Home / Peristiwa

Jumat, 28 Januari 2022 - 18:07 WIB

Wagub DIY KGPAA Alam X Ajak BI Bersinergi untuk Pastikan IPM DIY Tinggi

Sri Paduka berfoto bersama usai menerima Kepala Perwakilan BI DIY yang baru yaitu Budiharto Setiawan, Jumat (28/1/2022) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Paduka berfoto bersama usai menerima Kepala Perwakilan BI DIY yang baru yaitu Budiharto Setiawan, Jumat (28/1/2022) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Tahun 2021, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) DIY mencapai 80,22 dan menjadi yang tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, Wagub DIY KGPAA Alam X mengajak Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Budiharto Setiawan untuk bekerjasama menjaga IPM DIY agar tetap tinggi.

Sri Paduka mengungkapan, nilai IPM dipengaruhi oleh 3 komponen, yaitu tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan standar hidup yang layak. Tentunya, inflasi menjadi hal yang sangat berperan dalam mempengaruhi nilai IPM ini.

Menurut Sri Paduka saat menerima Kepala Perwakilan BI DIY yang baru yaitu Budiharto Setiawan, Jumat (28/1/2022) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, DIY tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan BI.

Sinergitas ini harus terwujud agar mampu menjamin kesejahteraan masyarakat DIY baik dari sisi ekonomi, pendidikan maupun hal lain yang krusial.

“Selama ini kita di TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) juga saling membantu dengan BI. Inflasi memang permasalahan yang tidak mudah tapi bukan berarti kita tidak bisa mengatasinya. Mikro maupun yang besar-besar tetap akan bisa kita tangani bersama dengan BI. Kami tidak bisa sendirian, harus kolaborasi jadi saya mohon nanti kita saling dukung saling bantu,” ungkap Sri Paduka.

Baca juga   GP Ansor Gamping Galang Dana untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Pada pertemuan yang bertujuan untuk perkenalan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY yang baru serta pamit Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Miyono, ini, Sri Paduka menekankan agar di bawah kepemimpinan Budiharto, mampu mendukung DIY untuk menurunkan kemiskinan. Bukan hanya menurunkan angka statistik semata, namun juga secara riil mampu meningkatkan kesejahteraan.

“Jogja ini anomali, data BPS menunjukan angka kemiskinan yang tinggi. Padahal mereka memiliki aset tidak main-main banyaknya tetapi tidak bankable. Misalnya mereka punya tabungan berupa ternak, pohon jati, dan lainnya. Nah inilah yang harus kita kaji kembali. Soal kriteria miskin ini,” kata Sri Paduka.

Lebih lanjut Sri Paduka berpesan agar Budiharto tidak sungkan untuk berkoordinasi dengan Pemda DIY. Dirinya mempersilahkan untuk Budiharto berhubungan langsung dengan dirinya ataupun Biro Perekonomian Setda DIY untuk memastikan seluruh program TPID berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Selain hal tersebut, Sri Paduka juga menyampaikan terimakasih kepada Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Miyono, yang telah juga berperan penting terhadap perekonomian DIY.

“Terimakasih banyak kepada Pak Miyono yang sudah mengabdikan diri di DIY, mohon maaf apabila ada yang kurang dari kami. Semoga kembali ke Jakarta nanti bisa semakin sukses,” ungkapnya.

Baca juga   Danrem Terima Penyerahan Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan Kasiren Korem 072/Pmk dan Sertijab Dandim 0709/Kebumen

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Budiharto Setiawan mengatakan, sangat siap dengan ajakan kerjasama Sri Paduka untuk berjuang bersama mewujudkan DIY sejahtera.

Dirinya mengaku tertantang dengan kondisi di DIY yang serba anomali. Keunikan di DIY Ia yakini akan mampu menjadikan daerah ini semakin istimewa dalam arti yang positif.

Budiharto yang mengenyam Pendidikan Strata 1 dan Strata 2 di UGM ini mengatakan cukup familiar dengan kondisi DIY. Berbekal pengalaman sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten dan Lampung, Budiharto mengaku sangat siap mengaplikasikan ilmunya untuk DIY.

“DIY ini istimewa bagi saya, seperti napak tilas. Tentu saya sangat menantikan bisa bekerjasama dengan Pemda DIY untuk memajukan DIY, terutama terkait dengan penanganan ekonomi masyarakat, dan menjaga IPM tetap tinggi,” tutur lelaki asal Kota Malang yang datang bersama dengan Plt Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Miyono ini. Seperti diketahui, Miyono menjadi Plt Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY pasca ditinggal oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY sebelumnya, Hilman Tisnawan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 17 orang yang berstatus pelajar ditangkap setelah video konvoi bawa celurit viral. Dua diantara mereka ditetapkan sebagai tersangka. (Foto: Ist)

Peristiwa

Viral Konvoi Sok Jagoan Acungkan Celurit di Bantul, 17 Pelajar Ditangkap
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani kembali menyerahkan bantuan untuk warga kurang mampu. Penyerahan bantuan yang bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tersebut dilakukan di Lobi Kantor Bupati, Jumat (8/4/2022). Foto: Humas Kab.Skh

Peristiwa

Bupati Sukoharjo Serahkan Bantuan Baznas untuk Warga Kurang Mampu
Dalam lima hari terakhir atau Senin (10/1/2022) sampai dengan Jumat (14/1/2022) Polres Temanggung telah melakukan penilangan pada 85 kendaraan yang kesemuanya melanggar penggunaan knalpot tidak sesuai standar atau knalpot brong. (Foto: MC Tmg)

Peristiwa

Polres Temanggung Tilang 85 Sepeda Motor yang Gunakan Knalpot Brong
Ganjar Pranowo saat mengunjungi salah satu rumah guru honorer yang kurang mampu. Rumah-rumah guru honorer yang tidak layak itu, mendapat bantuan program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dari Pemprov Jateng. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ibunda Guru Honorer Ini Tak Kuasa Tahan Tangis, Rumahnya Direhab Ganjar
Ramuan herbal Banyu Urip menjadi terobosan baru sembuhkan buta warna. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Gemparkan Dunia Pengobatan, Klinik Banyu Urip Sembuhkan Buta Warna dan Bantu Penderitanya Genggam Dunia
Terdakwa menjalani persidangan terkait dakwaan pasal 167 ayat 1. (Foto: Istimwa)

Peristiwa

Didakwa Pasal 167 Ayat 1, Terdakwa Tak Tinggalkan Rumah Sebelum Dapat Kompensasi
Bupati Kulon Progo Sutedjo menerima audiensi dari Pasukan Amal Sholeh (PASKES) Yogyakarta. (Foto:MC Kab Kulon Progo)

Peristiwa

Bupati Dukung Gerakan Infak Beras di Kulon Progo
Warga keturunan Tionghoa di Blora melaksanakan sembayang dan doa bersama di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Selasa (15/2/2022) malam. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Sembahyang Cap Go Meh, Mohon kepada Tuhan Supaya Covid-19 Segera Berakhir