Home / News

Minggu, 4 Juli 2021 - 10:00 WIB

Waspada Hoaks! Jangan Mudah Percaya Info Obat Covid-19

dokter Junaidi Wibawa. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

dokter Junaidi Wibawa. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan, dokter Junaidi Wibawa mengungkapkan, akhir-akhir ini banyak berseliweran di sosial media mengenai informasi nama-nama obat yang diklaim sebagai resep dokter, yang bisa dikonsumsi selama massa menjalani isolasi karena terpapar Covid-19.

Bahkan, ada informasi yang mengatakan jika seseorang yang mengalami gejala Covid-19 tidak perlu panik ataupun pergi ke rumah sakit, melainkan hanya perlu mencoba resep obat yang telah dicantumkan.

Menghadapi informasi yang berseliweran tersebut, dokter Junaidi Wibawa meminta agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi yang belum jelas, dan yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga   Tindaklanjuti PPKM Darurat Jawa-Bali, Sri Sultan HB X Gelar Rapat Tertutup

Junaedi menjelaskan, meskipun disebut resep itu berhasil diterapkan di luar negeri atau di daerah lain, namun belum tentu cocok dikonsumsi di Indonesia.

“Daripada mempercayai hal yang belum pasti, lebih baik masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” imbaunya.

Baca juga   Kasus Corona Melonjak, Magelang Tambah Kamar Isolasi

Tidak hanya itu, Junaedi juga berpesan agar 5 M itu ditambah lagi dengan 1 M yakni menghindari makan bersama-sama. Selain ketat menerapkan protokol kesehatan, dia mengimbau masyarakat, apabila mengalami gejala seperti panas, batuk pilek, mual, dan muntah-muntah agar segera periksa ke rumah sakit. Jangan menahannya dengan mencoba mengobati sendiri.

“Karena hanya dengan tenaga medis yang kompetenlah masyarakat bisa tahu apakah dirinya terpapar covid atau tidak. Sehingga jangan sampai terlambat untuk pergi ke fasilitas kesehatan,” pungkas Junaedi. (*)

Share :

Baca Juga

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi shalter Bener Tegalrejo Yogya. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

News

Menteri Bidang Kemaritiman Imbau Warga Positif Covid Isolasi di Shalter
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Kembali Galakkan Kampanye 5M Lebih Masif
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Terkonfirmasi Covid-19 di Magelang Tinggal 98 Orang
Sri Sultan Hamengku Buwono X saat rakor secara daring bersama Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Genjot Vaksinasi Covid-19, DIY Targetkan 20.000 Orang Per Hari
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Terus Melonjak, Kasus Positif Covid-19 di DIY Tambah 2.667 Orang
Para pelanggar yang terjaring pengawasan protokol kesehatan langsung mendapat peringatan dari petugas Satpol PP Kota Yogyakarta. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Ratusan Pelanggar Prokes Dirazia Satpol PP
(nyatanya.com/@BethesdaJogja)

News

Ledakan Kasus Corona di Yogya, Rumah Sakit Mulai Tolak Pasien Baru
Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih bersama Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, SIK melakukan monitoring pelaksaan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di SMAN 1 Pundong. (FotoL: Humas Kab.Bantul)

News

3.000 Pelajar di Pundong Ikuti Vaksinasi