Home / Olga

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:16 WIB

Viral! Windy Cantika Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2020

Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kabar gembira datang dari pesta olahraga dunia Olimpiade 2020. Lifter muda Windy Cantika Aisah berhasil meraih medali pertama bagi Indonesia. Kabar ini pun langsung viral di media sosial, Sabtu (24/7/2021) petang.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI langsung mengunggah di Twitter resminya, “SELAMAT! Medali Pertama Indonesia diraih oleh lifter muda Windy Cantika Aisah yang berhasil memperoleh Medali Perunggu pada cabang olahraga Angkat Besi dengan total angkatan 194kg (Snatch 84kg, Clean and Jerk 110kg).”

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali langsung melakukan video call dengan atlet angkat besi Windy Cantika usai menyumbangkan medali pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Selain Windy, Menpora Amali juga video call pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja dan CdM kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABSI), Rosan Roeslani sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas pencapaian yang luar biasa tersebut.

Baca juga   Kepada Ganjar, Pelajar Papua Ini Ungkapkan “Aku Tresna Karo Kowe”

“Saya sudah video call dengan Pak Dirdja dan Pak Rosan (CDM/Ketum PABSI) dan Windy. Alhamdulillah (meraih medali perunggu),” kata Menpora Amali di Jakarta, Sabtu (24/7/2021) dikutip dari situs resmi Kemenpora RI.

Menpora mengapresiasi medali perdana Indonesia di Olimpiade Tokyo tersebut. Dia berharap atlet-atlet lain dari berbagai cabang olahraga bisa meraih prestasi sehingga bisa memperbaiki peringkat di olimpiade. Pada Olimpiade Rio De Janeiro tahun 2016 lalu, Indonesia berada di peringkat 40.

“Kepada Windy, pelatih, CdM dan ofisial saya ucapkan terimakasih atas pencapaian yang membanggakan Indonesia. Ini hasil dari kerja keras selama ini,” jelasnya.

Untuk diketahui, Windy meraih medali perunggu yang turun di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi saat bertanding di Tokyo International Forum. Windy Cantika berhasil mengumpulkan poin dengan total angkatan 194 kg. Ini menjadi medali pertama untuk Windy Cantika pada ajang Olimpiade.

Baca juga   Nyaris Tersingkir, Rio Waida Lolos Babak 16 Besar

Windy memang sudah bersaing masuk tiga besar sejak angkatan snatch. Mendapat tiga kesempatan, ia memiliki angkatan terbaik 84 kg dan menempati posisi keempat.

Pada angkatan Clean and Jerk, Windy Cantika memanfaatkan kegagalan yang didapatkan wakil Amerika Serikat sehingga ia menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu.

Sementara itu medali emas didapat oleh atlet China, Hou Zhihui yang juga membukukan rekor Olimpiade. Adapun perak disabet wakil India, Chanu Mirabai.

Tercatat Hou Zhihui membukukan tiga rekor sekaligus saat meraih medali emas nomor 49 kg putri. Angkatannnya merupakan rekor baru di snatch, clean and jerk plus total angkatan. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Temanggung HM Al Khadziq membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Olga

Musorkab KONI, Bupati Bangga Temanggung Punya Atlet Berprestasi
Perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani kian memantangkan persiapan jelang penampilan perdana di Olimpiade 2020 Tokyo. Keduanya ditargetkan mempertajam rekor nasional atas namanya masing saat tampil di Tokyo Aquatics Center. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Ditarget Pertajam Rekornas di Olimpiade Tokyo 2020, Perenang Fadlan dan Azzahra Matangkan Persiapan
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purn) Marciano Norman. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Ketum KONI Pusat Pastikan PON Papua XX Sesuai Jadwal
Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi dan pujian atas torehan prestasi yang ditorehkan atlet kotingen Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok/BPMI/kemenpora.go.id)

Olga

Jokowi Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Atlet Difabel di Paralimpiade 2020
Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke perempat final cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. (Foto:nyatanya.com/noc indonesia)

Olga

Greysia/Apriyani Melaju ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020
Penampilan Rio Waida di Tsurigasaki Surfing Beach Senin (26/7/21). Rio terhenti pada ronde ketiga. (Foto:nyatanya.com/noc indonesia)

Olga

Gagal di Olimpiade Tokyo, Rio Waida Incar Medali Olimpiade 2024
David Jacobs sukses mempersembahkan medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok npcindonesia/kemenpora)

Olga

Giliran David Jacobs Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia
Hasil kurang memuaskan harus dialami tim panahan beregu putra Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Tersingkir di Beregu, Tim Panahan Indonesia Fokus ke Perorangan