Home / News

Sabtu, 4 Desember 2021 - 23:11 WIB

Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Diimbau Tetap Tenang dan Tidak Termakan Hoaks

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto meminta agar masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur tetap tenang dan tidak termakan berita-berita hoaks atau bohong. (Foto: Istimewa)

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto meminta agar masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur tetap tenang dan tidak termakan berita-berita hoaks atau bohong. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto meminta agar masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur tetap tenang dan tidak termakan berita-berita hoaks atau bohong.

Menurut dia, maayarakat harus tetap tenang, waspada dan terus mengikuti informasi dari Pemerintah dalam hal ini Pusat Vulkanologi, BNPB dan aparat pemerintah lainnya.

“Yakinlah bahwa Pemerintah pusat, pemerintah derah, TNI-Polri dan relawan dengan segenap komponen bangsa yang lainya akan serius dan konsisten untuk menangani masyarakat, terutama masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” ujar Suharyanto dalam konferensi pers perkembangan pasca-erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga   Banjir Terjang Jember, 200 Warga di Empat Kecamatan Mengungsi

Pihaknya pun melakukan kaji cepat, evakuasi dan tindakan lainnnya guna penananganan darurat. Tim BPBD Kabupaten Lumajang pun tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di lapangan.

“Lokasi pengungsian yang saat ini ada dan yang sudah terisi ada di tiga desa dan di dua kecamatan,” ujar Suharyanto.

Baca juga   Banjir yang Melanda Kabupaten Madiun Sudah Surut, 423 KK Terdampak

Ia menyatakan bahwa hingga saat ini tiga lokasi pengungsian berada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Pihaknya pun telah mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak. Malam ini tim bergerak lewat darat dan membawa logistik antara lain selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, matras, dan logistik dasar lainnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Ingat! Mulai 1 Juni 2021 Transaksi di ATM Link Tak Lagi Gratis
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/@Kemenag_RI)

News

Pemerintah Resmi Melarang Mudik di Hari Raya Idul Adha
KPK melakukan tangkap tangan dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan sesuatu oleh Penyelenggara Negara atau yang mewakilinya terkait pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di Pemerintahan Kota Bekasi. (Foto: Biro Humas PKP)

News

KPK Tangkap Tangan 9 Tersangka Suap Proyek dan Lelang Jabatan Kota Bekasi, Salah Satunya Walikota
(Foto: BMKG)

News

Tak Berpotensi Tsunami, Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,1 Bangkalan Dirasakan Warga Surabaya
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 165 Orang
Presiden RI, Ir. Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI 2021, Senin (16/8/2021) dari Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, DKI Jakarta. (Foto:Humas Pemda DIY)

News

Presiden Jokowi: Pandemi Ujian sekaligus Momentum Mawas Diri
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam sambutannya di acara Diseminasi Upah Minimum Kota Yogyakarta Tahun 2022 di Hotel Burza Yogyakarta, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Kenaikan UMK Kota Yogya Tahun 2022, Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
Satpol PP Kota Yogyakarta menggelar Pelatihan Produksi Audio Visual untuk menunjang kreativitas dalam pengambilan gambar bagi tim media Kampung Panca Tertib. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Asah Kreativitas, Tim Media Kampung Panca Tertib Ikuti Pelatihan Audio Visual