Home / Buku

Selasa, 14 September 2021 - 23:15 WIB

Walikota Yogya Raih Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mendapatkan Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 dalam Kategori Pejabat Publik oleh Perpustakaan Nasional Republik Inddonesia, pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Penghargan ini sesuai dengan komitmen Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat melalui Kampung Baca yang ada di Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dianggap telah berjasa, berperan aktif, berkontribusi dan berhasil dalam upaya mengembangkan dan mendayagunakan perpustakaan sebagai wahana belajar mendiri, serta berhasil melakukan gerakan pembudayaan kegemaran membaca di wilayahnya.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, pada tahun 2020 Walikota Yogyakarta membentuk 7 kampung baca dan pada tahun 2021 membentuk 14 kampung baca, hingga saat ini sudah terbentuk terbentuk 21 kampung baca.

Baca juga   RBI Online Tuntun Warga Jepang Mengenal Jakarta

Kedepan diharapkan, semua kampung di wilayah Kota Yogyakarta sudah terbentuk apa yang disebut Kampung Baca.

“Walikota Yogyakarta memang kami anggap sudah berhasil meningkatkan minat baca dengan menginisiasi Kampung Baca di Kota Yogyakarta sejak tahun 2020, harapannya tahun 2022 kita tambah 10 kampung baca lagi,” jelas Ambar.

Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka diberikan sebagai apresiasi tertinggi Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terhadap pejabat publik, tokoh masyarakat, jurnalis, media massa, dan lifetime achievement.

Pada tahun 2016 Walikota Yogyakarta mengeluarkan kebijakan pengembangan layanan perpustakaan keliling berbasis kewilayahan dengan menyediakan armada keliling, baik mobil keliling maupun motor keliling.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses sumber belajar. Pengembangan layanan perpustakaan keliling berbasis kewilayahan ini diharapkan mampu menjangkau ke kawasan yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

Baca juga   Pemkot Yogya Vaksinasi Warga Hasil Penyisiran Data

“Semua itu dimaksudkan agar proses pencerdasan kehidupan bangsa dapat lebih dipercepat, mulai dari menumbuhkan kebiasaan membaca masyarakat dan menyadarkan masyarakat bahwa kehadiran perpustakaan umum dan berbagai jenis perpustakaan dapat dijadikan sumber informasi, inspirasi, sarana pendidikan dan rekreasi,” ungkap Ambar.

Ia mengatakan, hadirnya perpustakaan harus benar-benar dapat diakses secara mudah oleh masyarakat, begitu pula dengan ketersediaan buku bacaan, jaringan internet, maupun area baca perpustakaan diharapkan sebagai wahana belajar harus tersedia dititik aktifitas masyarakat.

“Dengan adanya kampung baca di wilayah membuat masyarakat dapat mengakses bahan bacaan dan bisa mempraktikan apa yang di bacanya. Hal ini dapat dilihat dari program yang diberikan, salah satunya adalah literasi terapan atau inklusi sosial sebagai program keunggualan di kampung baca,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Kudus HM Hartopo saat mengunjungi perpustakaan daerah di Desa Tumpangkrasak dan Loram Wetan. (Foto: Diskominfo Kudus)

Buku

Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Buku Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan penulis Ir. Anizar, M.Kes. (Foto:dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Angka Kecelakaan Kerja Masih Tinggi
Nyoman Wijana dan buku Pencemaran, Pemulihan, dan Kualitas Lingkungan Hidup. (Foto: dokumentasi Plantaxia)

Buku

Banjir Besar Melanda Dunia
Buku Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Buku

Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis
Buku Diplomasi Indonesia di Era Global yang ditulis Desy Nur Aini Fajri bersama mahasiswanya. (Ilustrasi/Foto: dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Meski Pandemi, KBRI Beijing Terus Lakukan Diplomasi
Melaty Anggraini, Nadia Fransiska, dan Jesica Nikita Rachel. (Foto: dokumentasi pribadi)

Buku

Menyiasati Isu Lingkungan Masyarakat Eropa
Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Buku

Saludin Muis, Peraih Rekor MURI Pengarang Buku TI Terbanyak 2021
Selain penghargaan untuk Sri Sultan, Daerah Istimewa Yogyakarta juga menerima penghargaan sebagai Provinsi Pencapai Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Tertinggi se-Indonesia Tahun 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Buku

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021