Home / News

Sabtu, 14 Mei 2022 - 00:45 WIB

Warga Sukarela Kembalikan Sertifikat Tanah SG, Keraton Yogyakarta Hadiahkan Kekancingan

Penyerahan sertifikat tanah SG dari salah satu warga kepada Keraton Yogyakarta yang diterima Gusti Mangku. (Foto: MC Kraton Jogja)

Penyerahan sertifikat tanah SG dari salah satu warga kepada Keraton Yogyakarta yang diterima Gusti Mangku. (Foto: MC Kraton Jogja)

NYATANYA.COM, Kulon Progo – Sejumlah warga di Nanggulan, Kulon Progo yang dengan sukarela kembalikan sertifikat tanah Sultan Ground (SG) dihadiahi kekancingan dari Keraton Yogyakarta.

Sesuai dengan UU Keistimewaan No.13/2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, disebutkan bahwa urusan pertanahan merupakan salah satu kewenangan dalam lima urusan keistimewaan.

Penyelenggaranya didasarkan pada nilai-nilai kearifan lokal dan keberpihakan pada rakyat.

Dalam hal ini, Kasutanan dan Kadipaten dinyatakan sebagai badan hukum yang mempunyai hak milik atas Tanah Kasultanan, sedangkan Kadipaten sabagai subjek hak yang mempunyai hak milik status Tanah Kadipaten.

Keraton Yogyakarta memberikan surat kekancingan kepada warga yang secara sukarela menyerahkan sertifikat tanah SG. (Foto: MC Kraton Jogja)

Tanah Kasultanan dan Kadipaten meliputi tanah Keprabon dan tanah bukan Keprabon yang terdapat di wilayah DIY.

Dalam Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2017, terhadap Tanah Kasultanan dan Kadipaten perlu dilakukan penatausahaan pertanahan yang dalam hal ini merupakan kewenangan Kasultanan dan Kadipaten.

Penatausahaan pertanahan meliputi tahapan inventarisasi, identifikasi, verifikasi, pemetaan, dan dilanjutkan pendaftaran Tanah Kasultanan dan Tanah Kadipaten.

Penghageng Tepas Panitikisma Keraton Yogyakarta GKR Mangkubumi, mengatakan bahwa upaya untuk menuju tertib administrasi pertanahan telah didukung sepenuhnya oleh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di Kabupaten Kulon Progo.

Baca juga   DIY PPKM Level 2, Mendagri Terbitkan Instruksi Terbaru PPKM Jawa dan Bali

“Terdapat beberapa warga masyarakat yang sukarela menyerahkan tanah yang telah bersertifikat hak milik kepada pihak Kasultanan sebab tanah tersebut merupakan Tanah Kasultanan berdasarkan Legger dan peta desa tahun 1938. Hal ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih warga dan adanya kepercayaan ngalap berkah dari Ngarsa Dalem. Bidang tanah yang diserahkan ini semuanya merupakan tanah SG,” jelas putri sulung Ngarsa Dalem ini.

Gusti Mangku memberikan penghargaan dari Keraton Yogyakarta kepada warga yang sudah tidak berniat untuk memanfaatkan tanah SG. (Foto: MC Kraton Jogja)

Gusti Mangku, sapaannya, menuturkan bahwa penyerahan sertifikat dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022 di Kantor Kalurahan Kembang Nanggulan, Kulon Progo.

“Penyerahan akan disaksikan perwakilan dari Keraton yakni Penghageng Tepas Panitikisma, Penghageng Kadipaten Pakualaman, Muspika, Bupati Kulon Progo, Kepala Badan Pertanahan Kulon Progo, DPRD Kulon Progo, OPD DIY dan Kabupaten. Hadir pula warga yang status tanahnya teridentifikasi sekitar 25 orang,” ujarnya sebagaimana rilis yang diterima nyatanya.com, Jumat (13/5/2022) malam.

Lanjutnya, tanah yang akan diserahkan berada di dua kalurahan yakni Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan dan Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo.

Baca juga   Pemda DIY Gelar Vaksinasi Massal Dosis Ketiga

Adapun luasan tanah SG di Kalurahan Kembang yang akan dikembalikan, sebagai berikut:

A. Rumah tinggal : 113 meter dari 452 (Padukuhan Pronosutan)

B. Rumah tinggal : 113 meter dari 452 (Padukuhan Pronosutan)

C. Rumah tinggal : 113 meter dari 452 (Padukuhan Pronosutan)

D. Rumah tinggal : 113 meter dari 452 (Padukuhan Pronosutan)

E. Makam keluarga : 82 meter (Padukuhan Pronosutan)

F. Rumah tinggal: 474 meter (Padukuhan Pronosutan)

*Poin A-D hanya terdiri 1 sertifikat dengan 4 pemanfaat

Sementara, tanah SG yang diserahkan dan terletak di Kalurahan Giripurwo terdiri dari sepetak sawah seluas 100 meter dari luas 4.291 meter yang terletak di Padukuhan Sabrang.

“Sebagai bentuk apresiasi dari Keraton Yogyakarta, warga dari Kalurahan Kembang yang sukarela mengembalikan sertifikat tanah SG ini akan diberikan Surat Kekancingan dari Keraton Yogyakarta atas kerelaannya mengembalikan sertifikat. Sementara, warga yang dari Giripurwo akan diberikan surat penghargaan karena yang bersangkutan tidak berniat untuk memanfaatkannya kembali,” tutupnya.

Selanjutnya, Keraton Yogyakarta akan terus mengupayakan pendataan tanah-tanah SG yang belum terdata di sekitar wilayah tersebut.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

(ilustrasi:nyatanya.com)

News

DIY Tambah 1.731 Kasus Positif Covid-19
Jokowi juga melakukan seremoni menendang bola, menandai dibukanya PON XX Papua. (Foto: PB PON XX Papua)

News

“Huwe Foi, Onomi Rehmay, Wa wa wa, Salam Olahraga,” Presiden Jokowi Resmi Buka PON XX
Foto: Ist/InfoPublik

News

Aturan Baru! Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Sudah Vaksin Booster
Foto: mypertamina.id

News

MyPertamina Jamin BBM Bersubsidi Tepat Sasaran, Begini Cara Daftar di Aplikasi
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Penyebaran Covid-19 di Atas 60 Persen, Kendal Fungsikan RS Darurat
Menkominfo Johnny Gerard Plate dalam Konferensi Pers Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Pemilu Berkualitas untuk Indonesia Maju di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (4/1/2022). Foto: Amiriyandi/InfoPublik

News

Hingga 4 Januari 2023, Kominfo Tangani 1.321 Hoaks Politik
Foto: Ist

News

PPDB Online SMA dan SMK Negeri 2022/2023 di DIY Dibuka, Ini Ketentuan dan Linknya
Pos Aju dibentuk untukpercepatan penanganan jenazah pasien Covid-19 di Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Kelompok Pemuda yang Lempari Mobil Jenazah Covid-19 di Klaten, Kini Tobat Jadi Relawan