Home / Wisata

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:03 WIB

Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo Kunjungi Kampung Batik Giriloyo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mencoba membantik saat mengunjungi Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mencoba membantik saat mengunjungi Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Angela Tanoesoedibjo, melakukan kunjungan ke Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul. Kunjungan terkait dengan ingin mengetahui proses membatik tulis di Kampung Batik Giriloyo.

Sesampai di Kampung Batik Giriloyo Wamen Kemenparekraf RI disambut oleh pengurus Kampung Batik Giriloyo. Hadir pula dalam kunjungan Ibu Wakil Bupati Bantul, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Pariwisata Bantul dan Panewu Imogiri.

Angela Tanoesoedibjo menyempatkan diri untuk melihat-lihat batik dan bertanya kepada pengurus terkait proses pembuatan batik.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. mengatakan bahwa Wamen Parekraf sangat penasaran dengan batik tulis yang berada di kampung batik Giriloyo yang merupakan sentra terbesar batik di Indonesia. Sehingga ingin membuktikan dan mencoba langsung cara membuat batik.

Baca juga   Bantul, Kabupaten Pertama Tampil di "Times Square New York"

“Kedepan batik tulis ini akan dibantu untuk dipromosikan, dipublikasikan sekaligus dipasarkan mudah mudahan nanti yang mempromosikan langsung ibu Wamen dampaknya lebih luas lagi,” katanya.

Selain itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menambahkan bahwa Wamen Parekraf berpesan bahwa batik itu sangat luar biasa dan beliau mendapatkan pengalaman baru secara langsung mempraktekkan cara membatik.

Sementara Ibu Wakil Bupati Bantul Dwi berharap ditengah pandemi para pengrajin batik tetap harus berkarya, jangan sampai warisan budaya ini berhenti sampai disini tetapi harus terus dilestarikan agar generasi mudapun mencintai batik dan mempunyai kesempatan berminat untuk membatik.

Baca juga   Bantul Borong 6 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2021

Secara etimologi batik berasal dari bahasa Jawa yakni Ambathik. “Amba” merujuk kepada lebar, luas, atau kain. Sementara “thik” berarti titik atau “matik” dalam bahasa Jawa. Kemudian kata tersebut lebih dikenal dengan batik yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi pola tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Perlu diketahui, UNESCO mematenkan batik bukan dari motifnya, tetapi merujuk ke kepada proses pembuatannya. Agar warisan budaya tidak hilang kita perlu melestarikannya. Salah satunya dengan belajar membatik. (*)

Share :

Baca Juga

Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melakukan simulasi uji coba pembukaan usaha pariwisata di Candi Borobudur. (Foto:Humas Jateng)

Wisata

Uji Coba Lancar, Candi Borobudur dan Prambanan Terima Wisatawan
Studio Alam Gamplong sebagai salah satu destinasi wisata di DIY juga dinilai sebagai lokasi yang tepat dan indah untuk pelaksanaan vaksinasi wisata. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Vaksinasi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Studio Alam Gamplong
“Menoleh ke Menoreh” menjadi judul yang diangkat dari kegiatan pengembangan kearifan lokal dan potensi daerah untuk mendukung karya ekonomi kreatif di Kulonprogo. (Foto:MC Kab.Kulon Progo)

Wisata

”Menoleh ke Menoreh” Tandai Peringatan Hari Pariwisata Sedunia
Tak hanya rapat kerja dan rapat pleno nasional. B2W juga gowes bareng di sekitar kawasan wisata Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Komunitas Bike To Work Gowes Bareng di Borobudur
Edukasi membuat donat dari susu kambing dalam simulasi pembukaan wisata edukasi di Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Wisata Edukasi Lereng Menoreh Gelar Simulasi Pembukaan Kembali
Taj Yasin Maimoen saat memberi sambutan secara virtual pada Pertemuan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab se-Jawa Tengah, dan Kompetensi Bahasa Arab Nasional ke-4 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kembangkan Wisata Halal, Gus Yasin Dorong SDM Kuasai Bahasa Arab
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno melakukan Rembug Santai bersama pelaku wisata, desa wisata dan ekonomi kreatif, bertempat di Kantor Eks Kawedana Parakan. (Foto:MC Kab Temanggung)

Wisata

Sandiaga Uno Rembug Santai dengan Pelaku Wisata Temanggung