Home / Panggung

Senin, 15 November 2021 - 16:45 WIB

Usung Tema “Tetep Ngejazz Lan Waspada”, Ini Agenda Lengkap Ngayogjazz 2021

Temu media Ngayogjazz 2021 di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin (15/11/2021). (Foto: Agoes Jumianto)

Temu media Ngayogjazz 2021 di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin (15/11/2021). (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Sleman – Dengan mengusung tagline “Tetep Ngejazz Lan Waspada”, gelaran Ngayogjazz 2021 di dusun Karang Tanjung, Desa Pandowoharjo, Ngaglik Sleman, 20 November 2021 menghadirkan sejumlah agenda kegiatan.

Selain menampilkan sejumlah kelompok musik yang dibagi dalam panggung khusus, Ngayogjazz 2021 juga menghadirkan Workshop Reriungan dan Lekasan Ngayogjazz.

Workshop Reriungan adalah rangkaian acara bagi beberapa komunitas jazz untuk berkumpul, berbagi pengetahuan, dan berkarya bersama Sri Hanuraga, peraih AMI Award untuk Artis Jazz Instrumentalia Terbaik 2016.

“Workshop ini diselenggarakan secara daring selama satu bulan sebelum pelaksanaan Ngayogjazz. Nantinya, hasil workshop selama satu bulan ini akan menghasilkan satu kolaborasi yang akan dipresentasikan di hari pelaksanaan Ngayogjazz 2021,” terang Bambang Paningron, satu board yang mewakili Ngayogjazz sekaligus memandu acara temu media yang digelar di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin (15/11/2021).

Selain itu ada pula acara Lekasan Ngayogjazz, yang bertujuan memberikan ruang bagi komunitas untuk tetap berkarya walaupun pandemi melanda. Lekasan juga menjadi ajang untuk tetap menjalin komunikasi dengan rekan-rekan komunitas di luar Yogyakarta, sekaligus semua yang pernah menjadi bagian dari kemeriahannya.

Baca juga   Pertama di Indonesia, SMSR Yogya Gelar Pameran Rupa Sastra

“Berkolaborasi bersama dengan komunitas Jazz Yogyakarta serta para pranata acara Ngayogjazz, Lekasan akan disiarkan langsung pada 16 dan 18 November 2021 melalui kanal YouTube Ngayogjazz,” imbuh Bambang.

Panggung pertunjukan Ngayogjazz 2021 “Tetep Ngejazz Lan Waspada” akan ditampilkan dalam 3 panggung utama bernama Panggung Bregas, Panggung Waras, dan Panggung Saras.

Di Panggung Bregas akan tampil Noto dan Swingayogya Big Band, Watujago Kwartet (TreJazzCom Trenggalek), Kua Etnika & Peni Candra Rini, Fjazzc-Saxunity (Fusion Jazz Community Surabaya), Nita Aartsen & Jogja Team (Mike Del Ferro, Alexander, Olaf Keus, Kuba Skowronski), YK Samarinda, dan Krakatau Ethno.

Sedangkan di Panggung Waras akan tampil, Cokekan, Satria Quartett (Komunitas Jazz Purwokerto), Seconda Volta, MLD Jazz Project, Java Five (Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang), Aditya Ong Quartet, Mario Zwinkle & Joyodarmos, The Aliansi Skajazz Ansamble, dan Belawan & Brayat Endah Laras.

Baca juga   Santuni Anak Yatim, Sehari Berbagi di HUT ke-3 Kiber

Sementara di Panggung Saras akan tampil Palembang Jazz Community, Devano Gabrielk (Balikpapan Jazz Lovers), Magelang Jazz Community, Blue Batik Replica New Generations (Pekalongan Jazz Society), 3&4 Mrs. Holdingsky (Komunitas Jazz Ponorogo “Jazztilan”), Jogja Blues Forum, Alfado Jacob Trio (Solo Jazz Society), Titisari Tahu Isi, Seterusunyi, Peemai (Perancis), Frau, dan Papua Oroginal.

Selama lima belas tahun berjalan, Ngayogjazz telah banyak berkembang bahkan melebihi harapan dari penggagasnya. Terutama jika menyinggung soal tontonan bagi semua kalangan dan menciptakan masyarakat pendukung produk seni, yang menjadi sebuah investasi kultural yang tak ternilai.

“Ngayogjazz selalu mengajak semua pihak untuk turut serta dalam jamming session, menjadi bagian dari gelaran jazz tahunan yang diadakan di desa. Dengan berbagai upaya ini harapannya Ngayogjazz dapat terus jamming dan bergembira ria bersama para sedulur jazz,” tutup Bambang Paningron.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Kelompok seni Saung Kinanthi Bawang dari Dusun Pongangan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, menerima bantuan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) bersama Dinas Sosial Provinsi Jateng dan Dinas Sosial Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Panggung

Kelompok Seni Magelang Terima Bantuan Kostum dan Alat Musik Tradisional
Malam peanugerahan pemenang lomba film pendek dan foto yang digelar di Pendapa Kabupaten Klaten, Selasa (27/10/2021) malam. (Foto:Diskominfo Klaten)

Panggung

“Agen Rahasia” Raih Juara Film Pendek Stop Cukai Rokok Ilegal 2021
Komunitas Jogja Beatles Community dalam event ulang tahunnya. (Foto: Dok.JBC)

Panggung

Serunya Panggung Ulang Tahun Komunitas Penggemar The Beatles Yogya
Gelar seni sastra macapat di Pendopo Ndalem Ngabean Jalan Ngadisuryan, Kraton, Yogyakarta, mewarnai HUT ke-264 Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Gelar Macapat Meriahkan HUT ke-265 Kota Yogya
Happy Asmara. (Foto:nyatanya.com/YouTube Fortuna Enterprise)

Panggung

Happy Asmara Populerkan Kembali ‘Mister Mendem’-nya Cak Diqin
Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival edisi 2019. (Foto: Tangkapan layar YouTube Evio Media)

Panggung

Wayang Jogja Night Carnival #6 Digelar 7 Oktober 2021
Heroe Poerwadi saat melihat salah satu karya yang dipamerkan di Festival Jogja Kota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Festival Jogja Kota, Usung Karakter Khas Kampung di Yogyakarta
Hanung Bramantyo. (Foto:nyatanya.com/Instagram @hanungbramantyo)

Panggung

Hanung Bramantyo Positif Covid-19