Home / Peristiwa

Selasa, 27 Juli 2021 - 11:50 WIB

Vaksinasi Bagi Pelaku UMKM dan Koperasi Digelar di JEC

Vaksinasi bagi pelaku UMKM yang digelar di JEC. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Vaksinasi bagi pelaku UMKM yang digelar di JEC. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dinas Koperasi dan UKM DIY berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY serta Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menggelar vaksinasi bagi pelaku UMKM, Koperasi dan ekosistemnya di DIY.

Vaksinasi yang rencananya digelar di lima titik lokasi ini, telah dimulai Minggu (25/7/2021) hingga Kamis (29/7/2021).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi kepada Humas Pemda DIY mengatakan, untuk pembukaan vaksinasi kali ini telah dilakukan di JEC oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji Minggu (25/7/2021).

JEC merupakan lokasi terpusat pertama pelaksanaan vaksinasi bagi para pelaku UMKM, Koperasi dan ekosistemnya di DIY.

“Target vaksinasi di JEC sendiri ialah 2.000 dosis perhari. Selanjutnya, mulai Senin (26/7/2021), kami juga membuka lokasi vaksinasi terpusat kedua di Pasar Gabusan, Bantul dengan target 1.000 dosis perhari. Sasaran selanjutnya, rencananya akan dibuka di Kulonprogo,” ungkap Siwi, sapaan akrab Srie Nurkyatsiwi.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 Mulai Blusukan Masuk Kampung

Siwi menjelaskan, lima titik lokasi vaksinasi yang direncanakan di awal program ialah masing-masing satu titik di kabupaten/kota. Namun memang pembukaan lokasi vaksinasi tersebut tergantung pada kesiapan lokasi, sarana prasarana, tenaga kesehatan, ketersediaan dosis vaksin, hingga akseptor vaksinasi. Saat ini, telah tersedia 10.000 dosis, dimana jumlahnya telah diupayakan terus ditambah.

“Sasaran vaksinasi kami untuk pelaku UMKM, Koperasi dan ekosistemnya di DIY ialah sekitar 35.000 orang. Ini sudah termasuk keluarga yang juga menjadi bagian dari ekosistem. Konsep program vaksinasi ini juga menyisir dan menyasar. Jadi kami fasilitasi, kami antar para tenaga kesehatan ke kabupaten untuk lebih dekat dengan sasaran vaksinasi,” paparnya.

Menurut Siwi, pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan guna mendukung program percepatan vaksinasi yang sedang dilakukan secara nasional. Program ini juga membuktikan perhatian Pemda DIY pada segi kesehatan para pelaku ekonomi.

Baca juga   Telan Anggaran Rp84 miliar, Masjid Raya Baiturrahman Semarang Direnovasi

“Ini juga sebagai upaya membangkitkan perekonomian DIY yang terpuruk, karena bagaimana pun kesehatan tetap yang utama,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Vaksinasi Kadin DIY, Tim Apriyanto mengatakan, Kadin DIY telah berkomitmen untuk mendukung percepatan vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah. Dukungan ini merupakan bagian dari dukungan Kadin DIY untuk percepatan pemulihan ekonomi. Kegiatan vaksinasi kali ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diselenggarakan Kadin DIY.

“Sebelumnya, kami juga telah menggelar vaksinasi bagi pelaku UMKM pada bulan Juni 2021 yang lalu. Untuk vaksinasi kali ini, target peserta maunya sebanyak 25.000 orang, tapi karena kendala ketersediaan vaksin, target direvisi menjadi 10.000 orang. Namun semoga masih bisa meningkat,” imbuhnya. (*)

Share :

Baca Juga

SMAN 1 Yogyakarta bersama Ikatan Dokter Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

SMA Teladan dan Ikatan Dokter Alumni Gelar Vaksinasi
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima kunjungan dari panitia penyelenggara Pesparawi Nasional 2022. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Siap Gelar Pesparawi Nasional 2022
Kudus Bermunajat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kudus Bermunajat, Bupati Ingatkan Semua Pihak Tak Kendor
Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4
Ganjar Pranowo, sembari gowes sambangi warga dan borong makanan. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gowes Pagi, Ganjar Borong Dagangan PKL dan Bagikan Makanan
Siswanto menunjukan tanan tembakau tumpang sari. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Antisipasi Gagal Panen, Tembakau Ditanam Tumpang Sari
Pasien Covid-19 dan melakukan isolasi GOR Gelarsena dilatih senam pernafasan. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pasien Isoman GOR Klaten Dilatih Senam Pernafasan
Paskibraka Tahun 2021 Kota Yogyakarta resmi dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Besok Pagi Siap Bertugas, Paskibraka Kota Yogya Dikukuhkan