Home / News

Selasa, 13 September 2022 - 08:54 WIB

Wakili Istana Negara, Kasetpres Temui Massa Pengunjuk Rasa Kenaikan BBM

Kasetpres Heru Budi Hartono menemui secara langsung massa buruh dari KSPSI yang melakukan unjuk rasa terkait kenaikan harga BBM, di kawasan Tugu Arjuna Widjaja (Patung Kuda), Jakarta, Senin (12/9/2022). Foto: BPMI Setpres/Rusman

Kasetpres Heru Budi Hartono menemui secara langsung massa buruh dari KSPSI yang melakukan unjuk rasa terkait kenaikan harga BBM, di kawasan Tugu Arjuna Widjaja (Patung Kuda), Jakarta, Senin (12/9/2022). Foto: BPMI Setpres/Rusman

NYATANYA.COM, Jakarta -Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menemui secara langsung massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang melakukan unjuk rasa terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di kawasan Tugu Arjuna Widjaja (Patung Kuda), Jakarta, Senin (12/9/2022).

Kasetpres mengatakan, setelah mendengar sejumlah poin yang diutarakan oleh elemen yang melakukan pengunjukkan rasa telah didengar oleh pemerintah. Dengan begitu, pihaknya akan segera menindaklajuti.

“Tadi kita sudah mendengarkan poin-poin itu. Tentunya saya selaku jajaran staf Bapak Presiden akan kami tindak lanjuti,” ujar Kasetpres yang dikutip melalui laman setkab.go.id.

Lebih jauh, Kasetpres mengatakan bahwa pihaknya akan turut mengundang instansi terkait untuk membahas sejumlah poin yang menjadi tuntutan para buruh.

Poin-poin itu antara lain terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan terkait Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca juga   Puspomad Terbitkan SP2 Lidik Jenderal Dudung AR, karena Ini Alasannya

“Insyaallah besok kami akan mengundang instansi terkait, termasuk tadi ada PP 36, melindungi imigran, dan ada beberapa poin yang harus dibahas terkait dengan Undang-Undang Cipta Kerja dan itu semuanya nanti akan kami bahas. Hasilnya nanti kami akan sampaikan dan tentunya Kementerian Tenaga Kerja wajib mengundang, mendengarkan kembali apa yang tadi kita bahas. Sekali lagi terima kasih KSPSI yang telah memberikan aspirasi bagi semua buruh di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, Kasetpres menerima perwakilan KSPSI yang menyampaikan sejumlah tuntutan. Dalam keterangannya selepas pertemuan tersebut, Sekjen KSPSI Hermanto Ahmad menyampaikan bahwa kenaikan BBM akan berdampak pada kenaikan harga bahan-bahan pokok dan komoditas lainnya, sementara upah pekerja tidak naik.

Baca juga   Jalan Rusak? Laporkan Aja Pakai Aplikasi Jalan Cantik, Ditangani Kurang dari 24 Jam

“Selama dua tahun ini enggak naik upah minimum. Oleh karena itulah tadi kami sampaikan ke Pak Heru usulan kami bahwa formula dari PP 36/2021 itu perlu diubah sehingga mempertimbangkan kebutuhan hidup layak bagi pekerja sehari-hari,” ujar Hermanto Ahmad.

Selain itu, KSPSI juga mendorong agar Dewan Pengupahan difungsikan kembali untuk merumuskan penetapan upah dengan mempertimbangkan dua hal, yaitu inflasi dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) maupun PDB nasional.

“Kenapa? Karena PDRB masing-masing daerah memiliki tingkat kemampuan ekonomi daerah masing-masing dan juga tingkat daya beli masing-masing. Atas dasar itu, sekurang-kurangnya inflasi plus PDB atau PDRB itu formula untuk kenaikan upah tahun ini. Itu harapannya saya kira,” ungkap Wakil Presiden KSPSI Abdullah.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kepala Badan Litbang dan Diklat, Suyitno saat menjadi keynote speech pada Launching Master Trainer dan Pelatihan Deteksi Dini yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Foto: Biro Humas Kemenag

News

Kemenag Siapkan Religiosity Index dan Data Deteksi Dini Potensi Konflik
H. Mochtar Thayf merupakan buronan dalam perkara pengadaan mesin genset untuk kelistrikan pada Kabupaten Nabire, Papua periode 2007-2008. (Foto: dok. Puspenkum)

News

Kejagung Tangkap Buronan Kasus Korupsi Genset, Mochtar Thayf
Ilustrasi, KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos. Foto: Istimewa

News

Pemerintah Komitmen Jaga Netralitas ASN Saat Pemilu dan Pilkada
Seorang penyelam berpakaian Santa Claus memberi makan penyu di Sea World, Ancol, Jakarta. Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan/nym.

News

Foto: Perunjukan Santa Claus di Dalam Air
Foto: KBRI Ankara

News

Perwakilan RI Sudah Tangani Kasus Penipuan 29 WNI di Turki
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud), menerbitkan aturan terbaru tentang syarat penerbangan yang berlaku mulai 28 Oktober 2021. (Foto: Angkasa Pura II)

News

Berlaku Mulai 28 Oktober 2021, Ini Aturan Baru Penerbangan Dalam Negeri Saat Pandemi
Ilustrasi: Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada seorang anak saat acara Wisata Vaksin Covid-19 untuk siswa TK dan SD di kawasan Sumber Wangi Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022). ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww

News

Kemenkes Bantah Keterkaitan Vaksinasi Covid-19 dengan Hepatitis Akut pada Anak
Sekjen Partai Berkarya Fauzan Rachmansyah. (Foto: Zainuri Arifin)

News

Tak Lolos Pemilu 2024, Sekjen Berkarya Tegaskan Tetap Berkontribusi Terbaik Bagi Rakyat