Home / News

Kamis, 2 September 2021 - 07:32 WIB

Warga Positif Covid-19 Dijemput untuk Jalani Isoter

(ilustrasi: nyatanya.com)

(ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Purworejo – Sembilan orang warga Purworejo yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan bergejala ringan menjalani isolasi terpusat (isoter) di Gedung Diklat Kutoarjo. Pemusatan isolasi warga tersebut untuk memutus penyebaran Covid-19 pada klaster keluarga.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo, Said Romadhon menjelaskan, kesembilan orang tersebut berasal dari, Puskesmas Semawung sebanyak 4 orang, dua orang dari Wirun, satu orang dari Kutoarjo, satu orang dari Bayan, dan satu orang dari Gebang.

“Selain itu, masih ditemukan warga yang positif Covid-19 dan melakukan isoman, namun ternyata masih berkeliaran ke mana-mana,” ungkap Said dalam keterangan resminya, Senin (31/8/2021).

Baca juga   Meski Kasus Covid-19 Mulai Turun, 3 Daerah di DIY Ini Masih Butuh Perhatian

Diakui, banyak keluarga yang tidak memiliki tempat khusus untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Untuk itu pihaknya menyiapkan Gedung Diklat Kutoarjo untuk isoter pasien di tingkat kabupaten.

Sebanyak 56 unit tempat tidur disediakan dengan fasilitas yang representatif, perbekalan, dan tenaga kesehatan yang bertugas memantau kondisi pasien. Selain itu, Pemkab Purworejo menyiapkan tempat isoter di 16 kecamatan, dengan jumlah total tempat tidur sebanyak 2.548 unit.

Dijelaskan, penentuan lokasi isoter bergantung pada kondisi dan gejala yang dialami oleh warga terpapar Covid-19. Warga yang terpapar namun tidak bergejala akan dimasukkan ke lokasi isoter kecamatan, bergejala ringan ke isoter kabupaten, dan warga bergejala berat akan dirujuk ke rumah sakit. Penentuan tersebut berdasarkan pada rujukan dari puskesmas setempat.

Baca juga   HUT ke-76 RI di Yogya Digelar Sederhana, Sri Sultan Ajak Warga Berbesar Hati

Menurut Sekda, setiap pasien penderita Covid-19 akan dijemput dari rumahnya dengan mobil khusus dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo. Apabila sudah dinyatakan sembuh dan selesai masa isolasi, mereka diantar kembali ke rumah masing-masing dengan mobil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Purworejo.

“TNI/Polri siap mengawal dari penjemputan, saat isolasi dan mengantar kembali ke rumah masing-masing,” tandas Said. (*)

Share :

Baca Juga

(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker
Stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai kawasan wajib memakai Masker dan wajib vaksin. (Foto: agoes jumianto)

News

Pakai Masker dan Wajib Vaksin, Jadi Syarat Kalau Dolan ke Malioboro
Salah satu rumah tidak layak huni yang diperbaiki menjadi layak huni. Tahun 2020 lalu Pemprov Jateng sudah merenovasi 75.230 unit RTLH. (Foto: Humas Jateng)

News

Pacu Penuntasan RTLH, Pemprov Jateng Akan Tingkatkan Dana Bankeupemdes
Penampakan Gunung Merapi pukul 16.44 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Sampai Malam Ini Sudah 11 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran
Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 di halaman Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo Serius Berantas Mafia Tanah
Penandatanganan sekaligus deklarasi komitmen kesepakatan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Penurunan Angka Stunting Butuh Sinergi Banyak Pihak
Bupati Klaten, Sri Mulyani meninjau langsung kegiatan PTM yang digelar di SMAN 2 Klaten dan SMKN 2 Klaten. (Foto: Humas Kab.Bantul)

News

Jangan Kendor Prokes, PTM di Klaten Dipantau Ketat
Wagub saat menjadi pembina upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Kantor Gubernur. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Ribuan Anak Jadi Yatim Piatu Akibat Covid, Gus Yasin Ajak Warga Jateng Jadi Orang Tua Asuh