Home / News

Selasa, 21 September 2021 - 09:48 WIB

Waspada! Nama Bupati Wonosobo Dicatut untuk Jual Beli Motor

Bupati Afif Nurhidayat di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Bupati Afif Nurhidayat di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Masyarakat diminta untuk mewaspadai hoaks tentang penawaran sepeda motor, dengan mengatasnamakan Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat. Kabar bohong tersebut beredar luas melalui kanal media sosial Facebook.

“Sampai kemarin sore saya masih menerima kiriman pesan, yang menyebut ada oknum mengatasnamakan bupati. Seolah-olah saya makelar yang menawarkan sepeda motor jenis matic dengan harga cukup mahal kepada masyarakat,” ungkap Bupati Afif, di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo, beberapa hari lalu.

Afif khawatir, informasi sepihak tersebut ditangkap mentah-mentah oleh publik, sehingga berpotensi jatuh korban dengan kerugian materi tidak sedikit.

Bupati pun menginstruksikan Dinas Kominfo sebagai perangkat daerah yang membidangi informasi dan IT, untuk lebih aktif menangkal publikasi menyesatkan dan menjurus kriminal tersebut, serta menyosialisasikan keberadaan kanal aduan Lapor Bupati sebagai media aduan dan keluhan masyarakat kepada pemerintah.

Baca juga   Sasar 34.000 Siswa SMP, Vaksinasi Pelajar di Sragen Terus Dikebut

“Manfaatkan juga jaringan kerja sama dengan media-media cetak maupun online, hingga media sosial yang memang memiliki pengikut (follower) besar untuk diseminasi informasi sampai ke desa-desa. Sehingga masyarakat Wonosobo lebih melek terhadap berita-berita seputar kinerja pemerintahan,” tegas Afif.

Pemberitaan yang baik, imbuhnya, apabila disampaikan oleh perangkat daerah kompeten, narasumber terpercaya, dan dengan cara yang baik, akan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Menanggapi arahan bupati, Kepala Diskominfo Wonosobo, Eko Suryantoro, menyebut pihaknya berupaya maksimal untuk membendung maraknya narasi-narasi hoaks, dengan memanfaatkan berbagai kanal yang ada. Seperti media cetak, radio, dan siaran TV daring (streaming), serta media sosial resmi pemerintahan.

Baca juga   Ini Implementasi Perpanjangan PPKM Level 4 di DIY

Menurut Eko, masyarakat kini sudah dapat memanfaatkan layanan aduan, baik melalui kanal Lapor Bupati, Lapor Gubernur, dan kanal SP4N Lapor apabila memiliki keluhan terkait layanan publik maupun fasilitas umum di sekitar mereka.

“Kami juga telah mengoperasikan layanan panggilan darurat call center 112, yang dapat diakses 24 jam, dan akan merespons cepat apapun kondisi yang diadukan publik,” lanjut Eko. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo meminta pelaksaan pembelajaran tatap muka (PTM), baik uji coba maupun terbatas, untuk melakukan laporan harian. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Minta Pelaksanaan PTM Lakukan Laporan Harian
RSUD Temanggung. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Antisipasi Lonjakan Kasus, RSUD Temanggung Tambah Tempat Tidur
Vaksinasi bagi kyai dan santri di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Pandeyan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Intensifkan Vaksinasi Kyai dan Santri
Penyemprotan dilakukan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular di lokasi penderita DBD. (Foto: MC Temanggung)

News

Masuk Musim Hujan, 5 Kasus DBD ditemukan di Temanggung
Sekjen Kemensos, Harry Hikmat. (Foto: kemensos.go.id)

News

Kemensos Percepat Penyerapan APBN 17,50 Persen
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 3.378 Kasus Covid-19 di DIY Sembuh
Rhenald Kasali dalam sharing session "Strategi Pembangunan DIY Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Kearifan Lokal" yang diselenggarakan Pemprov DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Rhenald Kasali: Digitalisasi Ekonomi di DIY Jadi Tantangan Serius
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menabuh gong menandai peresmian Logo HUT Ke-265 Kota Jogja. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

“Tanggap Tanggon Tuwuh”, Logo HUT Ke-265 Kota Jogja Diluncurkan