Home / News

Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:35 WIB

Walikota se-Indonesia Gowes Bareng Keliling Kota Yogya

Usai dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, rombongan gowes Walikota se-Indonesia ini langsung menyusuri  perkampungan serta objek objek wisata andalan Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Usai dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, rombongan gowes Walikota se-Indonesia ini langsung menyusuri perkampungan serta objek objek wisata andalan Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pagi hari ini, Kamis (14/10/2021) Walikota se-Indonesia memenuhi ajakan Walikota Yogya Haryadi Suyuti menikmati keindahan Kota Yogyakarta dengan bersepeda. Menempuh rute sepanjang 5,2 km, para peserta start dari taman parkir Ngabean pukul 06.00 WIB.

Usai dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, rombongan gowes langsung menyusuri perkampungan serta objek-objek wisata andalan Kota Yogya.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan jika kegiatan bersepeda ini selain untuk menjaga kesehatan fisiknya juga untuk mengeksplore potensi wilayah yang ada di Kota Yogya.

“Ada banyak manfaat yang didapat dari kegiatan bersepada, kegiatan bersepeda selain akan membuat orang menjadi sehat jasmani dan rohani juga memupuk rasa setiakawan, kebersamaan dan gotong royong” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya menjelaskan kepada para peserta bahwa Kota Yogya memiliki lima jalur wisata sepeda, rute pertama adalah rute dengan tema romansa kota lawas sepanjang 13,33 km.

Baca juga   Tradisi Grebeg Lenteng Digelar Sederhana di Sumberarum Tempuran

“Rute ini mulai dari kantor Dinas Pariwisata Kota Yogya menuju jalan Jendral Sudirman, jalan Sajiono, Juandi, Ipda Tut Harsono, Kusumanegara, kemudian menuyusui Kotagede, dan berakhir di Bendungan Lepen,” jelasnya.

Untuk rute dua adalah rute tilik jeron beteng sepanjang 8,68 km. Rute ini mulai dari Pasar Pakuncen, menyusuri kampung Ketanggungan, Sindurejan, Suryodiningratan, Magangan dan finish di Plaza Ngasem.

“Ini adalah rute menyusuri situs Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu Kraton yang saat ini masih hidup dan dihormati, dimana yang menjadi Raja adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X. Disamping itu para pesepeda juga bisa mengulik tentang potensi di sekitar Kraton, Tamansari, Alun-alun, dan sebagainya,” jelas Heroe.

Rute tiga adalah rute jajah kampung susur sungai, rute ini sepanjang 6,55 km, di mulai dari jalan Jendran Sudirman, menuju jalan Gondolayu, lalu menyusuri kampung Karangwaru, kampung Bener dan berakhir di Museum Pengeran Diponegoro.

Baca juga   Pemkot Yogyakarta Vaksinasi Pelaku Olahraga

Untuk rute 4 adalah jajah kampung 2 sepanjang 6,52 km, rute ini menawarkan eksotisme bangunan kuno peninggalan Belanda yang masih banyak ditemukan di Kota Yogyakarta mulai dari museum wiratama, bengkel kereta balai yasa hingga makam wijaya brata.

“Para pesepeda juga bisa menemukan kampung kerajinan Yogya sentra jumputan, wayang karakter bahkan juga cosplay yang sudah dijual hingga manca negara,” ujarnya

Sedangkan Rute lima adalah rute taman pintar sepanjang 6,17 km. Rute ini adalah rute yang membawa perjalanan dari Taman Pintar yang berada di pusat Kota menuju selatan, yang berakhir di Giwangan.

Pihaknya berharap momentum bersepeda di tengah masyarakat setelah pandemi nanti bisa terus dibiasakan, dinikmati, dipelihara agar dapat berubah menjadi sebuah kebiasaan atau budaya baru di masyarakat. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini 780 Orang Positif Covid-19 di DIY Sembuh
Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur KGPAA Paku Alm X. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Jatah Oksigen DIY Ditambah 47,6 Ton Setiap Hari
Bank Indonesia mendorong penggunaan QRIS untuk memfasilitasi transaksi pembayaran selama ajang PON Papua XX. (Foto:InfoPublik)

News

BI Dorong Penggunaan QRIS di PON XX Papua
Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris daerah Drs Jazil Ambar Was'an beserta jajaran melakukan peninjaunan vaksinasi Covid-19. (Foto: Humas Kulonprogo)

News

Lampaui Target 50 Persen, Kulonprogo Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19
Dinsos PMD Wonosobo menyerahkan bantuan dana asistensi dan paket sembako kepada penerima manfaat di wilayahnya. (Foto: Diskominfo Kabupaten Wonosobo)

News

Data Bermasalah, 42.000 Peserta Bebas Iuran BPJS Wonosobo Dinonaktifkan
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 1.027 Pasien Sembuh, Positif Covid-19 DIY Tambah 2.706 Kasus
Rekaman awan panas guguran Merapi tanggal 5 Agustus 2021 pukul 08.05 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 5 Kali Semburkan Awan Panas ke Arah Barat Daya
Akses menuju Jalan Margo Utomo Yogyakarta kembali ditutup selama PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. (Foto: agoes jumianto)

News

Ini Kabupaten/Kota di Jawa-Bali yang Masuk PPKM Level 4 dan 3 Terbaru