Home / News

Jumat, 31 Mei 2024 - 09:46 WIB

Wakil Bupati Sleman Kukuhkan 50 Kader Bela Negara Kalurahan Girikerto Turi, Ini Harapan Danang Maharsa

Danang Maharsa mengukuhkan Kader Bela Negara Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman. (MC Sleman)

Danang Maharsa mengukuhkan Kader Bela Negara Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman. (MC Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengukuhkan Kader Bela Negara Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, pada Selasa (29/5/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman ini diadakan di kantor Kalurahan Girikerto.

Kegiatan ini mengangkat tema “Sadar Akan Bela Negara untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa Pasca Pemilu 2024”.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya menumbuhkembangkan kesadaran bela negara bagi Aparatur Sipil Negara, Pamong Kalurahan, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Generasi Muda.

Dalam sambutannya, Danang mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh kader yang telah dikukuhkan tersebut.

Dikatakan pula bahwa Kader Bela Negara memiliki tugas yang cukup berat sekaligus mulia, yakni memberikan contoh dan mengajak seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan sikap bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga   Ketua DPRD Sleman, Haris Sugiharta Siap Maju sebagai Calon Wakil Bupati Sleman dari PDIP

“Bela negara saat ini tidak harus dengan angkat senjata seperti dulu. Realisasi nilai-nilai Bela Negara dapat kita lakukan dari hal-hal yang sederhana, dimulai dari diri sendiri dan dari lingkungan terdekat kita,” ucapnya.

Lebih lanjut Danang menjelaskan bahwa bela negara merupakan upaya mewujudkan rasa cinta tanah air dengan terus menumbuhkan wawasan kebangsaan terutama melalui edukasi kewarganegaraan.

Dengan upaya tersebut diharapkan masyarakat memiliki sikap dan perilaku bela negara yang dilandasi rasa kebangsaan, cinta tanah air dan semangat untuk rela berkorban.

Baca juga   Semangat Ngayogjazz yang Diwariskan Djaduk Ferianto Harus Terus Dihidupi

“Saya harap kader bela negara juga dapat mendukung pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” ucapnya.

Sekretaris Badan Kesbangpol Sleman, Budi Santosa, menyebutkan kader yang dikukuhkan sebanyak 50 orang, terdiri dari perwakilan Pamong Kalurahan, Satuan Perlindungan Masyarakat dan generasi muda se-Kalurahan Girikerto. Kegiatan ini didahului dengan Pelatihan Dasar yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 27 sampai 29 Mei 2024.

Kegiatan ini turut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kodim 0732/Sleman, Polresta Sleman, Bagian Hukum Setda Sleman, Bagian Pemerintahan Setda Sleman, Panewu Turi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran “, Pusat Studi Pancasila UGM, KPUD Sleman. (N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi, Kementerian PUPR melakulan penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) - Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk menyambut ajang MotoGP 2022. (Foto: DokKementerian PUPR)

News

Estetika di Bypass BIL – Mandalika Jadi Contoh bagi Jalan Nasional
Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Setelah Sempat Kosong, Kini Vaksin Booster Sudah Tersedia di Fasyankes Terdekat
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengumumkan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DIY 2022. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

UMP DIY 2022 Naik 4,30%, Pengusaha Dilarang Lakukan Penangguhan Pembayaran
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

‘Gedor Lakon’, Gerakan Donor Plasma Konvalesen di Jawa Tengah
Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. (Foto: Kemenhub)

News

Pemerintah Siapkan Skema Baru Ubah Prioritas Penanganan ODOL

News

Dukung PON XX Papua, Menkominfo Ajak Operator Seluler Optimalkan Broadband
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memastikan data DJP termasuk data wajib pajak yang disimpan oleh DJP, dalam kondisi aman dan dapat diakses sebagaimana biasanya. (Foto: ANTARA)

News

Data Wajib Pajak Dipastikan Aman, Ini Saran Direktorat Jenderal Pajak
Kondisi rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang di Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat (11/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Gunungkidul)

News

Angin Kencang Terjang Gunungkidul, Satu Warga Luka Ringan