Home / News

Rabu, 23 Juni 2021 - 12:05 WIB

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa Timur

Waspada pasang air laut di perairan selatan Jawa Timur tanggal 22-27 Juni 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Waspada pasang air laut di perairan selatan Jawa Timur tanggal 22-27 Juni 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

NYATANYA.COM, Surabaya – Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Surabaya, Prasetya Umar F, dalam siaran persnya, Selasa (22/6/2021) mengatakan, arah angin di laut Jawa dari timur-tenggara diperkirakan berkecepatan maksimum bagian timur 18 knots dan Samudera Selatan Jatim 22 knots. Dengan tinggi gelombang di laut Jawa bagian timur diperkirakan antara 0,3 hingga 1,8 meter dan di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur antara 2,0 hingga 4,8 meter.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur selatan dan kecepatan angin berkisar 5 hingga 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 35 knot. Kecepatan tertinggi terpantau di perairan Utara Sabang perairan kepulauan Mentawai perairan Bengkulu hingga Enggano perairan Selatan Jawa barat dan laut Arafuru.

Baca juga   Amankan Arus Mudik, Kepolisian Gelar Operasi Ketupat Candi Selama 14 Hari

Dikutip dari situs resmi Pemprov Jatim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada pasang air laut maksimum wilayah pesisir Jawa Timur tanggal 22 hingga 27 Juni 2021.
Kemungkinan jika terjadi banjir rob, yakni banjir yang disebabkan oleh kenaikan muka air laut, sehingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. Banjir ini diakibatkan oleh terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari ketinggian daratan banjir juga dikenal sebagai banjir genangan.Hal ini disebabkan pasang air laut maksimum saat fase bulan purnama penuh, yang mempengaruhi kondisi pasang air laut di bulan Juni. (*)

Share :

Baca Juga

Kondisi kerusakan rumah warga paska gempa bumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Pandeglang)

News

Gempabumi M 6,7 Guncang Banten, Sejumlah Rumah Warga di Pandeglang Rusak
Salah satu tempat usaha yang masih bandel ditertibkan Petugas Satpol PP Kota Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Langgar PPKM Darurat, 80 Pelaku Usaha Kena Semprit
Panitia Harlah ke-25 PKB di Solo saat berikan keterangan pers. (Foto: Istimewa)

News

Harlah ke-25 PKB Dihelat di Stadion Manahan Solo
PT Pertamina International Shipping (PIS) memastikan kelancaran pasokan elpiji di Indonesia selama libur tahun baru. (Foto: ANTARA)

News

Pertamina Jamin Pasokan Elpiji Selama Libur Tahun Baru
Ilustrasi, KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos. Foto: Istimewa

News

UU Nomor 7/2017 Jadi Dasar Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa bersama TPID Kabupaten Sleman melakukan pemantauan hewan kurban di Pasar Ambarketawang, Gamping, Sleman. (Foto : Ning Sih)

News

Wabup Sleman Pastikan Persediaan Hewan Kurban bagi Masyarakat Tercukupi
Menkes Budi Gunadi Sadikin, mengatakan setiap orang berhak mendapatkan vaksin Covid-19 termasuk masyarakat yang tinggal di daerah dengan distribusi serta akses vaksinasi yang sulit. (Foto: Kemenkes)

News

Pemerintah Upayakan Vaksinasi bagi Masyarakat Adat dan Pedalaman
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (keempat dari kanan) bersilaturahmi dengan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (ketiga dari kanan). Foto: NU Online

News

Ketua KPU RI: Dukungan NU Sangat Strategis untuk Pemilu 2024