Home / Peristiwa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:51 WIB

Vaksinasi Covid-19 Mulai Blusukan Masuk Kampung

Kegiatan vaksinasi di kampung untuk menyisir warga di lingkungan paling bawah yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Kegiatan vaksinasi di kampung untuk menyisir warga di lingkungan paling bawah yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya meningkatkan kapasitas vaksinasi Covid-19. Salah satunya melalui kegiatan vaksinasi yang mulai menyasar di lingkungan kampung di Kota Yogyakarta. Kegiatan vaksinasi di kampung untuk menyisir warga di lingkungan paling bawah yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19.

“Kami sedang memperbanyak untuk memperkuat kapasitas vaksinasi. Makanya kami masuk vaksinasi di kampung-kampung. Seperti di Kampung Pengok yang berjalan hari ini,” kata Wakil Walikota Yogyakarta saat peninjauan vaksinasi Covid-19 di Kampung Pengok Kelurahan Demangan, Jumat (20/8/2021).

Menurutnya vaksinasi Covid-19 di kampung-kampung untuk menyisir warga di RT/RW yang belum mendapatkan vaksin. Oleh sebab itu pihaknya meminta pengurus kampung menghubungi puskesmas setempat untuk kegiatan vaksinasi di tingkat kampung.

Baca juga   Zalfaa Azalia Pursita Terpilih Jadi Duta Bahasa Jateng

“Kami sisir sampai yang paling bawah warga di RT/RW yang ada di Kota Yogyakarta. Harapan kami Oktober nanti semua warga kota sudah divaksin,” tambahnya.

Heroe menyebut berdasarkan data sampai Kamis (19/8/2021) realisasi vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di Kota Yogyakarta mencapai sekitar 370.000 lebih. Pemkot Yogyakarta menargetkan kapasitas vaksinasi Covid-19 meningkat menjadi sekitar 6.500 dosis/hari.

Selain itu menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 secara rutin di beberapa tempat di antaranya di XT Square dan PDAM Tirtamarta serta sekolah- sekolah. Termasuk membuka layanan reguler di fasilitas layanan kesehatan 18 puskesmas, 3 rumah sakit dan 2 klinik.

Baca juga   Serbuan Vaksin Kodim 0705 Magelang Sasar Warga Lereng Merapi

“Sekarang ini vaksin yang banyak digunakan vaksin AstraZeneca. Sampai sekarang kami tidak pernah mendapatkan laporan adanya gejala yang muncul akibat suntikan vaksin AstraZeneca,” terang Heroe.

Dengan tidak adanya gejala akibat suntikan vaksin AstraZeneca itu masyarakat diimbau tidak perlu khawatir karena vaksin aman. Ditegaskan vaksinasi penting dengan tujuan membentuk kekebalan kelompok untuk mencegah penularan Covid-19.

“Saya kira masyarakat bisa membuktikan dengan bertanya kepada warga sudah mendapat suntikan vaksin AstraZeneca. Ternyata mereka tidak memperoleh gejala apapun,” ucapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengunjungi sejumlah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Warga Isoman, Bupati Karanganyar Bagikan Jamu
Danramil Tegalrejo menyambangi satpam SMUN 2 Yogya berikan motivasi dan semangat melalui Komsos. Foto:nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Melalui Komsos, Danramil Tegalrejo Berikan Motivasi Penjaga Sekolah
Sentra kerajinan gerabah di Bayat Klaten ikut tredampak pandemi Covid-19. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Omset Perajin Gerabah Bayat Turun Drastis Selama Pandemi
Ganjar Pranowo ngobrol dengan mahasiswa yang borong dagangan PKL di Tembalang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pergoki Mahasiswa yang Borong Dagangan PKL Tembalang
Warga binaan Rutan kelas IIB Boyolali saat diberikan vaksin jenis SinoVac oleh petugas medis. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Warga Binaan Rutan Boyolali Terima Vaksinasi
Warga terdampak PPKM di Purworejo mendapat bantuan uang tunai. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Purworejo)

Peristiwa

Sebanyak 965 KK di Purworejo Terima Bantuan Uang Tunai
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meninjau pelaksanaan vaksinasi sekaligus meluncurkan program 'Kota Jogja Merdeka Vaksin'. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Bangun Herd Immunity, Pemkot Yogya Luncurkan Gerakan ‘Jogja Merdeka Vaksin’
Penyerahan bantuan secara simbolis BAZNAS Kota Yogyakarta. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Yogya Beri Bantuan Anak Yatim Covid-19