Home / News

Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:32 WIB

Walikota se-Indonesia Hadiri Indo Smart City Forum & Expo di Yogya

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyerahkan kenang-kenangan pada narasumber Indo Smart City Forum & Expo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyerahkan kenang-kenangan pada narasumber Indo Smart City Forum & Expo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Walikota seluruh Indonesia hadir dalam Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) bertema “Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan Bagi Penanggulangan Pandemi” pada Rabu (13/10/2021) yang digelar di The Rich Hotel Yogyakarta.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dengan dihadiri oleh para Walikota dengan didampingi Kepala Dinasnya itu Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan terima kasih dan mengucapkan selamat datang di Yogyakarta serta mengajak para Walikota untuk gowes bersama keesokan harinya.

“Silahkan bapak dan ibu menikmati Kota Yogyakarta dengan bersepeda menyusuri destinasi wisata melalui program Monalisa Tilik Jeron Beteng,” papar Haryadi.

Sementara Ketua APEKSI Bima Arya Sugiarto (walikota Bogor) menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah mendorongan pemerintah kota untuk mengoptimalkan implementasi konsep teknologi smart city.

Baca juga   Naughtyboy Rilis Single Perdana "September in Mars"

Pemanfaatan smart city berdasarkan teknologi informasi dan komunikasi yang tujuan utamanya untuk meningkatkan taraf hidup warga dan layanan pemerintah juga diimplementasikan dalam mengendalikan penyebaran atau penularan Covid-19.

“Ekosistem smart city yang berupa sumber daya manusia, tata kelola dan teknologi merupakan pilihan dalam menghadapi pandemi, namum untuk mewujudkannya perlu dibangun dan diperkuat agar terjaga berkelanjutannya,” kata Arya Bima.

Lebih lanjut disampaikan Arya Bima bahwa Konsep Smart City (kota cerdas) adalah kota yang dapat mengelola semua sumber daya secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan, menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan.

Pengelolaan tersebut semata-mata untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota. Dari definisi tersebut, ciri solusi dalam Smart City yaitu berupa pemikiran-pemikiran baru, terintegrasi, antar lembaga pemerintah hingga lembaga non-pemerintah, responsif terhadap persoalan kota serta solusi yang dirancang untuk menjadi solusi berkelanjutan, bukan hanya solusi sesaat.

Baca juga   23 Siswa Selesai Isoman, MTs Rengging Akan PTM Kembali

“Sedikitnya ada tiga aspek ekosistem Kota Cerdas, yaitu cerdas ekonomi, cerdas sosial, dan cerdas lingkungan. Cerdas ekonomi meliputi pengembangan industri, usaha kecil dan menengah, turisme, hingga perbankan . Cerdas sosial meliputi pengembangan kesehatan, pendidikan, layanan publik dan keamanan. Cerdas lingkungan meliputi sektor energi, pengelolaan air, lahan dan udara, pengolahan limbah dan manajemen tata ruang,” jelas Arya Bima.

Dalam kegiatan expo juga ditampilkan potensi dari berbagai daerah baik berupa produk kerajinan, kuliner/olahan pangan, budaya dan juga ditampilkan potensi masing-masing kota. (*)

Share :

Baca Juga

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: Kemlu RI)

News

Menlu Retno: Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jamaah Asal Indonesia
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di DIY, melihat langsung pelaksanaan vaksinasi di sejumlah tempat. (Foto: Penrem 072/Pamungkas)

News

Kunjungan Kerja ke DIY, Presiden Ingin Pastikan Vaksinasi Terus Bergulir
SBY hadir di acara pemakaman ibu mertua di Purworejo, Jateng. (Foto: Istimewa)

News

SBY Hadiri Prosesi Pemakaman Ibu Mertua di Purworejo
Facebook palsu mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto: Dok Diskominfo Klaten)

News

Sudah Meresahkan, Pemkab Akan Laporkan Pemalsu Akun Facebook Bupati Klaten
Bantuan senilai masing-masing Rp1,2 juta itu disalurkan oleh Kodim 0714 kepada 6.500 PKL dan pemilik warung di Semarang dan Salatiga. (Foto:MC Kab Semarang)

News

Ribuan PKL di Semarang dan Salatiga Terima Bantuan Uang Tunai
PDIP Kota Yogyakarta bergerak dirikan dapur umum bantu warga isoman. (Foto:Dokumentasi DPC PDIP Kota Yogyakarta)

News

Jelang HUT RI, PDIP Kota Yogya Dirikan 5 Dapur Umum Bantu Warga Isoman
Gibran Rakabuming dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Surakarta)

News

Positif Covid-19, Gibran Rakabuming: Saya Masih Kerja 24 Jam untuk Warga Solo
Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Dalam Sehari Sudah 13 Kali Gempa Guncang Banten