Home / News

Rabu, 23 Juni 2021 - 12:05 WIB

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa Timur

Waspada pasang air laut di perairan selatan Jawa Timur tanggal 22-27 Juni 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Waspada pasang air laut di perairan selatan Jawa Timur tanggal 22-27 Juni 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

NYATANYA.COM, Surabaya – Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Surabaya, Prasetya Umar F, dalam siaran persnya, Selasa (22/6/2021) mengatakan, arah angin di laut Jawa dari timur-tenggara diperkirakan berkecepatan maksimum bagian timur 18 knots dan Samudera Selatan Jatim 22 knots. Dengan tinggi gelombang di laut Jawa bagian timur diperkirakan antara 0,3 hingga 1,8 meter dan di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur antara 2,0 hingga 4,8 meter.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur selatan dan kecepatan angin berkisar 5 hingga 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 35 knot. Kecepatan tertinggi terpantau di perairan Utara Sabang perairan kepulauan Mentawai perairan Bengkulu hingga Enggano perairan Selatan Jawa barat dan laut Arafuru.

Baca juga   Zona Merah di Jateng Kini Menjadi 25 Daerah

Dikutip dari situs resmi Pemprov Jatim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada pasang air laut maksimum wilayah pesisir Jawa Timur tanggal 22 hingga 27 Juni 2021.
Kemungkinan jika terjadi banjir rob, yakni banjir yang disebabkan oleh kenaikan muka air laut, sehingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. Banjir ini diakibatkan oleh terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari ketinggian daratan banjir juga dikenal sebagai banjir genangan.Hal ini disebabkan pasang air laut maksimum saat fase bulan purnama penuh, yang mempengaruhi kondisi pasang air laut di bulan Juni. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Meroket Lagi, Hari Ini 638 Positif Covid-19 di DIY
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X melihat unit mobil ambulans bantuan hibah dari BNPB. Pemda DIY menerima bantuan penanganan Covid-19 berupa 1 unit mobil ambulans dan 1 unit mobil jenazah. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Dukung Peningkatan Layanan Pasien, Pemda DIY Terima Hibah Ambulans
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini 780 Orang Positif Covid-19 di DIY Sembuh
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menyambangi warga yang menjadi korban bencana angin ribut di Kecamatan Bancak. (Foto: Diskominfo Kabupaten Semarang)

News

Angin Ribut Memporak-porandakan 70 Rumah di Semarang
Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang pria berinisial T alias AR atas dugaan tindak pidana terorisme. (Foto: Divisi Humas Polri)

News

Densus 88 Tangkap Pentolan Teroris Lajnah
Penampakan Gunung Merapi pagi tadi pukul 06:46 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

BPPTKG Ubah Rekomendasi Daerah Bahaya Erupsi Gunung Merapi
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Kembali Rekor, Positif Covid-19 DIY 675 Kasus
Sebagian panitia dan nara sumber workshop foto bersama. Foto: nyatanya.com/Sulis

News

Kementrian Pemuda dan Olahraga Gelar Workshop Kreativitas Pemuda