Home / Peristiwa

Senin, 20 September 2021 - 22:51 WIB

Warga Karangdowo Segera Nikmati Air Bersih PDAM Tirta Merapi

(Ilustrasi/Diskominfo Klaten)

(Ilustrasi/Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Warga Kecamatan Karangdowo dalam waktu dekat akan mendapatkan layanan air bersih dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Klaten. Ditargetkan 1.000 pelanggan baru menikmati layanan tersebut.

Di tahun ini, PDAM Tirta Merapi akan merambah jaringan pipa air bersih ke wilayah tenggara Klaten. Direktur Utama PDAM Tirta Merapi, Irawan Margono memperkirakan pada 2022 mendatang, pelanggan di Karangdowo sudah dapat menikmati layanan air bersih yang sehat dan layak konsumsi.

“Di tahun ini kami fokus pada instalasi jaringan distribusi untuk mengalirkan air bersih hingga siap dialirkan ke jaringan pelanggan,” ungkapnya, Senin (20/9/2021).

Baca juga   Jangan Kendor Prokes, PTM di Klaten Dipantau Ketat

Menurutnya saat ini pipa berukuran 250 dim disiapkan untuk mengalirkan air dari sumber mata air Sigedang di Desa Ponggok, Polanharjo. Saat ini jaringan tersebut sudah mencapai wilayah Kecamatan Pedan dan membutuhkan jarak sekitar 5 kilometer lagi hingga mencapai wilayah Karangdowo.

“Setelah selesai, dilanjutkan pembangunan jaringan ke rumah-rumah pelanggan baru. Target kami 1.000 pelanggan baru di Karangdowo dapat terlayani di tahun depan,” paparnya.

Irawan menjelaskan PDAM Tirta Merapi membutuhkan investasi sekitar Rp6 miliar untuk mendukung pembangunan tersebut. Namun nilai tersebut akan membawa dampak cukup signifikan pada layanan PDAM Tirta Merapi ke depannya.

Baca juga   Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan Resmi Dilaunching

“Untuk pendistribusian air bersih ke rumah masing-masing pelanggan akan dilakukan secara bertahap. Sambil melihat debit airnya seperti apa. Jika nantinya pendistribusian air bersih sudah mencapai Kecamatan Karangdowo maka tinggal dua kecamatan yang belum terlayani,” katanya menjelaskan.

Ia menambahkan saat ini distribusi air bersih yang dilayani PDAM Tirta Merapi telah merambah 47.000 pelanggan di 22 kecamatan. Sementara wilayah yang belum mendapatkan layanan air bersih PDAM; Karangdowo, Juwiring, Wonosari, dan Kebonarum.

“Setelah Karangwodo, selanjutnya Juwiring dan Wonosari. Sementara untuk Kebonarum, mempertimbangkan daerah tersebut sudah banyak mata air,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala tandai Hari Jadi Wonosobo ke-196 tahun. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala di Hari Jadi Wonosobo ke-196 Tahun
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melihat salah satu batik karya perajin batik Sleman yang dipajang di acara Gebyar Batik Sleman 2021. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Gebyar Batik Sleman, Bangkitkan Ekonomi Perajin di Tengah Pandemi
(nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Yaqut Center Bagikan 1.000 Paket untuk Pasien Isoman
Baznas Kota Yogyakarta menyalurkan bantuan paket logistik bahan makanan kepada mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Salurkan 1.100 Paket Sembako untuk Warga Isoman
Patroli malam terus akan digencarkan di wilayah Kabupaten Sukoharjo. (Foto:Humas Kab.Sukoharjo)

Peristiwa

Gencarkan Patroli Malam, Imbau Warga Taat Prokes
Ilustrasi penyaluran Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). (Foto: HUmas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Kembali Salurkan BPUM Rp1,2 Juta bagi UMKM
Sri Sultan saat meresmikan Balai Budaya Panggungharjo, Bantul pada Senin 20 September 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Dibiayai Danais, Balai Budaya Panggungharjo Diresmikan Sri Sultan
Jumlah sasaran vaksinasi ibu hamil pada tahap ini sebanyak 2.674 dari total sasaran 4.756 orang. Sejak minggu lalu sudah tercapai 30 persen lebih. Vaksinasi terhadap ibu hamil ditargetkan selesai pekan depan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19