Home / Militer

Minggu, 29 Agustus 2021 - 12:06 WIB

Warga Binaan Satgas Yonif 512/QY Mendapat Penyuluhan Cara Pengolahan Hasil Kebun

Prajurit Yonmek 512/QY berikan penyuluhan cara menolah hasil kebuh kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Prajurit Yonmek 512/QY berikan penyuluhan cara menolah hasil kebuh kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

NYATANYA.COM, Keerom – Satgas Yonif 512/QY  menggelar penyuluhan tentang cara pengolahan hasil kebun kepada Warga Kampung Wonorejo, Pir IV di Pos Kotis Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat ketika di Konfirmasi. Sabtu (28/8/2021)

Dijelaskan Letkol Taufik, bahwa penyuluhan yang digelar untuk melatih masyarakat setempat tentang  bagaimana cara pengolahan hasil kebun. Hal ini dilakukan karena melihat hasil kebun berupa pisang, talas dan singkong yang melimpah namun belum dikelola dengan baik.

Baca juga   Serma Mulyono Dampingi Petugas Puskesmas Lakukan Tracing

Disamping tugas pokok sebagai pengaman perbatasan, Satgas Yonif 512/QY mempunyai program yang salah satunya adalah mendorong masyarakat dalam kemandirian ekonomi.

Kegiatan tersebut berisi tentang bagaimana mengelola hasil bumi agar dapat meningkatkan nilai jual di pasaran. Beberapa produk hasil olahan siap saji, antara lain  kripik singkong, kripik pisang dan sale pisang.

Dengan produk olahan siap saji yang bervariasi tersebut selain dapat meningkatkan nilai tambah juga membiasakan masyarakat tidak menjual hasil bumi yang masih mentah.

Selain itu masyarakat juga dilatih bagaimana mengemas hasil olahan siap saji tersebut ke dalam wadah yang higenis, menarik dan dapat bertahan lama.

Baca juga   Kodim Temanggung Bagikan Ratusan Paket Obat untuk Warga Isoman

Kegiatan penyuluhan mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat wilayah Keerom khususnya Kampung Wonorejo Pir IV dan masyarakat banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dansatgas berharap dengan adanya penyuluhan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam berwirausaha mandiri. Para petani yang biasa menjual hasil bumi secara langsung ke pasar, berkat keahlian mengolahan bahan mentah menjadi olahan siap saji akan dapat meningkatkan pendapatan mereka. (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yon 403/WP obati warga. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bantu Obati Warga yang Luka
Serma Hartono menyerahkan bantuan beras kepada warga Kricak. (Foto : dokumentasi Koramil 02/Tegalrejo)

Militer

Babinsa Koramil Tegalrejo Serahkan Bansos Kepada Warga Terdampak PPKM
Anak-anak di perbatasan Papua semangat belajar bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Manfaatkan Waktu Luang, Satgas Yonif 512/QY Ajak Belajar Anak-anak Papua di Pos Perbatasan
Darmini tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat mendapat kabar rumahnya akan direhab Tim Satgas TMMD. (Foto:nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Satgas TMMD ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Rehab Rumah Darmini
Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro Ny Rina Afianto berfoto bersama anak Yatim Keluarga Besar TNI. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Santuni Anak Yatim Keluarga Besar TNI
Mayor Arh Asil dari perwakilan Paguyuban ABILAPAN menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat di Tegalrejo, Yogya. (Foto: nyatanya.com/ahmad zain

Militer

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Paguyuban BaMilsuk #7 Tahun 1988 Bagikan Sembako
Personel Yonmek 403/WP berhasil mengevakuasi korban selamat. (Foto: Penerangan Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas 403/WP Evakuasi dan Amankan Korban Kekerasan KSTP di Distrik Kiwirok
Satgas TMMD Kodim 0705/Magelang yang terdiri dari beberapa satuan militer di wilayah Magelang dan masyarakat setempat masih terus berjibaku dengan medan yang cukup sulit. (Foto: Humas/beritamagelang)

Militer

Satgas TMMD Berjibaku Hadapi Medan Sulit di Ketep