Home / Peristiwa

Kamis, 16 Desember 2021 - 09:19 WIB

Wagub DIY Dukung Riset FK-KMK UGM Deteksi Covid Lewat Limbah

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi tim peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang meneliti deteksi penyebaran Covid-19 melalui air limbah. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi tim peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang meneliti deteksi penyebaran Covid-19 melalui air limbah. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi tim peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang meneliti deteksi penyebaran Covid-19 melalui air limbah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pusat Kajian Penelitian Kesehatan Anak-PRO FK-KMK UGM Dr. dr. Ida Safitri L, SpA(K) sesuai audiensi dengan Sri Paduka, Selasa (14/12/2021).

Dalam audiensi yang dilakukan di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, itu, dr. Ida menerangkan bahwa Sri Paduka mengatakan terobosan baru yang dilakukan ini adalah alternatif yang dapat dilakukan dalam konteks surveillance atau pelacakan dini akan sebaran virus Covid-19.

“Kami laporkan progres penelitian yang kami lakukan sejak Juli 2021, ini kerja sama berbagai pihak, tidak hanya Indonesia namun juga negara lain. Penelitian tentang limbah ini mendeteksi keberadaan virus Sars-Cov2 dari limbah. Bisa jadi alternatif ketika banyak orang terpaparan Covid-19 namun biasanya tidak memiliki gejala (Orang Tanpa Gejala),” tukasnya.

Ia menambahkan, limbah ini dapat dikatakan sebagai alternatif mengingat proses tracing seringkali mengalami kendala di lapangan.

“Tidak mudah ya untuk tracing, yang tidak bergejala kan juga kadang tidak bersedia di-Swab. Kita ambil sistem buangan limbah ini hasilnya bisa kita jelaskan mana saja yang terdeteksi virusnya dan dihubungkan dengan kasus transmisi yang ada di wilayah sekitar situ,” imbuh Ida.

Baca juga   Palsukan Kosmetik Merek KLT, Warga Surabaya Ini Raup Untung Miliaran Rupiah

Sementara itu, Peneliti Utama Surveillance Covid-19 air limbah dan lingkungan, dr. Indah Kartika Murni, M.Kes., Ph.D, mengatakan sampling penelitian dilakukan di 3 wilayah di DIY.

“Ini kita lakukan di 3 wilayah yakni di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul dengan masing-masing 10 kecamatan. Sample-nya dari manhole, sungai, lingkungan sekitar, tempat berkerumun seperti pasar, rusunawa, masjid, dan sebagainya,” tambahnya.

Adapun sampelnya diserahkan kepada laboratorium mikrobiologi untuk diperiksa dimana prosesnya akan memakan waktu sekitar 2 hari kerja.

Indah mengatakan hal ini juga dilakukan ketika penularan Covid-19 sedang tinggi seperti bulan Juli 2021 lalu.

“Waktu itu, dengan metode ini dimana tingkat penularan mencapai 80%, yang digambarkan melalui deteksi air limbah juga hasilnya sama yaitu 80% positif. Bagusnya kalau lewat limbah itu, hasilnya bisa diketahui lebih awal dibandingkan dari hasil PCR,” ujarnya.

Untuk skema deteksi melalui limbah ini sendiri akan dilakukan ketika terjadi peningkatan sebaran virus Covid-19 di masyarakat.

Baca juga   Aduan Korban PHK PT Woneel, Komisi D DPRD Gunungkidul Gelar Rakor Bareng Disnaker

“Ketika ada peningkatan, maka kita lakukan deteksi. Misalnya kalau terdapat hasil positif dari limbah, di sekitar situ berarti Covid-nya masih ada. Misalnya di komunitas sudah negatif, seperti saat ini Jogja sudah menurun, tapi hasilnya malah menunjukkan masih tinggi, bisa jadi masih ada kecenderungan tinggi. Sehingga ini bisa menjadi rujukan/early warning system agar ada intervensi pengambil kebijakan supaya virusnya tidak semakin menyebar,” tukas dr. Indah.

Hal tersebut juga diamini oleh oleh dr. Ida Safitri meskipun progres penelitian telah mencapai 85%, hasil sementara telah dapat menunjukkan sisi positif.

“Harapannya kami bisa menunjukkan manfaat penelitian ini, sehingga stakeholder selanjutnya bisa menggunakan untuk kepentingan lebih lanjut. Tapi kita juga belum mengetahui biayanya lebih rendah atau tidak jika dibanding PCR. Namun bisa jadi alternatif yang lebih efektif daripada cek satu persatu dengan PCR. Apalagi ini kan mewakili beberapa rumah tangga sekaligus,” tutupnya.

Pada pertemuan tersebut hadir Peneliti Utama Surveillance Covid-19 air limbah dan lingkungan dr. Vicka Oktaria, MPH., PhD., dan Pakar Virus (virologist) Prof. dr. Titik Nuryastuti, M.Si., Ph.D.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi hadiri tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 tahun 2022 yang digelar Kemenag Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Hadiri Hari Amal Bakti ke-76, Wawali Dorong Kerukunan Umat Beragama Terus Ditingkatkan
Satlantas Polres Blora Polda Jawa Tengah dibantu oleh Petugas Gabungan Fungsi Polres Blora menggelar razia knalpot brong, Sabtu (15/1/2022). (MC Kab. Blora/ Teguh)

Peristiwa

Polres Blora Gencar Razia Knalpot Brong, 144 Motor Disita
Pemberangkatan tangki air bersih dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol. Arm. Ronald Siwabessy bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Masruri di halaman kantor BPBD setempat. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Meski Musim Kemarau Basah, Beberapa Wilayah Ini Sudah Alami Kekeringan
Bus Trans Jateng melintas di Halte Kembanglimus Borobudur Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Layanan, Rute Trans Jateng Kini Dilengkapi Halte
Bencana hidrometeorologi yaitu banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat menerjang enam desa di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (7/10/2022) pukul 04.00 WIB. Foto: BPBD Kabupaten Trenggalek

Peristiwa

Bencana Hidrometeorologi Basah Terjang 6 Desa di Trenggalek, Begini Penjelasan BNPB
Wagub DIY membuka agenda Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat DIY Semester II Tahun 2021 yang diselenggarakan di Aula Parijoto, Kantor Samsat Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Minta Temuan Keuangan Dapat Diantisipasi Sejak Dini
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X usai menerima Mantan General Manager PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang saat ini menjabat sebagai Project Manager PT Pertamina Jakarta, Eko Suwarno dan tim, Senin (24/1/2022) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sri Sultan Minta Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM untuk Yogyakarta
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, saat memimpin upacara Hari Bela Negara (HBN) ke-73 Tahun 2021 di Pelataran Monumen Tugu Api Dr. (H.C.) Ir. Soekarno di Kemhan, Jakarta, Minggu (19/12/2021).(Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

Peristiwa

Presiden Ajak Seluruh Komponen Bangsa untuk Bela Negara