Home / News

Senin, 1 November 2021 - 22:54 WIB

Warga Korban Bencana di Sapuran dan Kalikajar Terima Santunan

Warga korban bencana di wilayah Kecamatan Sapuran menerima bantuan. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Warga korban bencana di wilayah Kecamatan Sapuran menerima bantuan. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Bencana beruntun yang menimpa sejumlah wilayah di Kabupaten Wonosobo baru-baru ini menyisakan pekerjaan rumah berupa kebutuhan bantuan logistik maupun material untuk renovasi rumah, demi meringankan dampak bagi keluarga-keluarga terimbas.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono, ketika ditemui di sela penyerahan santunan bagi 3 keluarga di wilayah Kecamatan Sapuran, Senin (1/11/2021) menyebut pihaknya masih terus bekerja keras, selain menanggulangi dampak bencana, juga memetakan kebutuhan para korban.

“Untuk kesempatan penyaluran bantuan hari ini, bersama Dinas Sosial PMD, PMI dan Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan kami menyerahkan bantuan berupa material semen dan triplek, paket bahan pokok serta peralatan pendukung kebutuhan sehari-hari,” terang Bambang.

Di wilayah Sapuran, Bambang mengaku menyerahkan bantuan bagi 3 warga yang rumahnya terdampak musibah tanah senderan longsor di 2 Desa wilayah Sapuran, dan 1 Desa lainnya di wilayah Kalikajar.

Baca juga   Update! 22 Orang Meninggal, 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru

“Bantuan yang diserahkan, meliputi triplek 10 lembar dan semen 10 zak serta paket alat-alat rumah tangga dan sembako seperti beras, mnyak goreng, gula untuk Keluarga Bapak Suryanto di Kuncungsari Sapuran, Bapak Agus Hakim dan Budiarto di Suropati Sapuran, dan Bapak Saefudin, Kedalon Kecamatan Kalikajar,” urai Bambang.

Kepada para penerima, Bambang mengaku menyampaikan pesan dan arahan mewakili Bupati maupun Wakil Bupati, agar para keluarga terdampak bencana senantiasa bersabar menerima musibah, serta tidak patah semangat dan optimis untuk kembali melanjutkan kehidupan pascabencana.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Camat Kalikajar itu juga menegaskan pihaknya senantiasa menekankan pentingnya kewaspadaan dini terhadap setiap potensi bencana di sekitar warga.

Baca juga   23 Rumah di Pati Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

“Dari rentetan kejadian kebencanaan, tentu ada hikmah dan pembelajaran bagi kita semua, yaitu perlunya ada upaya mitigasi dan kewaspadaan dini demi meminimalkan dampak yang mungkin muncul,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan pihaknya siaga 24 jam dalam menghadapi musim penghujan, terlebih dalam beberapa waktu terakhir hujan turun dengan sangat deras dan hampir merata di seluruh wilayah di Kabupaten Wonosobo.

“Mohon doa dari seluruh warga masyarakat, semoga bencana di Kabupaten Wonosobo tidak lagi terjadi, dan mohon untuk selalu support segenap jajaran BPBD beserta seluruh unsur relawan siaga bencana agar kapanpun dibutuhkan kami dapat langsung hadir di lokasi bencana,” tandasnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Mendagri M. Tito Karnavian didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) dan Bupati Cianjur Herman Suherman (kiri) memberi keterangan pers terkait bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (22/11/2022). Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/aa.

News

Bantu Tanggulangi Dampak Gempa Cianjur, Mendagri Ajak Seluruh Pemda Berikan Hibah
Abdul Qadir Baraja saat ditangkap di Lampung untuk kemudian dibawa ke Jakarta. Foto: Istimewa

News

Usai Ditangkap di Lampung, Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja Diperiksa Polda Metro Jaya
Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke tiga negara yang menjadi mitra kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Berangkat Kunjungan Kerja ke Tiga Negara Mitra ASEAN
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww

News

Foto: Persemayaman Api Dharma Waisak 2566 BE
Ganjar Pranowo melakukan sidak di Pasar Wage Purwokerto Kabupaten Banyumas, Jumat (22/4/2022). Sidak dilakukan untuk mengecek stok kebutuhan pokok sekaligus harga menjelang Lebaran. (Foto: Humas Jateng)

News

Sidak Pasar Wage Purwokerto, Ganjar Temukan Harga Daging Naik
Salah satu stand UMKM yang menjual produk kerajinan lokal khas Papua. (Foto Yudi Rahmat/InfoPublik.id)

News

Transaksi di Pameran UMKM PON Klaster Merauke Capai Rp82 Juta per Hari
Mantan pimpinan Teroris Asia Tenggara, M Nasir Abbas (kanan) saat menjadi narasumber 'Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan'. (Foto: Istimewa)

News

M Nasir Abbas: Jika Ada Ajakan Mengubah Sistem Indonesia, Itu Dipastikan Radikalisme
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Biro KLI Kemenkeu)

News

Presiden G20 Indonesia Memiliki Peran Besar untuk Pemulihan Global