Home / Peristiwa

Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:03 WIB

Walikota Lantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka mendukung pelestarian dan pengembangan budaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta membentuk Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Pengukuhan Dewan Kebudayaan Kota Yogya periode 2021-2023 tersebut dilakukan Walikota Yogya, Haryadi Suyuti. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua.

Usai melakukan pengukuhan, Walikota mengatakan pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Yogya telah ditetapkan melalui Keputusan Walikota Yogya Nomor 364 Tahun 2021 tentang Pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Ia mengungkapkan bahwa Pemkot Yogya sangat berkomitmen dalam menangani pelestarian dan pengembangan budaya.

“Mengapa? Karena kebudayaan adalah salah satu aset berharga yang dimiliki Kota Yogya. Kekayaan budaya inilah yang kiranya wajib kita jaga, bukan hanya sekedar untuk klangenan, melainkan sebagai identitas yang merepresentasikan Ke-Yogyakarta-an,” jelasnya di Grand Ina Malioboro, Selasa (19/10/2021).

Baca juga   Jateng Segera Miliki “Factory Sharing” Furnitur

Menurutnya ke-Yogyakarta-an tersebut menjadi sangat rentan tatkala harus berhadapan dengan perubahan zaman yang begitu cepat.

“Suka atau tidak suka, arus perkembangan teknologi dan informasi telah jauh mempengaruhi sendi-sendi kehidupan kita,” katanya.

Walikota mengungkapkan, Dewan Kebudayaan Kota Yogya akan menjadi mitra Pemkot Yogya dalam merumuskan kebijakan di bidang kebudayaan.

Selain memberikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah berkenaan dengan kebijakan dan permasalahan di bidang kebudayaan, lanjutnya, Dewan Kebudayaan Kota Yogya juga akan menjalankan ketugasan lainnya, yakni tugas kuratorial terhadap kelompok dan obyek kebudayaan yang akan menerima fasilitasi dari pemerintah.

Baca juga   Dinas Kebudayaan Kota Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelaku Seni

“Dewan Kebudayaan Kota Yogya juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang obyektif terutama dalam hal upaya pelestarian budaya yang khas Yogyakarta serta bagaimana pengembangannya dengan terus menjaga kearifan lokal,” bebernya.

Walikota berharap dengan dikukuhkannya Dewan Kebudayaan Kota Yogya dapat mendorong terwujudnya inovasi-inovasi kebijakan di bidang kebudayaan, khususnya dalam pelestarian dan pengembangan sektor kebudayaan di Kota Yogyakarta. (*)

Share :

Baca Juga

Luhut Binsar Pandjaitan, bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin saat kunjungan di Surakarta. (Foto: Diskominfo Surakarta)

Peristiwa

Blusukan ke Solo, Menteri Luhut Cek Vaksinasi di Lapangan
Wulan Purnama Sari dari PT Ndayu Alam Asri menyerahkan bantuan beras kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sragen, Yuniarti. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

PT Ndayu Alam Asri Serahkan Bantuan Beras untuk Masyarakat Sragen Terdampak Pandemi
Rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum. (Foto: MC Kab Semarang)

Peristiwa

Rumah Peninggalan Jenderal Gatot Subroto Kini Disulap Jadi Museum
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat kunjungan kerja di Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Kunjungi Klaten, Panglima TNI dan Kapolri Minta 3T Diperketat
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan sosial kepada tokoh masyarakat dan warga Kricak. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Wawali Yogyakarta Serahkan Bansos untuk Warga Kricak
Pemerintah Kapanewon Gamping menyelenggarakan pertemuan bersama segenap komunitas relawan di Kantor Panewu Gamping, Rabu 6 Oktober 2021. (Foto:MC Kab Sleman)

Peristiwa

Antisipasi Bencana, Kapanewon Gamping Siapkan Kepengurusan FPRB
Harga hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2021 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Permintaan Hewan Kurban di Pekalongan Menurun
Warga setempat bersama personil BPBD, TNI Polri Satpol PP dan relawan membersihkan longsoran tanah yang menutup akses jalan desa. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dua Titik Longsor yang Menutup Akses Desa di Lereng Sumbing Sudah Dibersihkan