Home / Peristiwa

Rabu, 28 Juli 2021 - 11:15 WIB

Warga Binaan Rutan Boyolali Terima Vaksinasi

Warga binaan Rutan kelas IIB Boyolali saat diberikan vaksin jenis SinoVac oleh petugas medis. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Warga binaan Rutan kelas IIB Boyolali saat diberikan vaksin jenis SinoVac oleh petugas medis. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Warga binaan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Boyolali tak luput dari sasaran program vaksinasi. Sebanyak 198 warga binaan tersebut mendapatkan vaksin SinoVac dosis pertama, Selasa (27/7/2021).

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, 178 warga binaan laki-laki dan 20 warga binaan perempuan divaksin sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan.

“Kurang lebih total hari ini yang kita laksanakan vaksinasi ada 198 sekitar 200. Ini semuanya khusus buat narapidana baik laki laki maupun perempuan,” kata Kepala Rutan kelas IIB Boyolali, Agus Imam Taufik di sela kegiatan vaksinasi.

Baca juga   Ratusan Warga Difabel Purbalingga Kembali Terima Bansos

Dijelaskan, warga binaan merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang perlu untuk melaksanakan vaksinasi. Keterbatasan warga binaan untuk menjaga jarak menyebabkan Covid-19 mudah menyebar sehingga perlu adanya vaksinasi untuk melindungi warga binaan.

“Karena warga binaan ini sudah overcrowded, mereka sangat rentan sekali terkena penularan Covid-19. Untuk melakukan sosial distancing mereka sangat sulit,” ungkapnya.

Disinggung mengenai petugas rutan yang berjaga, pihaknya mengatakan terdapat lima petugas yang ikut dalam vaksinasi warga binaan. Petugas tersebut merupakan penyitas Covid-19 beberapa waktu yang lalu sehingga belum mendapatkan vaksinasi yang kemudian akan mendapatkan vaksin berbarengan dengan vaksinasi waga binaan.

Baca juga   Hebat! Ini Desa Pertama yang Memiliki Shelter Pasien Covid-19

“Ada beberapa petugas yang kemarin belum melaksanakan vaksin ada lima orang petugas, Kebetulan saat itu mereka sebagai penyitas Covid-19 sehingga belum bisa dilaksanakan vaksinasi. Saat ini mereka akan kembali melaksanakan vaksinasi bergabung dengan warga binaan,” ujarnya.

Beberapa waktu yang lalu, pihaknya telah melakukan tes antigen Covid-19 ke warga binaan dan lima orang diantaranya menunjukan indikasi terpapar Covid-19. Sehingga warga binaan tersebut menempati ruang isolasi mandiri yang telah disiapkan petugas. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM bersama Wakil Bupati, Drs H Agus Santosa melalukan “ground breaking” pembangunan Gedung Mal Pelayanan Publik. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Pemkab Sukoharjo Bangun Mal Pelayanan Publik
Rumah Pembinaan Carolus Borromeus (RPCB) Syantikara. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Suster CB Peduli, Syantikara Jadi Shelter Isolasi Covid-19
Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo dalam laporannya menyampaikan dukungannya terhadap Gerakan Indonesia Raya Bergema. Foto: nyatanya.com/Humas Pemkab Bantul

Peristiwa

Pemkab Bantul Dukung Indonesia Raya Bergema
Isoter yang dikelola Desa Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Hebat! Ini Desa Pertama yang Memiliki Shelter Pasien Covid-19
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat kunjungan kerja di Surakarta. (Foto: Humas Surakarta)

Peristiwa

Kembangkan Pertanian Korporasi, Mentan Bantu Alsintan untuk Kota Surakarta
Apel gelar pasukan gabungan Satgas penanganan Covid-19 di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Apel Gelar Pasukan Gabungan, Perkuat Pelaksanaan PPKM Darurat di Surakarta
Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI di Bandungan. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Setelah Menunggu 21 Tahun, Ratusan Petani P3TR Bakal Miliki Sertifikat Tanah
Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Ibu Hamil di Kapanewon Bambanglipuro Terima Vaksin