Home / Militer

Selasa, 6 Juli 2021 - 14:24 WIB

Warga di Wilayah Perbatasan RI-PNG Serahkan Barang Ilegal Kepada Satgas Pamtas Yonif 403/WP

Warga secara sukarela menyerahkan barang terlarang berupa narkoba jenis ganja kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Warga secara sukarela menyerahkan barang terlarang berupa narkoba jenis ganja kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom – Warga Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua secara sukarela menyerahkan barang terlarang berupa narkoba jenis ganja kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Selasa, (6/7/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan yang di pimpin oleh Danpos Bompay Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Serka Cecep Kusuma dilaksanakan dengan menanamkan rasa saling percaya sehingga masyarakat secara sukarela mendatangi Pos Bompay bermaksud untuk menyerahkan barang illegal berupa narkoba jenis ganja kepada pihak aparat Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista.

Barang terlarang berupa narkoba jenis ganja yang diserahkan warga kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Menurut masyarakat hal ini dilakukan untuk meminimalisir peredaran ganja di wilayah Kabupaten Keerom secara umum dan kampung Bompay secara khusus. Hal ini dilakukan dengan maksud agar barang ilegal tersebut tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Melalui pembinaan teritorial Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista berhasil menanamkan kepercayaan dan rasa asih serta asuh kepada masyarakat binaanya sehingga dengan kepercayaan tersebut masyarakat bersama Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista bekerjasama membangun kesejahteraan masyarakatnya dan menekan peredaran narkoba jenis ganja serta miras di lingkungan kampungnya sehingga dapat pula menekan terjadinya berbagai tindak kriminalitas ataupun kecelakaan lalu lintas sebagai akibat dari peredaran narkoba dan miras,” kata Dansatgas.

Baca juga   Jelang HUT Batalyon, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bagikan Seragam Siswa Baru di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Di tempat terpisah, Danpos Bompay Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Serka Cecep Kusuma yang memimpin langsung kegiatan penyerahaan barang illegal itu menyampaikan, bahwa kegiatan kali ini merupakan bukti sinergitas serta kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang bekerjasama dalam memberantas peredaran narkoba, miras ataupun barang illegal lainnya.

Staf Inteligen Kolakops Korem 172/PWY telah menerima penyerahan narkoba jenis ganja hasil binter dari Staf 1/intelijen Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista.(Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

“Dalam penyerahan barang illegal ini kami mendapatkan 1 (satu) bungkus pelastik seberat kurang lebih 2 (dua) Ons narkoba jenis ganja yang diserahkan oleh dua orang masyarakat yang berdasarkan keterangannya juga diperoleh dari warga negara PNG dengan maksud untuk menukar barang illegal tersebut kepada warga menjadi sembako atau bahan makanan, sehingga Bapak SS (42) dengan ditemani Bapak A (37) berinisiatif menyerahkan barang tersebut untuk diamankan pihak Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista guna penyelidikan lebih lanjut,” ucap Cecep.

Baca juga   Program Jumat Berkah, Satgas Yonif 512 Bagikan Buku Tulis dan Masker Kepada Anak-anak Perbatasan

“Sebelumnya melalui Komunikasi sosial (komsos) telah sering kami berikan pengertian dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba serta miras, merekapun mengerti dan dengan kesadaran diri sendiri membuang minuman keras yang masih mereka miliki dan kali ini menyerahkan narkoba jenis ganja kepada Pos Bompay,” tambah Cecep.

Selain melakukan pendekatan dengan semua elemen masyarakat agar senantiasa membantu aparat keamanan dalam menekan angka kriminalitas yang diakibat dari peredaran narkoba jenis ganja ataupun miras, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista juga akan melakukan sweeping narkoba, miras atau barang illegal lainnya secara berkala agar semakin dapat menekan angka kriminalitas dengan cara turut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dilingkungannya.

Selanjutnya, melalui hasil koordinasi Staf 1/Intelijen Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista memberikan informasi bahwa Staf Inteligen Kolakops Korem 172/PWY telah menerima penyerahan narkoba jenis ganja hasil binter dari Staf 1/intelijen Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dengan melampirkan dan menandatangani Berita Acara Penyerahan Barang tersebut dari Staf 1/Intelijen Satgas kepada Staf Intelijen Kolakopsrem 172/PWY guna penyelidikan lebih lanjut.(N1)

Share :

Baca Juga

Prajurit Satgas Yonmek 512/QY bagikan masker kepada warga. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Bagikan Masker, Satgas Yonif 512/QY Imbau Warga Perbatasan Disiplin Prokes
Prajurit Yonif 403/WP bercengkerama dengan warga di perbatasan. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Ciptakan Desa ASRI, Satgas Pamtas Yonif 403 Anjangsana ke Warga Perbatasan
Kodim 0706/Temanggung bagikan obat untuk warga isoman. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Militer

Kodim Temanggung Bagikan Ratusan Paket Obat untuk Warga Isoman
Bantuan paket sembako untuk tenaga kesehatan, sukarelawan, dan warga terdampak Covid-19. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Militer

TNI AU Bagi Ratusan Paket Sembako di Ambarawa
Kegiatan vaksinasi pelajar di SMK N 3 Yogyakarta. (Foto: Dokumentasi Kodim 0734/Kota Yogyakarta)

Militer

Kodim 0734/Kota Yogyakarta Gelar Vaksinasi untuk Pelajar di SMK N 3
Pos KM 140 Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista melaksanakan kegiatan patroli patok perbatasan. (Foto: Pen Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/WP Patroli Patok di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Prajurit Yon 512/QY ajari cara mengolah pisang jadi camilan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Ajari Masyarakat Olah Pisang Jadi Makanan Ringan
Prajurit Yon 403/WP dan warga keja bakti siapkan lahan perkebunan. (Foto: dokumentasi Yon 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403/WP Ajak Warga Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Perkebunan