Home / News

Minggu, 18 Juli 2021 - 08:45 WIB

Varian Delta Masuk Yogya, Puluhan Terpapar Termasuk Anak-anak

(nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

(nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Covid-19 varian Delta mulai ditemukan di DIY. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut virus Corona varian Delta sudah masuk di lebih dari 14 provinsi di Indonesia, termasuk DIY.

“Data dari Gisaid.org, ada 20 sampel bulan Juni dari Yogyakarta yang terkonfirmasi mengandung varian Delta,” kata Budi Gunadi Sadikin seusai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Bangsal Kepatihan, Sabtu (17/7/2021).

Gubernur DIY Sri SUltan Hamengku Buwono X membenarkan hal tersebut.

“Perlu kami sampaikan, bahwa hasil pemeriksaan WGS terdapat 25 spesimen, yang terdiri atas 15 orang dewasa dan 10 anak-anak, mengindikasikan bahwa 20 orang telah terpapar varian Delta, dengan rincian 11 kasus pada orang dewasa dan 9 kasus pada anak-anak,” ujar Sri Sultan.

Baca juga   Kunjungi Banjarnegara, Ini Pesan Ganjar pada Pejabat Pemkab

Laboratorium WGS Pokja Genetik FK-KMK UGM melaksanakan Whole Genome Sequencing (WGS) SARS-COV-2 menggunakan metode Amplicon-based dari specimen Covid-19. Pengambilan sampel specimen dilaksanakan pada bulan Juni, dan uji sampel dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli 2021.

Selanjutnya, hasil pengetesan dilaporkan oleh Dekan FK-KMK Universitas Gadjah Mada kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 10 Juli 2021.

Baca juga   Asyiiik! Pemkot Yogya Hapus Sanksi Denda Tunggakan PBB

Berdasarkan pemeriksaan tersebut, Pemda DIY menerima laporan dan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 14 Juli 2021.

Hasil pemeriksaan WGS terhadap 25 spesimen, yang terdiri atas 15 orang dewasa dan 10 anak-anak, mengindikasikan bahwa 20 orang telah terpapar varian Delta, dengan rincian 11 kasus pada orang dewasa dan 9 kasus pada anak-anak.

Masyarakat diharapkan lebih waspada dan berhati-hati terkait dengan adanya varian Delta di DIY. Selalu menjaga kesehatan diri. Termasuk melakukan upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh.(N1)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

99 Warga Mertoyudan Sembuh Covid-19
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Terus Melonjak, Kasus Positif Covid-19 di DIY Tambah 2.667 Orang
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Tunda Sekolah Tatap Muka, Positif Covid-19 Pada Anak di Yogya 2.051 Kasus
Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

News

Sri Sultan Pertimbangkan DIY Lockdown Total
Kedatangan Danrem Pamungkas disambut langsung Dandim Magelang. Foto : nyatanya.com/istimewa

Militer

Tinjau Lokasi Program Serbuan Teritorial, Danrem 072/Pamungkas Disambut Dandim Magelang
Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 di halaman Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo Serius Berantas Mafia Tanah
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini 780 Orang Positif Covid-19 di DIY Sembuh
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 165 Orang