Home / Peristiwa

Kamis, 5 Agustus 2021 - 12:36 WIB

Warga Binaan Lapas Temanggung Ini Histeris Saat Vaksinasi

Seorang warga binaan Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Temanggung terpaksa dibantu temannya, karena takut. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Seorang warga binaan Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Temanggung terpaksa dibantu temannya, karena takut. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Tidak sedikit orang yang memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak membahayakan atau menakutkan. Bahasa kerennya phobia.

Seperti ketika 136 orang warga binaan di Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Temanggung, mengikuti vaksinasi Covid-19, di Aula Rutan setempat, Rabu (4/8/2021).

Beberapa di antara mereka ada yang menangis histeris saat akan disuntik vaksin Covid-19, karena memiliki rasa ketakutan yang luar biasa.

Gunawan, salah satu warga binaan terlihat pucat pasi saat hendak disuntik vaksin Covid -19 oleh petugas kesehatan. Ia bahkan meronta dan menangis histeris, hingga terpaksa dipegangi rekannya saat jarum suntik menembus kulit lengan.

Meski demikian, Gunawan mengaku sangat lega bisa menjadi salah satu penerima vaksin, meski masih dalam masa tahanan.

“Sejak kecil belum pernah disuntik, takut, namun sekarang lega dan ternyata tidak sakit,” ujarnya malu.

Baca juga   Kejar Herd Immunity, Kudus Targetkan Vaksinasi 50 Persen

Apa yang dialami Gunawan juga dirasakan oleh satu warga binaan lainnya yang juga sama-sama menangis saat divaksin. Bahkan, ketika akan dilakukan swab test maupun penyuntikan vaksin, warga binaan menunjukkan reaksi yang berbeda-beda.

Beberapa warga binaan melangkah dengan ekspresi takut, bahkan ada yang lari kembali ke kamar hunian, karena takut diswab dan disuntik.

Sementara itu, Plt Kepala Rutan Temanggung Novian Endus Santoso, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dan Kodim 0706/Temanggung, yang telah menggelar vaksinasi Covid-19 untuk warga binaan.

“Warga binaan kami ada 136 orang, semua wajib melakukan vaksin. Tergantung skrining, jika lolos tentunya harus vaksin,” terangnya.

Ditambahkannya, warga binaan memiliki hak yang sama atas jaminan kesehatan dari negara. Oleh karena itu, vaksinasi bagi para warga binaan menjadi penting dilakukan.

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Bangun Mal Pelayanan Publik

“(Warga binaan) berbeda dengan masyarakat luar yang bisa menjalani isolasi mandiri di rumah dan perawatan di rumah sakit. (Jadi) vaksinasi ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan para warga binaan,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0706/ Temanggung, Letkol Czi Kurniawan Hartanto, di tempat yang sama mengatakan, pihaknya akan terus melakukan jemput bola mendekati berbagai komunitas untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

”Seperti sekarang, warga binaan kan tidak mungkin datang ke Kodim, jadi kita yang ke Rutan,” terangnya.

Ditambahkan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan vaksinasi kepada 9.700 warga Temanggung. Pihaknya akan terus melakukan vaksinasi sebagai langkah percepatan ke seluruh lapisan masyarakat. (*)

Share :

Baca Juga

Sri Sultan HB X menerima audiensi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY yang baru, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Masmin Afif, Kakanwil Kemenag DIY yang Baru Soan Gubernur
Hening Cipta Indonesia untuk mendoakan para korban Covid-19. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Petugas Penyekatan PPKM Darurat Hening Cipta Sejenak
Manajemen Indomaret area Purwodadi memberikan bantuan paket sembako kepada PKL terdampak PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Grobogan)

Peristiwa

Indomaret Bagikan Paket Sembako bagi PKL di Purwodadi
Sinergi BUMN Peduli menyerahkan 325 ponsel bagi siswa-siswi SD sampai SMA di DIY dan Jateng. (Foto: dokumentasi media_twc)

Peristiwa

Sinergi BUMN Peduli Pendidikan, Serahkan Ponsel Bagi Pelajar di DIY Jateng
Api berhasil dipadamkan, dan dijumpai seluruh perangkat komputer hangus. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Laboratorium Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Dilalap Jago Merah, 30 Komputer Gosong
Peti jenazah produksi mantan aktivis mahasiswa UGM. (Foto:nyatanya.com/@anang_batas)

Peristiwa

Prihatin Melonjaknya Kasus Corona, Mantan Aktivis Gelanggang Mahasiswa UGM Patungan Bikin Peti Jenazah
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM menyerahkan bantuan untuk dua anak yatim piatu dari Desa Manang, Grogol. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Etik Serahkan Bantuan untuk Anak Yatim Covid-19
Sego Tiwul, Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul, aplikasi baru yang diluncurkan BPN Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

“Sego Tiwul”, Aplikasi Layanan Pertanahan di Wonogiri