yang dikonsumsi di luar Dlingo.

Keempatnya disangkakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat). Dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

(N1)

Share :

Baca Juga

Selain berkeliling ke sejumlah gereja di Kota Semarang, Ganjar menyempatkan bersilaturahmi ke kediaman Uskup Agung Semarang Romo Rubiyatmoko di kawasan Gereja Katedral Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Hangatnya Pertemuan Uskup Agung Semarang dan Ganjar Pranowo
Gebyar Sumpah Pemuda, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, pada Jumat (28/10/2022), digelar di kawasan pedestrian Jalan Malioboro. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Gebyar Sumpah Pemuda, Beri Ruang Kreasi dan Apresiasi Pemuda Kota Yogya
Peserta Studi Lapangan Kinerja Organisasi, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IV Provinsi Jambi studi banding ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Provinsi Jambi Belajar Kepemimpinan Administrator di Pemkot Yogya
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melihat langsung pelaksanaan vaksinasi bagi petani tembakau di Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Dukung Vaksinasi Petani Tembakau Temanggung
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

3 Mahasiswa UIN Surakarta Jadi Tersangka Pengeroyokan, Motifnya Dendam
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Desa Sudemangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Rabu (2/3/2022). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Tinjau Banjir Pamekasan, Gubernur Khofifah Kerahkan Semua Sumber Daya Pastikan Cepat Surut
Menkominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers G20 DIN di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, pada Sabtu (3/9/2022). Foto: Pey/Humas Kominfo

Peristiwa

400 Partisipan dari 42 Venture Capital dan 55 Startup Ramaikan DIN G20 di Bali
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat menyambangi dan berdialog dengan warga yang terdampak bencana APG Gunung Semeru, di Pos Pengungsian Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Masyarakat Berharap Pemerintah Relokasi Wilayah Hunian dari Daerah Rawan Bencana