Home / Peristiwa

Sabtu, 26 Februari 2022 - 23:31 WIB

Viral Video Pasien Ditolak RSAL Lantamal XI Merauke, TNI AL Minta Maaf

TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan melakukan penyelidikan terkait viralnya video dengan konten penolakan pasien oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Lantamal XI Merauke. (Foto: Dispenal)

TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan melakukan penyelidikan terkait viralnya video dengan konten penolakan pasien oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Lantamal XI Merauke. (Foto: Dispenal)

NYATANYA.COM, Merauke – TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan melakukan penyelidikan terkait viralnya video dengan konten penolakan pasien oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Lantamal XI Merauke.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Pangkalan Utama AL (Lantamal) XI, Letkol Laut (K) dr. D. Nursito melalui konferensi pers, Sabtu (26/2/2022), menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

Akibat hal tersebut menyebabkan kekecewaan pihak keluarga atas penanganan RSAL Lantamal XI yang akhirnya menimbulkan korban jiwa.

Kejadian bermula saat RSAL Lantamal XI Merauke kedatangan pasien seorang anak berumur 10 tahun, Adriana Mahuse. Menyadari kondisi Rumah Sakit TNI AL (RSAL) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke yang tidak memiliki dokter spesialis anak, maka petugas mengarahkan keluarga pasien untuk membawanya ke RSUD Merauke yang memiliki dokter anak dan fasilitas lebih lengkap sehingga pasien segera mendapat penanganan yang maksimal.

Namun keputusan ini berbuntut panjang yang menyebabkan keluarga pasien merasa tidak diterima di RSAL dan menjadikannya viral di media massa.

Baca juga   Menko Polhukam: Penerbitan Perppu Cipta Kerja Sah, Saya yang Tanggung Jawab

Nursito menjelaskan bahwa saat diperiksa di mobil, kondisi pasien dalam keadaan sadar dan stabil serta memungkinkan untuk di bawa ke RSUD Merauke untuk mendapat penanganan yang maksimal karena jarak hanya 100 meter dari RSAL. Namun ditengah perjalanan pasien yang 4 hari sebelumnya pernah ditangani RSUD Merauke karena Covid-19 tersebut meninggal dunia.

Sementara Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XI Merauke Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto, mewakili Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban terkait kejadian ini dan akan mengevaluasi dan melaksanakan pemeriksaan terkait kejadian ini.

”Saya menyelidiki dan menelusuri kejadian ini apakah ada kelalaian dari pihak RSAL Lantamal XI apabila ada saya akan proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menegaskan jika dalam penyelidikan nanti terbukti ada kelalaian dari petugas RSAL maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Baca juga   Latihan Peperangan, TNI AL Libatkan Kopaska dan Kapal Selam

Hal ini sudah menjadi komitmen dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bahwa tidak akan ada prajurit yang lolos dari hukum karena hal ini sudah menjadi komitmen dari Institusi TNI mulai dari Panglima TNI dan jajaran dibawahnya, prajurit yang salah akan diproses secara hukum.

“Kalau sudah terbukti melanggar, tidak ada seorang pun anggota TNI AL yang bersalah yang lolos dari jerat hukum. Masalah ini perlu ditindaklanjuti,” ujar Kadispenal.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan mediasi dan klasifikasi antara pihak keluarga korban dan pihak RSAL Lantamal XI dan diselesaikan secara kekeluargaan.

Pihak RSAL Lantamal XI berjanji akan memproses lebih lanjut apabila ada kesalahan dari petugas RSAL sesuai tuntutan pihak keluarga.

Korban meninggal dimakamkan di TPU Tanah Miring yang dihadiri Karumkit Lantamal XI, Letkol Laut (K) dr. D. Nursito, H. P, Danyon Marinir dan perwakilan anggota lantamal XI.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bantuan Kemensos untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/202). Foto: Dok.Kemensos

Peristiwa

Mensos Instruksikan Sentra-sentra di Wilayah Terdekat Bantu Korban Gempa Cianjur
Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Pasien Covid-19 Isoman di Desa Sabrang Rutin Dipantau Bidan Desa
Jawatan Sosial Kapanewon Depok bersama Pendamping PKH Kapanewon Depok menggelar Sosialisasi Kepesertaan dan Graduasi PKH di Gedung Pertemuan PKK, Selasa (12/10/2021). (Foto:MC Kab Sleman)

Peristiwa

14 Keluarga KPM PKH Kapanewon Depok Naik Level Sejahtera
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Mahasiswa Unpad Tewas Ditusuk Temannya Sendiri, Kurang dari 24 Jam Pelaku Dibekuk Polisi
Polisi masih melakukan olah TKP pembobolan mesin ATM di Indomaret Banyuraden, Gamping, Sleman. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Mesin ATM Indomaret Gamping Dibobol Maling, Belum Diketahui Uang yang Berhasil Digondol Pelaku
Ganjar dengan sabar mendampingi Suparman yang takut suntik vaksin. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ada Buruh Takut Suntik Vaksin, Ganjar Langsung Dampingi
Ilustrasi. Foto: BMKG

Peristiwa

Siang Hingga Dini Hari Sebagian Wilayah di DIY Diguyur Hujan dan Angin Kencang
Pesparawi Nasional bersama Dirjen Bimas Kristen, Direktur Urusan Agama Kristen Kemenag RI, Jannus Pangaribuan melakukan audiensi kepada Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X, Selasa (1/3/2022) di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Mundur Setahun karena Pandemi, Pesparawi XIII Akan Digelar Juni 2022