Home / Militer

Kamis, 23 Juni 2022 - 13:55 WIB

Warga Perbatasan Timor Leste Serahkan Senjata Rakitan kepada TNI AL

Warga masyarakat di Perbatasan Republik Indonesia dan Timor Leste di Desa Dualas kecamatan Kakuluk Mesak secara sukarela menyerahkan empat pucuk senjata api rakitan. Foto: Dispenal

Warga masyarakat di Perbatasan Republik Indonesia dan Timor Leste di Desa Dualas kecamatan Kakuluk Mesak secara sukarela menyerahkan empat pucuk senjata api rakitan. Foto: Dispenal

NYATANYA.COM, Belu – Warga masyarakat yang berdomisili di Perbatasan Republik Indonesia dan Timor Leste di Desa Dualas kecamatan Kakuluk Mesak secara sukarela menyerahkan empat pucuk senjata api rakitan. Senjata ini kemudian diserahkan kepada Lantamal VII Kupang.

Warga yang menyerahkan senjata api rakitan adalah Antonio Gomes (55) dan Fransisco Da Silva (39) secara sukarela atas dasar keinginan pribadi mendatangi Pos Angkatan Laut (Posal) Atapupu Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam keterangan Dinas Penerangan Angkatan Laut, Kamis (23/6/2022), menjelaskan, senjata api Laras Panjang dan Laras Pendek sejenis rakitan ini dulunya digunakan pada saat konflik antara masyarakat Eks Milisi yang pro terhadap pemerintahan RI dengan warga Timor-Timur.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Terima Audiensi Pimpinan BRI Kanwil Yogyakarta

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heribertus Yudho Warsono saat acara pemusnahan senjata di Posal Belu, kemarin dalam kunjungan Kerjanya ke Kabupaten Belu menyampaikan apresiasi atas kesadaran warga yang datang sendiri menyerahkan senjata untuk diamankan aparat TNI AL.

“Penyerahan senjata ini didasari oleh keinginan pribadi artinya kita tidak memaksa tetapi bapak-bapak datang kepada kita untuk menyerahkan senjata dengan kesadarannya ini penting sekali karena keamanan sekarang ini sudah ada yang lebih bisa mengatasi artinya tidak perlu lagi menyimpan senjata,” kata Danlantamal VII.

Baca juga   Dua Prajurit Korps Marinir Gugur, TNI AL Gelar Doa Bersama

Laksma Heribertus berharap agar warga yang memiliki senjata menyerahkan kepada aparat TNI untuk diamankan. Warga tidak perlu lagi menyimpan senjata karena nanti apabila senjata itu disalah gunakan akan muncul masalah baru dan memicu tindakan kriminal.

“Percayakan bahwa keamanan negara sudah ada yang melindungi, jadi warga tidak perlu menyimpan senjata,” ujarnya.

Kepala Staf Angkat Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa di manapun TNI AL berada, harus memberikan manfaat pada rakyat, dan cepat tanggap dengan permasalahan rakyat.

(YR/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

TMMD Sengkuyung Tahap 1 TA. 2022 Kodim 0734/Kota Yogyakarta resmi ditutup. Foto: Pendim 0734

Militer

TMMD Resmi Ditutup, Masyarakat Diminta Jaga Hasil Pembangunan
Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi Bela Negara Kepada Mahasiswa Baru Afirmasi Dikti se-Indonesia secara online. (Foto: Dokumentasi Pendim 0734/Kota Yogyakarta)

Militer

Dandim Yogya Beri Pembekalan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru UNY
Pemberian protese dan ortosa pada kegiatan Rehabmedik Keliling diberikan untuk anggota TNI yang berada di wilayah Korem 072/Pamungkas. Foto: Penrem 072/PMK

Militer

Kasrem 072/Pamungkas Serahkan Protese Rehabilitasi Medik kepada Penyandang Disabilitas
Alat berat dikerahkan untuk memperlancar pelaksanaan TMMD di Dusun Majegan. Foto: Pendim 0732/Sleman

Militer

Kejar Target Sasaran, Satgas TMMD Reg 113 di Dusun Majegan Kerahkan Ekskavator
Prajurit Yonmek 512/QY berikan penyuluhan cara menolah hasil kebuh kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Warga Binaan Satgas Yonif 512/QY Mendapat Penyuluhan Cara Pengolahan Hasil Kebun
Prajurit Satgas TMMD Kodim Sleman dan warga bergotong royong menyelesaikan sasaran fisik. (Foto : Pendim 0732/Sleman)

Militer

Gotong Royong Jadi Semangat TMMD Reg Kodim Sleman 
Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta rombongan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kadilangu Batang. (Foto: MC Batang)

Militer

HUT ke-76, TNI AL Berikan Alat Tempur Dispos untuk Kabupaten Batang
Prajurit Satgas dan warga gotong-royong percepat proses pengecoran jalan, (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Militer

Satgas TMMD dan  Masyarakat Kerja Cepat Dalam Pengecoran Jalan